❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

10 Cara Cek Mesin Mobil Avanza Bekas, Cek Kebersihannya!

10 Cara Cek Mesin Mobil Avanza Bekas, Cek Kebersihannya!

Apakah Anda sedang mencari mobil Avanza bekas? Pastikan untuk mengetahui cara cek mesin mobil avanza bekas, karena mesin merupakan salah satu komponen paling vital dalam sebuah kendaraan.

Kebersihan mesin tidak kalah pentingnya dengan kelancaran kinerjanya. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh cara cek mesin mobil avanza bekas. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli berada dalam kondisi terbaik.

10 Cara Cek Mesin Mobil Avanza Bekas

Sebuah mesin yang tidak hanya halus namun juga terjaga kebersihannya, menunjukkan perawatan yang baik dan potensi keberadaan masalah tersembunyi yang lebih rendah.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan sepuluh cara cek mesin mobil avanza bekas, sehingga Anda dapat memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli berada dalam kondisi terbaik.

1. Periksa Permukaan Mesin

Perhatikan dengan seksama permukaan mesin adalah cara cek mesin mobil avanza bekas yang pertama. Pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran cairan seperti minyak atau pendingin.

Jika terlihat bercak-bercak basah atau noda yang mencurigakan, itu mungkin menjadi indikasi masalah yang perlu diperhatikan.

2. Pembersihan Umum

Amati apakah mesin terlihat kotor atau berdebu. Sebuah mesin yang kotor mungkin menunjukkan kurangnya perawatan yang baik.

Periksa apakah ada tumpukan debu, kotoran, atau korosi yang menempel pada permukaan mesin.

3. Kondisi Belt dan Hose

Cara cek mesin mobil avanza bekas selanjutnya adalah cek kondisi belt penggerak dan selang-selang pada mesin.

Pastikan tidak ada keretakan, keausan, atau tanda-tanda kelemahan yang berpotensi mengakibatkan masalah di masa mendatang.

Periksa juga apakah ada kebocoran pada hose yang dapat mempengaruhi kinerja mesin.

4. Cek Filter Udara

Lepaskan filter udara dan periksa apakah sudah terlalu kotor atau tercemar.

Jika filter udara terlihat sangat kotor atau tersumbat, hal ini dapat mengindikasikan bahwa mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang optimal. Ganti filter udara jika diperlukan.

5. Periksa Karat

Teliti mesin untuk melihat adanya tanda-tanda karat termasuk dari cara cek mesin mobil avanza bekas. Karat yang parah dapat menandakan kurangnya perawatan dan merusak struktur mesin.

Fokus pada bagian-bagian logam yang rentan terhadap korosi seperti blok mesin, manifold, atau bagian dalam kap mesin.

6. Kebersihan Bagian-bagian Kecil

Perhatikan kebersihan dan keadaan bagian-bagian kecil seperti tutup radiator, lubang busi, dan sekrup-sekrup.

Bagian-bagian ini harus bebas dari kotoran dan korosi. Jika terlihat kotor atau berkarat, itu dapat menunjukkan kurangnya perawatan atau masalah yang perlu diperhatikan.

7. Cek Area Ruang Bakar

Sedangkan cara cek mesin mobil avanza bekas lainnya adalah periksa kondisi ruang bakar dan klep. Perhatikan apakah terdapat kerak atau kotoran yang menumpuk di dalamnya.

Jika terlihat kotor atau terdapat penumpukan kerak, hal ini dapat mengindikasikan masalah pada sistem pembakaran seperti bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna atau masalah pada klep.

8. Keadaan Oli

Periksa keadaan dan warna oli mesin. Perhatikan apakah oli terlihat kotor, berbau tidak sedap, atau berwarna gelap.

Jika oli terlihat sangat kotor atau berubah warna menjadi kecoklatan atau hitam, itu mungkin menunjukkan keausan atau kerusakan pada mesin.

9. Periksa Saluran Pembuangan

Cek kebersihan saluran pembuangan dan knalpot yaitu cara cek mesin mobil avanza bekas. Amati apakah terdapat tumpukan karbon atau kerak yang menempel di dalamnya.

Jika saluran pembuangan terlihat sangat kotor atau tersumbat, mesin mungkin tidak beroperasi dengan efisiensi maksimal.

10. Tinjau Riwayat Perawatan

Cara cek mesin mobil avanza bekas terakhir, pastikan untuk memeriksa riwayat perawatan mobil Avanza bekas yang akan Anda beli.

Perawatan yang teratur dan dokumentasi yang lengkap menandakan pemilik sebelumnya telah menjaga kebersihan dan perawatan mesin dengan baik.

Periksa apakah perawatan rutin seperti penggantian oli dan filter dilakukan secara teratur.

BACA JUGA: 5 Tahapan Detailing Mesin Mobil yang Wajib Diketahui

Dengan melakukan cara cek mesin mobil avanza bekas ini secara teliti, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan memilih mobil Avanza bekas yang berkualitas.

Selalu ingat, mesin yang bersih dan terawat dengan baik memiliki potensi lebih rendah untuk mengalami masalah di masa mendatang dan memberikan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan.

Yuk Lakukan Detailing Mesin Mobil Bersama Rustpro Sekarang Juga!

Setelah mendapatkan informasi mengenai cara cek mesin mobil avanza bekas, di RustPro Anda bisa mendapatkan pelayanan seperti Anti KaratCoatingDetailing, dan Kaca Film.

Layanan RustPro dapat melindungi mobil kesayangan anda dari karat dan membuat tampilan mobil menjadi kinclong seperti baru.

Kabar gembira! RustPro tawarkan layanan Coating & Detailing 24 JAM ! Layanan ini menawarkan pengerjaan yang jauh lebih cepat daripada biasanya.

Jika di bengkel lain anda harus menunggu 3-4 hari untuk menyelesaikan coating & detailing, di RustPro CUKUP 24 JAM saja mobil anda sudah selesai di coating & detailing!

Tenang! Layanan Coating & Detailing 24 jam ini tidak mengurangi kualitas dan hasilnya! Selain itu, TIDAK ADA KENAIKAN HARGA untuk menikmati layanan ini!

Jadi tunggu apalagi, ayo booking ! Promo ini KHUSUS di pengerjaan di RustPro Pegangsaan Dua – Kelapa Gading saja ya! Ayo datang sekarang, besok selesai !

Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Jakarta UtaraSurabayaCirendeuCirebondan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang RustPro berikut ini:

RustPro Pegangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro Lontar – Surabaya

Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

Untuk mendapatkan layanan dari RustPro, anda bisa melakukan reservasi online dengan cara menghubungi customer service RustPro melalui WhatsApp melalui nomor berikut: 0813-1150-2678. Ayo hubungi RustPro sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku! Jangan Lupa Follow RustPro di Instagram ya!

RUSTPRO

It's My Responsibility