Apa Sajakah Hal Yang Seharusnya Ada Di Mobil?

Hal Yang Seharusnya Ada Di Mobil

Hal yang seharusnya ada di mobil perlu disiapkan secara matang. Mengingat kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama dalam perjalanan. Mungkin saja mobil yang anda kendarai mengalami mogok atau kecelakaan. Jumlah kendaraan bermotor yakni mobil  terus bertambah banyak. Dengan banyaknya mobil yang ada di jalanan diperlukan pemenuhan terhadap peralatan yang harus terdapat di dalam mobil. Hal tersebut untuk menjaga keselamatan dan keamanan mobil.

Berdasarkan survey data dari Badan Pusat Statistik bahwa peningkatan jumlah mobil di Indonesia terus bertambah banyak setiap tahunnya. Jumlah kendaraan bermotor termasuk mobil di tanah air sudah mencapai 15 juta lebih. Hal tersebut menunjukkan peningkatan ekonomi masyarakat. Namun hal tersebut tidak disertai dengan prasarana jalan yang memadai hingga pada jam tertentu sering terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan raya.

Hal Yang Seharusnya Ada Di Mobil

Hal Yang Seharusnya Ada Di Mobil

Dengan meningkatnya ekonomi masyarakat Indonesia mulai banyak orang membeli mobil sebagai sarana transportasi utama. Mobil bisa menjadi kendaraan utama untuk memudahkan memenuhi segala keperluan. Di tengah kesibukan manusia yang semakin tinggi  membuat mobil menjadi sarana transportasi utama untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas seperti berangkat ke kantor,kuliah dan belanja.

Sebenarnya sarana transportasi utama lainnya yang sering dipergunakan oleh orang Indonesia di samping mobil adalah sepeda motor. Namun sarana transportasi sepeda motor memiliki kelemahan dari daya tampung dan jarak tempuh yang sifatnya sangat terbatas.

Daya muat sepeda motor sangat terbatas. Bagi mereka yang mempunyai keluarga besar maka tak bisa semuanya bisa masuk bepergian masuk ke dalam sepeda motor. Maksimal tiga orang yang bisa menaiki sepeda motor. Sedangkan mobil mempunyai daya tampung lebih besar. Itulah yang membuat orang lebih memilih mobil sebagai sarana transportasi utama.

Kelemahan lain menggunakan sepeda motor bahwa kendaraan bermotor ini  hanya cocok dipergunakan untuk jarak dekat. Sedangkan untuk jarak jauh dianjurkan untuk menggunakan mobil yang lebih nyaman dan aman. Itu salah satu alasan banyak orang lainnya di Indonesia memilih membeli mobil baru atau mobil bekas sebagai sarana transportasi utama.

Tidak ada orang yang tahu musibah kecelakaan akan terjadi kapan dan dimana. Pada saat anda mengendarai mobil maka segala sesuatu bisa terjadi seperti mobil mengalami musibah kecelakaan. Pada saat genting seperti itu terjadi ( kecelakaan atau mobil mogok) maka ada beberapa alat yang anda perlukan. Semua itu harus anda persiapkan terlebih dahulu secara matang dan memastikan  terdapat di dalam mobil jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Di sinilah pentingnya bagi anda unyuk melengkapi mobil anda dengan beberapa perlengkapan atau hal yang seharusnya ada di mobil.

Mengendarai mobil dalam perjalanan jarak jauh maupun pendek menyimpan kondisi resiko tersendiri  hal yang tak terduga. Misalkan ban mobil mengalami kempes menginjak paku atau mobil mogok. Hal yang paling tragis lagi bisa terjadi mobil mengalami kecelakaan. Kalau hal tersebut terjadi tentu akan diperlukan berbagai peralatan untuk mengatasi hal yang tak terduga tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa peralatan yang perlu dibawa dalam mobil yang terangkum dalam hal yang seharusnya ada di mobil.

Dibaca Juga: Salah Satu Cara Merawat Mobil Berkarat Terbaik

Peralatan yang ada di Mobil

Berikut ini beberapa hal atau peralatan yang seharusnya ada di dalam mobil anda sebagai persiapan menghadapi berbagai resiko terburuk di perjalanan, antara lain:

1.Glovebox Essential Pack

Glovebox Essential Pack adalah peralatan kecil yang terdapat pada dashboard mobil yang bermanfaat dan diperlukan umumnya pada bagian konsol tengah. Glovebox Essential Pack meliputi buku manual pemilik, tisu, charger hp, berkas penting,lampu senter, kunci cadangan rumah, pulpen, buku kecil yang berisi catatan.

2.Kotak P3K

Hal yang seharusnya ada di mobil lainnya adalah kotak P3K. Apa itu kotak P3K? Sebuah kotak kecil yang bermanfaat dalam kondisi tertentu. Misalkan untuk keperluan medis ketika  sedang berkendara di dalam mobil. Adapun isi kotak P3K berbagai keperluan medis. Seperti plester, kapas, obat-obatan dan betadine. Anda bisa membuat kotak P3K sendiri atau membeli kotak P3K yang sudah jadi di toko terdekat yang menjualnya.

Penyimpanan kotak P3K di dalam mobil harus mudah terlihat dan dijangkau dalam kondisi darurat. Dengan adanya kotak P3K, pertolongan pertama pada kecelakaan dapat dilakukan dengan baik dan mudah sehingga dapat menghindarkan diri dari sakit yang parah hingga kematian.

Akan tetapi secara berkala, anda diwajibkan untuk memeriksa isi kotak P3K dan memastikan semua obat yang terdapat di dalamnya tidak kedaluarsa. Jika ada obat yang habis masa berlaku atau kadaluwarsa maka anda harus menggantinya dengan obat baru yang masih panjang masa kedaluarsanya. Hal tersebut untuk menghindarkan diri dari keracunan obat yang sangat berbahaya jika sudah melewati masa kedaluwarsa.

3.Ban Serep

Peralatan berikutnya yang harus terdapat di dalam mobil adalah ban serep. Umumnya hal yang seharusnya ada di mobil ini yakni ban serep dibawa di mobil dan ditempatkan pada bagian bagasi saat akan bepergian jarak jauh maupun jarak dekat. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ban utama mobil yang sedang dipergunakan  mengalami kempes di jalan akibat tertancap paku atau ban meledak. Pada waktu di tengah perjalanan, tiba-tiba ban mobil anda kempes maka anda bisa menggantinya dengan ban serep.

Berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas serta angkutan jalan dijelaskan bahwa ban serep menjadi hal yang seharusnya ada di dalam mobil dan jika darurat bisa dipakai pada saat kondisi jarak yang dekat.

4.Segitiga pengaman

Salah satu hal yang seharusnya ada di mobil berikutnya adalah segitiga pengaman. Hal tersebut diperlukan apabila mobil anda mengalami mogok di jalan raya dan selanjutnya harus diberi tanda segitiga pengaman. Dalam pemeriksaan biasanya polisi menanyakan kelengkapan mobil termasuk kepastian membawa segitiga pengaman. Sebab manfaatnya besar sekali.

Pada waktu tak terduga mobil anda dapat mengalami mogok atau ban kempes maka anda bisa memberi tanda ke pengemudi lain dengan  menyimpan segitiga pengaman  di jalan dekat dengan mobil anda. Dengan demikian, pengemudi lain yang melihat segitiga pengaman akan lebih berhati-hati di jalan dan dapat menghindarkan diri dari kecelakaan lalu lintas di jalan raya khususnya pada waktu situasi mendung atau berkabut maupun saat situasi tengah  malam hari.

Sudah menjadi peraturan bahwa hal yang seharusnya ada di mobil wajib dibawa. Bagi mereka yang mengemudikan mobil dan tak melengkapi mobilnya dengan pembuka roda, dongkrak, P3K, segitiga pengaman maka terancam hukuman pidana dengan denda sebesar-besarnya Rp 250 ribu atau dikenakan sanksi tahanan penjara setinggi-tingginya selama 1 bulan.

5.Proteksi Matahari

Proteksi matahari atau tabir surya merupakan hal yang seharusnya ada di mobil pula. Manfaatnya sangat besar bagi keamanan dan kenyamanan mobil. Tak kalah berguna juga untuk menjaga penampilan mobil lebih berkelas dan menawan. Keamanan dan kenyamanannya terletak pada membuat jok mobil lebih terlindungi dengan baik dari sinar matahari secara langsung. Juga pemasangan proteksi matahari bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang mobil bersangkutan dari panas sinar terik matahari.

Selanjutnya proteksi matahari bermanfaat untuk melindungi interior mobil dari panas sinar matahari. Sehingga jika anda membeli mobil baru atau mobil bekas maka sudah seharusnya dipasang proteksi matahari. Sehingga ada dua manfaat besar pemasangan proteksi matahari, antara lain:

-Menjaga keindahan mobil

-Melindungi interior mobil termasuk jok

-Mencegah panas

Hal Yang Seharusnya Ada Di Mobil Dengan adanya proteksi matahari maka sinar matahari tidak akan langsung mengenai kulit anda. Tapi sinar matahari tertahan oleh tabir surya. Sehingga anda tak akan merasakan panas ketika berada di dalam mobil pada waktu sinar matahari sedang pada puncaknya.

6.Peralatan penting lainnya

Selanjutnya hal yang seharusnya ada di mobil adalah kit pembersih, permadani perjalanan,tas belanja, ponsel cadangan. Demikian hal yang seharusnya ada di mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.