❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini 4 Cara Mencegah Mobil Berkarat yang Aman

cara mencegah mobil berkarat

Mobil dirancang dari komponen-komponen logam yang sangat rawan terkena karat apabila mobil tidak dijaga dengan baik.

Karat, seperti halnya kanker dalam tubuh manusia, sulit dideteksi keberadaannya sejak dini dan akhirnya menyebar dan hingga kemudian merusak komponen lain yang awalnya masih sehat.

Hal ini membuat perbaikan menjadi semakin sulit.

Itulah mengapa informasi mengenai cara mencegah mobil berkarat sangat dibutuhkan oleh para pemilik mobil untuk menghindari kendaraan kesayangannya dari kerusakan akibat kara.

Cara Mencegah Mobil Berkarat

Sebagai pemilik mobil, tentunya memiliki tanggung jawab dalam menjaga kondisi mobil agar tetap prima, terutama menghindarinya dari ancaman karat.

Oleh karena itu, apabila sebagai pemilik tidak ikut menjaga mobil dari bahaya karat, nantinya pemilik juga yang akan dirugikan dengan harga perbaikan mobil yang mahal jika terjadi kerusakan pada mobil.

Jadi sebelum mengalami kerusakan yang parah, ada baiknya untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Jangan sampai komponen mobil rusak dan berkarat baru dibawa ke bengkel, karena tentunya biaya perbaikan akan lebih mahal.

Di bawah ini telah rustpro.id sajikan beberapa cara mencegah mobil berkarat yang bisa Anda terapkan untuk melindungi mobil dari kerusakan akibat karat atau korosi.

Berikut info lengkapnya untuk Anda!

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

1. Cuci Mobil Secara Rutin

Cara pertama dan paling mendasar untuk mencegah karat pada mobil Anda adalah dengan menjalankan rutinitas cuci mobil yang teratur.

Debu, kotoran, dan garam di jalan dapat merusak lapisan pelindung kendaraan Anda, mempercepat proses korosi. Berikut adalah beberapa tips untuk cuci mobil yang efektif:

Hindari mencuci mobil di bawah terik matahari atau saat suhu sangat rendah. Pilih waktu pagi atau sore yang lebih sejuk.

Pilihlah shampoo mobil yang diformulasikan khusus untuk merawat cat kendaraan. Jangan menggunakan sabun rumah tangga, karena bisa merusak lapisan pelindung.

Mulailah mencuci dari bagian atas mobil dan turun secara perlahan ke bagian bawah, termasuk bagian roda.

Ini membantu mencegah kotoran yang telah dicuci dari bagian atas kembali mengotori bagian yang sudah dicuci.

Gunakan sikat lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti celah roda dan area di sekitar logo atau emblem.

Setelah selesai mencuci, keringkan mobil dengan lap mikrofiber untuk menghindari bekas air yang dapat meninggalkan noda atau bercak pada cat.

2. Berikan Pelumas pada Beberapa Bagian

Pelumas tidak hanya penting untuk bagian mesin, tetapi juga bisa membantu mencegah karat pada bagian-bagian mobil tertentu.

Bagian mobil yang rentan terhadap karat biasanya adalah bagian yang rentan terhadap kelembaban, seperti sasis, fender roda, dan sela-sela pintu.

Berikan sedikit pelumas pada engsel pintu, kap mesin, dan kunci. Ini akan membantu mengusir kelembaban dan mencegah karat pada bagian-bagian tersebut.

Bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti rongga di bawah kap mesin atau di sekitar panel bodi, dapat menjadi tempat berkembangnya karat.

Berikan pelumas dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya korosi pada mobil.

3. Segera Lakukan Body Repair

Jika terdapat goresan atau kerusakan pada cat, segera lakukan body repair untuk mencegah karat pada mobil yang lebih lanjut.

Goresan pada cat bisa memungkinkan air dan kelembaban merusak lapisan logam di bawahnya. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

Jika goresan bersifat kecil, Anda bisa menggunakan cat retouch atau clear coat untuk mengisi goresan tersebut dan melindungi permukaan logam dari korosi.

Namun jika goresan cukup besar atau terdapat kerusakan pada lapisan cat, pertimbangkan untuk melakukan pengecatan ulang pada bagian yang terkena.

4. Gunakan Lapisan Anti Karat

Salah satu cara mencegah mobil berkarat yang paling efektif adalah dengan menggunakan lapisan anti karat mobil.

Lapisan ini memberikan perlindungan tambahan terhadap elemen-elemen lingkungan yang dapat merusak cat dan logam di bawahnya.

Pastikan Anda memilih produk anti karat yang dirancang khusus untuk melindungi mobil dari karat dan korosi.

Banyak merek terpercaya yang menawarkan lapisan anti karat berkualitas tinggi.

Sebelum menerapkan lapisan anti karat, pastikan permukaan mobil bersih dan bebas dari goresan atau kotoran. Ini akan memastikan lapisan dapat melekat dengan baik.

Ikuti petunjuk produsen untuk aplikasi lapisan anti karat.

Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan merata dan biarkan kering sepenuhnya sesuai petunjuk sebelum membawa mobil kembali ke jalan.

Dibaca Juga: 8 Tips Mencegah Karat pada Mobil supaya Tahan Lama

Cara Membersihkan Karat pada Mobil

Sementara itu, jika karat sudah terlanjur muncul pada mobil, Anda dapat melakukan pembersihan dengan cara-cara berikut ini:

Gunakan Cuka

Cuka bukan hanya bahan dapur biasa, tetapi juga memiliki sifat yang efektif dalam membersihkan karat pada permukaan logam, salah satunya membersihkan karat pada mobil.

Berikut adalah langkah-langkah menghilangkan karat pada mobil menggunakan cuka:

  • Siapkan cuka putih biasa, air, sikat gigi bekas, dan lap mikrofiber.
  • Campurkan jumlah yang sama dari cuka dan air dalam wadah. Pastikan Anda memiliki larutan yang cukup untuk merendam area yang terkena karat.
  • Celupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan cuka dan air, kemudian gosok perlahan area yang terkena karat. Hindari menggosok terlalu keras karena bisa merusak lapisan cat di sekitarnya.
  • Gunakan sikat gigi untuk menggosok area karat dengan gerakan melingkar. Hal ini akan membantu mengangkat karat tanpa merusak permukaan logam.
  • Setelah selesai menggosok, bilas area yang dibersihkan dengan air bersih. Kemudian, keringkan permukaan dengan lap mikrofiber untuk menghindari bekas air.

Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis atau lemon mengandung asam sitrat yang bisa membantu melarutkan karat.

Berikut adalah cara membersihkan karat pada mobil menggunakan jeruk nipis atau lemon:

  • Siapkan jeruk nipis atau lemon, garam, sikat lembut, dan lap mikrofiber.
  • Potong jeruk nipis atau lemon menjadi dua bagian. Taburi sedikit garam pada permukaan potongan jeruk nipis atau lemon.
  • Gosokkan potongan jeruk nipis atau lemon yang telah diberi garam pada area yang terkena karat. Lakukan gerakan melingkar dan pastikan jus jeruk nipis atau lemon merata di area tersebut.
  • Biarkan jus jeruk nipis atau lemon bekerja selama beberapa menit. Asam sitrat dalam jeruk nipis atau lemon akan membantu melarutkan karat.
  • Setelah beberapa menit, gunakan sikat lembut untuk menggosok area tersebut dengan gerakan melingkar. Ini akan membantu mengangkat karat yang telah terlepas dari permukaan.
  • Bilas area yang dibersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa jeruk nipis atau lemon yang masih menempel. Keringkan permukaan dengan lap mikrofiber.

RustPro: Solusi Ampuh untuk Mencegah Mobil Berkarat, Dijamin Garansi 8 Tahun!

Salah satu solusi paling ampuh untuk mencegah mobil berkarat adalah dengan menggunakan layanan RustPro anti karat.

Bersama RustPro, mobil Anda dijamin akan terhindar dari bahaya karat untuk jangka waktu yang lama.

RustPro pun menjaminnya dengan jaminan garansi hingga 8 tahun, ditambah dengan GRATIS biaya penyemprotan ulang cat anti karat setiap tahunnya.

Hemat biaya banget, bukan?

Apalagi, saat ini RustPro sedang mengadakan promo spesial, yakni diskon harga layanan anti karat mobil hingga 30%!

Wow! Tunggu apa lagi?

Buruan reservasi jadwal sekarang dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678!

Anda juga dapat mencari tahu info lengkap seputar layanan RustPro, seperti coating & detailing, serta pemasangan kaca film melalui Instagram @rustpro_indonesia.

Jika Anda berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya, silahkan datang dan kunjungi cabang RustPro yang berada di alamat di bawah ini.

RustPro cabang Kelapa Gading

Lokasi: Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro cabang Cirendeu, Tangerang

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro cabang Bintaro

Lokasi: Ruko, Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

Itulah dia beberapa cara mencegah mobil berkarat dan solusi untuk mengatasinya jika sudah terjadi.

Dengan menjalankan tindakan pencegahan seperti cuci mobil secara rutin, memberikan pelumas pada bagian-bagian yang rentan, segera lakukan body repair, dan menggunakan lapisan anti karat yang berkualitas, Anda dapat memastikan mobil Anda tetap terlindungi dari kerusakan akibat karat.

Ingatlah bahwa perawatan yang teratur dan tepat adalah kunci untuk menjaga tampilan dan nilai mobil Anda selama bertahun-tahun.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility