❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Penyebab Mesin Mobil Berkarat, Jangan Anggap Sepele!

7 Penyebab Mesin Mobil Berkarat, Jangan Anggap Sepele!

Apakah kamu sering mengabaikan mesin mobil berkarat? Sayangnya, banyak orang yang menganggap sepele karat pada mesin mobilnya.

Padahal, karat bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada mesin mobilmu yang akan berdampak besar pada kinerjanya.

Kondisi mesin mobil berkarat ini bisa mengurangi masa pakai mobil dan membuatmu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki mesin mobilmu.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab karat pada mesin mobilmu dan cara mencegahnya agar mesin mobilmu selalu dalam kondisi terbaik.

7 Penyebab Mesin Mobil Berkarat

Mesin mobil merupakan salah satu komponen penting yang perlu dijaga agar selalu dalam kondisi prima.

Namun, karat pada mesin mobil seringkali diabaikan oleh pemilik mobil.

Padahal, karat bisa menjadi penyebab kerusakan pada mesin mobil dan berdampak besar pada kinerjanya. Berikut adalah 7 penyebab mesin mobil berkarat yang perlu diperhatikan.

1. Kondisi cuaca yang ekstrim

Kondisi cuaca yang ekstrim seperti hujan, salju, atau cuaca lembap bisa menyebabkan mesin mobilmu berkarat.

Hal ini terjadi karena kelembapan yang terperangkap di dalam mesin mobilmu, sehingga terjadi reaksi oksidasi pada logam yang terdapat di dalam mesin mobilmu.

Kondisi ini dapat mempercepat terjadinya mesin mobil berkarat. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memeriksa kondisi mesin mobilmu secara berkala dan menghindari parkir di tempat yang terlalu lembap.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

2. Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia seperti garam dan asam dari aspal dan sisa-sisa bahan bakar dapat mempercepat terjadinya karat pada mesin mobilmu.

Garam yang digunakan untuk melarutkan es di jalan pada musim dingin dapat mempercepat terjadinya korosi pada mesin mobilmu.

Sementara itu, asam dari sisa-sisa bahan bakar yang terkumpul di dalam mesin mobilmu dapat merusak lapisan pelindung mesin mobilmu, sehingga mempercepat terjadinya karat.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memeriksa mesin mobilmu secara berkala dan membersihkan sisa-sisa bahan bakar yang menempel di mesin mobilmu.

3. Kurangnya perawatan

Kurangnya perawatan pada mesin mobilmu juga dapat menyebabkan mesin mobil berkarat.

Kondisi ini terjadi karena mesin mobilmu tidak mendapatkan perawatan yang cukup, sehingga debu dan kotoran menumpuk di dalam mesin mobilmu.

Debu dan kotoran tersebut dapat menahan kelembapan di dalam mesin mobilmu, sehingga mempercepat terjadinya karat.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan perawatan secara rutin pada mesin mobilmu dan memastikan mesin mobilmu selalu bersih dari kotoran.

4. Kerusakan cat mobil

Kerusakan cat mobil juga dapat mempercepat terjadinya karat pada mesin mobilmu.

Hal ini terjadi karena cat mobil berfungsi sebagai pelindung mesin mobilmu dari kelembapan dan zat-zat kimia yang dapat menyebabkan karat.

Jika cat mobilmu rusak, maka mesin mobilmu tidak mendapatkan perlindungan yang cukup, sehingga mempercepat terjadinya karat.

Oleh karena itu, pastikan cat mobilmu dalam kondisi baik dan melakukan perbaikan jika terdapat kerusakan pada cat mobilmu.

5. Kontak langsung dengan air

Kontak langsung dengan air dapat mempercepat terjadinya mesin mobil berkarat.

Hal ini terjadi karena air dapat menempel pada mesin mobilmu dan menahan kelembapan di dalam mesin mobilmu, sehingga mempercepat terjadinya karat.

Oleh karena itu, hindari mencuci mesin mobilmu dengan air secara langsung dan pastikan mesin mobilmu selalu kering setelah dicuci.

6. Penumpukan kotoran

Penumpukan kotoran pada mesin mobilmu dapat mempercepat terjadinya karat.

Hal ini terjadi karena kotoran dapat menahan kelembapan di dalam mesin mobilmu dan mempercepat terjadinya karat.

Penumpukan kotoran juga dapat menyebabkan mesin mobilmu menjadi lebih panas, yang dapat mempercepat terjadinya karat pada bagian mesin mobilmu yang panas.

Oleh karena itu, pastikan mesin mobilmu selalu bersih dari kotoran dan debu yang menempel.

7. Tidak dilapisi pelindung

Tidak dilapisi pelindung pada mesin mobilmu juga dapat mempercepat terjadinya karat.

Pelindung yang biasa digunakan untuk mencegah terjadinya mesin mobil berkarat adalah pelumas dan pelindung cat.

Jika mesin mobilmu tidak dilapisi pelindung dengan baik, maka mesin mobilmu tidak mendapatkan perlindungan yang cukup dan mempercepat terjadinya karat pada mesin mobilmu.

BACA JUGA: 8 Penyebab Mobil Keropos & Cara Ampuh Mencegahnya

Mengabaikan mesin mobil berkarat bisa menjadi kesalahan fatal karena dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin yang bisa memakan biaya yang besar.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk memeriksa kondisi mesin mobil secara berkala dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah terjadinya karat pada mesin mobil.

Dengan melakukan perawatan secara rutin dan menjaga kondisi mesin mobil tetap bersih dan kering, kamu dapat memperpanjang masa pakai mobil dan menghemat biaya perbaikan mesin mobil.

Agar Mobil Tidak Berkarat, Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sekarang Juga!

Setelah mendapatkan informasi mengenai apa saja penyebab dari mesin mobil berkarat, di RustPro Anda bisa mendapatkan pelayanan seperti CoatingDetailingKaca Film, dan Anti Karat. Layanan RustPro dapat melindungi mobil kesayangan anda dari karat dan membuat tampilan mobil menjadi kinclong seperti baru.

Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Cirebon, Lebak Bulus, Lontar, dan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang RustPro berikut ini:

  • RustPro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.
  • Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  • Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Untuk mendapatkan layanan dari RustPro, anda bisa melakukan reservasi online dengan cara menghubungi customer service RustPro melalui WhatsApp melalui nomor berikut: 0813-1150-2678. Ayo hubungi RustPro sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku!

RUSTPRO

It's My Responsibility