❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Bagaiman Cara Mencegah Karat pada Mobil Tua yang Benar?

begini cara mencegah karat pada mobil tua

Mobil tua, siapa yang gak suka dengan pesonanya? Tapi ya namanya mobil tua, pasti sangat rentan terkena karat.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips cara mencegah karat pada mobil tua yang bisa kamu ikuti untuk merawat mobil kesayangan.

Cara Mencegah Karat pada Mobil Tua

Inilah 5 (lima) cara yang bisa kamu ikuti untuk mencegah karat pada mobil tua:

1. Cuci Mobil

Nah, langkah pertama yang paling mendasar untuk mencegah karat pada mobil tua adalah dengan mencuci mobil secara teratur.

Jangan tunggu mobil kamu jadi sarang debu atau lumpur baru dicuci, ya! Apalagi mobil tua tuh sangat mudah terkena karat kalau kotoran terlalu lama menempel.

Itu karena kotoran, air hujan, atau garam bisa membuat cat terkelupas, dan logamnya teroksidasi, yang berujung terbentuknya karat.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa sabun yang dipakai juga tidak boleh asal, harus yang emang didesain untuk body mobil supaya catnya mudah rusak.

Apalagi kalau kamu tinggal di daerah pesisir atau daerah yang banyak genangan air, tentu potensi mobil berkarat menjadi tinggi karena kandungan garam pada air laut dan air hujan.

So, tidak ada alasan buat malas cuci mobil. Kalau kamu gak mau mobil kamu jadi besi tua berkarat, lebih baik cuci secara rutin.

2. Lap Kering Mobil

Cara mencegah karat pada mobil tua berikutnya adalah memastikan mobil kamu dilap kering, tidak ada air yang tersisa sebelum dipakai berkendara kembali.

Air adalah musuh utama mobil tua. Sisa air yang menyelip di sela-sela pintu atau di bagian bawah mobil bisa membuat logam mulai berkarat dari dalam.

Jadi, ambil kain mikrofiber, lap kering setiap bagian mobil. Ga usah terburu-buru, nikmatin aja prosesnya.

Kalau perlu, cek sampai ke bagian yang sulit dijangkau. Cara ini penting, karena kalau mobil benar-benar kering, karat tidak akan punya kesempatan untuk datang!

3. Parkir di Tempat Teduh

Ini dia, hal kecil yang pengaruhnya sangat besar dalam cara mencegah karat pada mobil tua, yakni parkir di tempat teduh.

Kamu tentu berpikir, “ah, apa hubungannya parkir sama karat?”. Tentu jelas ada hubungannya.

Sinar matahari yang terik bisa membuat cat mobil kamu cepat rusak, retak, dan kandungan air hujan yang asam makin mempercepat oksidasi. Menyeramkan, bukan?

Jadi kalau punya garasi, ya pake dong! Atau minimal parkir di bawah carport. Gak ada carport? Kamu bisa menggunakan penutup atau cover mobil yang anti air dan UV.

Memang agak ribet sih, tapi daripada mobil kamu jadi besi berkarat yang gak bisa dipake? Yuk, jangan malas menjaga investasimu supaya nilai jualnya tidak jatuh di masa mendatang!

4. Waxing Secara Berkala

Nah, ini mungkin udah agak advance sedikit, tapi penting banget! Waxing secara berkala merupakan salah satu cara mencegah karat pada mobil tua yang sangat ampuh.

Wax itu seperti sunscreen untuk cat mobil kamu. Jadi, lapisan wax ini yang akan melindungi mobil dari air, debu, atau zat-zat lain yang bisa menimbulkan karat.

Minimal setiap tiga bulan sekali kamu waxing mobil tua kamu. Kalau sering hujan-hujanan atau melewati jalanan berdebu, ya lebih sering lagi lebih bagus.

Dan kalau mau yang lebih niat lagi, kamu bisa menggunakan pelapis keramik atau coating. Itu lebih tahan lama dan lebih kuat dari wax biasa.

Gak cuma bebas karat, mobil kamu juga bakal kinclong kayak baru!

5. Lapisi Cat Mobil dengan Anti Karat

Ini adalah cara mencegah karat yang paling efektif pada mobil tua, yakni melapisi mobil dengan cat anti karat.

Cara ini tuh sangat efektif untuk memberikan perlindungan jangka panjang pada mobil. Kamu bisa menggunakan jasa anti karat mobil profesional supaya hasil dan perlindungannya tahan lama.

Cat anti karat berfungsi untuk melapisi seluruh sasis mobil, terutama bagian kolong dan fender roda yang sering terkena air dan kotoran.

Buat yang mau praktis, bisa juga kamu menggunakan cairan anti karat yang bisa kamu aplikasikan sendiri di bagian-bagian tertentu yang sering kena karat.

Baca Juga: Begini 4 Cara Memperpanjang Umur Coating Mobil

Cegah Karat pada Mobil Tua bersama Rustpro Garansi 8 Tahun!

Rustpro hadir sebagai solusi terbaik untuk mencegah karat pada mobil tua dengan layanan anti karat mobil menggunakan cat anti karat berbahan premium yang dirancang khusus untuk melindungi mobil kamu dari korosi.

Dengan ketahanan tinggi yang dijamin oleh garansi 8 tahun, Rustpro memberikan perlindungan maksimal, bahkan untuk mobil yang sering terpapar kondisi cuaca ekstrem.

Selain itu, Rustpro menggunakan teknologi mutakhir dengan alat Rust Buster yang mampu membasmi karat pada logam mobil hanya dalam 15 menit!

Jadi, tidak perlu khawatir karat menggerogoti mobil tua kamu.

Yuk, reservasikan kedatangan kamu di Rustpro sekarang! Hubungi kami melalui WhatsApp CS di nomor 0812-1130-9522!

Teruntuk kamu yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, silahkan datang dan kunjungi cabang Rustpro terdekat yang alamat lengkapnya ada di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirendeu

Alamat: Jl. Raya Cirendeu No.2A, RT.14/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

No. CS: Klik di sini

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

No. CS: Klik di sini

Nah, itu dia sejumlah informasi tentang cara mencegah karat pada mobil tua.

Yuk, cegah karat mobil bersama Rustpro! Garansi 8 tahun, lho!

Reservasi sekarang!