❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ketahui Apa Itu Door Trim Mobil dan Bagaimana Cara Merawatnya

apa itu door trim mobil

Mobil adalah karya seni teknik yang rumit, dengan ratusan komponen yang bekerja bersama untuk menciptakan pengalaman berkendara yang mulus dan menyenangkan.

Salah satu komponen yang sering diabaikan namun memiliki peran penting dalam estetika dan fungsi mobil adalah door trim.

Apa itu door trim mobil?

Melalui artikel ini, rustpro.id akan mengupas secara tuntas tentang apa yang dimaksud dengan door trim mobil, mulai dari fungsi hingga bagaimana cara merawatnya.

So, buat Anda yang tidak ingin ketinggalan dengan informasi yang satu ini, pastikan menyimak pembahasan kami sampai selesai!

Pengertian Door Trim Mobil

Door trim mobil adalah bagian dari pintu mobil yang melapisi bagian dalam pintu.

Door trim biasanya terbuat dari plastik, vinil, atau kain, dan seringkali dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pegangan pintu, tombol pengunci, dan kadang-kadang speaker atau kontrol jendela listrik.

Door trim mobil memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, door trim berfungsi untuk melindungi komponen-komponen internal pintu, seperti mekanisme pengunci dan jendela dari kerusakan dan debu.

Tanpa door trim, komponen-komponen ini tentu akan lebih rentan terhadap kerusakan dan umur pakainya bisa menjadi lebih pendek.

Kemudian, fungsi door trim mobil lainnya adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan estetika interior mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Door trim biasanya dilapisi dengan bahan yang lembut dan nyaman untuk disentuh, dan desainnya seringkali disesuaikan dengan tema interior mobil.

Sehingga, dapat dipahami bahwa door trim tidak hanya berfungsi secara praktis, tetapi juga bisa membuat interior mobil menjadi lebih nyaman dan menarik.

Selain itu, door trim juga berfungsi sebagai tempat untuk berbagai kontrol dan fitur pintu.

Misalnya, door trim bisa dilengkapi dengan pegangan pintu, tombol pengunci, kontrol jendela listrik, dan speaker.

Dengan demikian, fungsi door trim mobil adalah untuk memungkinkan pengendara maupun penumpang untuk mengendalikan berbagai fitur pintu dengan mudah dan nyaman.

Cara Merawat Door Trim Mobil

Berikut adalah beberapa tips merawat door trim mobil supaya Anda dapat mencegahnya dari berbagai potensi kerusakan.

1. Bersihkan Kotoran dan Debu Secara Rutin

Kotoran dan debu bisa menumpuk pada door trim seiring waktu, yang bisa merusak penampilan dan fungsionalitasnya.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan door trim secara rutin supaya dapat menjaga kebersihan dan perawatan door trim mobil dengan baik.

Pastikan untuk membersihkan semua area door trim, termasuk sudut-sudut dan celah-celah yang sulit dijangkau.

2. Gunakan Alat yang Lembut untuk Membersihkannya

Saat membersihkan door trim, penting untuk menggunakan alat yang lembut untuk mencegah goresan atau kerusakan.

Penggunaan alat yang kasar atau keras tentu bisa merusak permukaan door trim dan membuatnya tampak kusam atau tergores.

Oleh karena itu, selalu gunakan kain mikrofiber, spons lembut, atau kuas dengan bulu lembut saat membersihkan door trim.

3. Gunakan Cairan Khusus

Untuk membersihkan dan merawat door trim mobil dengan efektif, Anda mungkin perlu menggunakan cairan pembersih khusus.

Cairan pembersih ini dirancang untuk menghapus kotoran dan debu tanpa merusak permukaan door trim.

Pastikan untuk memilih cairan pembersih yang aman untuk material door trim Anda, dan selalu ikuti instruksi pada label produk.

4. Segera Perbaiki Door Trim yang Rusak

Cara efektif merawat door trim mobil berikutnya adalah segera memperbaiki door trim yang rusak.

Door trim yang rusak tidak hanya merusak estetika interior mobil, tetapi juga bisa merusak komponen internal pintu.

Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel untuk memperbaiki door trim yang rusak, atau jika kerusakannya ringan, Anda mungkin bisa memperbaikinya sendiri dengan kit perbaikan door trim.

5. Lindungi Door Trim dari Ancaman Karat

Terakhir, cara merawat door trim mobil yang perlu Anda lakukan untuk mencegahnya dari kerusakan adalah dengan menerapkan perlindungan anti karat.

Karat adalah ancaman serius untuk door trim, terutama jika terbuat dari logam.

Karat bisa merusak door trim dan membuatnya tampak kusam dan tidak menarik. Untuk melindungi door trim dari karat, Anda bisa menggunakan pelindung anti karat.

Pelindung ini membentuk lapisan pelindung pada permukaan door trim yang mencegah air dan oksigen bereaksi dengan logam dan membentuk karat.

Sehingga, dengan menerapkan pelindung anti karat, Anda dapat memperpanjang umur door trim mobil hingga beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Penyebab Pintu Mobil Berisik dan Cara Mengatasinya

Cegah Karat pada Door Trim Mobil bersama RustPro!

Cara mencegah karat pada door trim mobil adalah dengan mengaplikasikan cat pelapis anti karat.

RustPro, sebagai bengkel spesialis anti karat mobil menyediakan layanan penyemprotan anti karat pada bagian door trim dengan produk cairan anti karat berkualitas premium.

Kami menggunakan formula anti karat yang terbuat dari bahan dasar rubber atau karet, yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan maksimum terhadap karat pada mobil dan mencegahnya muncul kembali dalam jangka waktu yang panjang, terutama pada bagian pintu mobil.

Produk anti karat dari RustPro telah teruji dan terbukti efektif. Kami memberikan jaminan garansi hingga 8 tahun untuk memastikan bahwa produk kami dapat bertahan lama dalam memberikan perlindungan anti karat pada mobil Anda.

Selain garansi, kami juga menawarkan layanan perawatan GRATIS berupa penyemprotan ulang pelindung anti karat setiap tahunnya.

Dengan layanan ini, Anda tentunya dapat menghemat biaya perawatan kendaraan untuk jangka waktu beberapa tahun.

Yuk, langsung saja pesan jadwal layanan di RustPro sekarang dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678!

Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan DISKON SPESIAL HINGGA 30%! Pastikan Anda memesan jadwal sekarang sebelum kuotanya terisi penuh!

Selain layanan anti karat, RustPro juga menyediakan berbagai layanan perawatan kendaraan lainnya, seperti perawatan coating & detailing, serta pemasangan kaca film.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif pemasangan anti karat mobil, silakan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, Cirebon, atau Surabaya, jangan ragu untuk mengunjungi cabang workshop kami yang beralamatkan di beberapa lokasi berikut ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Demikianlah informasi seputar apa itu door trim dan bagaimana cara merawatnya agar mencegah dari kerusakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan bisa secepatnya melakukan pencegahan sebelum terjadi kerusakan pada komponen door trim mobil Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility