❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini 4 Cara Memperpanjang Umur Coating Mobil

cara memperpanjang umur coating mobil

Salah satu cara untuk bikin cat mobil awet ya dengan pasang coating. Tapi hali ini bisa percuma kalau lapisan coating tidak dirawat dengan benar.

Jadi, buat kamu yang pengen tau cara memperpanjang umur coating mobil, yuk simak beberapa hal berikut yang telah tim rustpro.id rangkum, yang sering diabaikan oleh pemilik mobil tapi penting banget.

Cara Memperpanjang Umur Coating Mobil

Berikut adalah 4 (empat) cara yang bisa kamu ikuti untuk memperpanjang umur coating mobil:

1. Hindari Tempat Cuci Mobil dengan Mesin Otomatis

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur coatin mobil adalah dengan menghindari tempat cuci mobil yang menggunakan mesin otomatis.

Coating mobil itu sensitif, terutama kalau sering digesek-gesek dengan sikat kasar dari mesin cuci otomatis.

Sikat itu bisa bikin coating jadi lecet atau malah hilang perlindungnya. Jadi, salah satu cara memperpanjang umur coating mobil yang pertama, jangan sering-sering ke tempat cuci otomatis.

Kalau kamu mau mobil kinclong terus karena coatingnya awet, lebih baik bersihkan mobil dengan tangan sendiri.

Membersihkan mobil yang sudah dicoating tentu lebih mudah karena sudah ada efek daun talas, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

Kamu bisa menyiapkan dua ember terpisah, yakni satu untuk air sabun, dan satu lagi untuk air bilas. Pastikan kamu menggunakan lap yang lembut, jangan yang asal-asalan supaya tidak merusak lapisan coaitng.

Dengan cara ini, kamu bisa jaga coating tetap utuh lebih lama.

2. Jangan Gunakan Bahan Kimia Berbahaya

Tidak semua cairan pembersih cocok untuk coating mobil. Makanya, perlu diperhatikan saat kamu ingin membersihkan atau mencuci mobil.

Di pasaran, kamu bisa menemui produk pembersih mobil dengan kandungan bahan kimia yang terlalu keras, contohnya seperti pembersih kaca yang pake amonia atau sabun yang terlalu abrasif, itu jika diaplikasikan pada mobil berpotensi membuat coating cepat rusak.

Bukannya jadi bersih, malah coating kamu jadi terkikis. Tentunya, ini membuat bodi mobil tampak lecet dan tidak sedap dipandang.

Kalau mau aman, gunakan produk yang memang dikhususkan untuk perawatan mobil, seperti sabun cuci mobil yang pH-nya netral.

Ini merupakan salah satu cara memperpanjang umur coating mobil yang sederhana tapi sering diabaikan.

Jangan asal menggunakan sabun cuci piring atau bahan lain yang nggak jelas formulasinya.

Ibaratnya, coating itu adalah kulit terluar mobil. Kalau kamu menggunakan sabun kasar, tentu lama-lama akan jadi rusak.

3. Aplikasikan Produk Pemelihara Coating

Sebenarnya, untuk membuat coating mobil awet, nggak cukup hanya menccuci mobil saja. Ada kalanya kamu juga butuh booster untuk lapisan coating-nya.

Terdapat produk khusus yang bisa kamu aplikasikan untuk merawat coating mobil, seperti spray detailer atau coating booster.

Ini semacam vitamin buat coating, biar tetap sehat dan nggak cepat rusak. Kalau mau tahu cara memperpanjang umur coating mobil, coba deh aplikasikan produk semacam ini secara rutin.

Produk-produk ini nggak cuma bikin mobil makin kinclong, tapi juga menjaga efek hidrofobik pada coating mobil kamu.

Air jadi gampang ngalir, kotoran pun nggak gampang menempel. Caranya juga gampang banget kok, tinggal semprot aja setelah cuci mobil, lalu ratakan pakai kain microfiber.

Rutin pake ini minimal sebulan sekali, dan lihat hasilnya, coating mobil kamu bisa lebih tahan lama.

4. Lakukan Maintenance Secara Berkala

Gak cuma tubuh yang butuh check-up, mobil pun juga. Nah, buat coating mobil, penting banget untuk membawa ke bengkel coating & detailing profesional secara berkala.

Mereka lebih paham soal cara memperpanjang umur coating mobil, jadi mereka bisa memberikan perawatan lebih mendalam.

Apalagi kalo udah ada area coating yang mulai pudar atau rusak, mereka bisa bantu mengatasinya.

Biasanya, proses maintenance ini meliputi pencucian yang lebih teliti, inspeksi coating, dan kadang bisa diaplikasikan ulang di area yang mulai pudar.

Kalo sering-sering dibiarkan, coating bakal makin rusak dan kamu mungkin harus keluar duit lebih untuk mengaplikasikan ulang lapisan coating.

Jadi, jangan tunda-tunda maintenance coating secara berkala di tempat coating & detailing supaya mobil kamu tetap kinclong dan selalu tampak baru.

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Aplikasi Anti Karat Mobil

Coating Mobil di Rustpro Garansi 3 Tahun

Kalau kamu mau coating mobil, bawa aja ke Rustpro! Di sini, mobil kamu akan diaplikasikan Graphene Coating 10H+ yang ketahanannya dijamin garansi 3 tahun.

Selain itu, coating mobil di Rustpro juga bisa selesai hanya dalam 24 jam. Hal ini memungkinkan karena kami memiliki tools yang lengkap dan teknisi berpengalaman.

Jadi, kalau bisa selesai 24 jam, kenapa harus berhari-hari?

Yuk, coating mobil kamu di Rustpro sekarang sebelum kusam dan tampak tidak terawat! Hubungi kami melalui WhatsApp CS di nomor 0812-1130-9522!

Teruntuk kamu yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Rustpro tersedia di alamat berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirendeu

Alamat: Jl. Raya Cirendeu No.2A, RT.14/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

No. CS: Klik di sini

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

No. CS: Klik di sini

Demikianlah informasi mengenai cara memperpanjang umur coating mobil.

Kalau kamu mau coating mobil, jangan ragu untuk datang ke Rustpro! Karena di sini, mobil kamu dijamin kinclong dan bebas kusam dengan garansi 3 tahun!

Reservasi sekarang!