Banjir di Indonesia Datang Lagi? Simak Persiapkan Mobil Anda Dalam Menghadapi Banjir.

Selama musim hujan, beberapa persiapan diperlukan untuk mobil. Karena mengemudi di musim hujan pasti lebih berbahaya daripada mengemudi di hari biasa. Apalagi banjir di Indonesia terutama di jabodetabek yang juga sering terjadi di musim hujan, mobil juga tentunya harus diberikan perlindungan maksimal agar tidak rusak dan juga memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Persiapkan Mobil Dalam Menghadapi Banjir di Indonesia

banjir di Indonesia

Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai pemilik mobil sebagai persiapan untuk mobil di kala banjir di Indonesia tiba sehingga semua komponen mobil dapat tetap bekerja dengan baik dan menghindari bahaya terburuk.

  • Baterai & Kaki-Kaki Mobil

Bahan ini merupakan detail penting yang tidak boleh dilewatkan saat banjir di Indonesia tiba. Ini karena wiper, radio, AC, lampu depan, lampu belakang, dll menghabiskan lebih banyak baterai. Selain itu, Anda masih perlu memeriksa kaki-kaki mobil. Ban juga termasuk. Pasalnya, kondisi jalan bisa dikatakan lebih licin saat musim hujan. Oleh karena itu, diperlukan perhatian yang seksama untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

  • Wiper mobil

Saat musim hujan dan banjir di Indonesia, wiper kaca depan memegang peranan yang sangat penting bagi pengendara. Jadi, Anda perlu memeriksa wiper mobil Anda. Nah, jika wiper rusak, maka harus segera diganti agar bisa memberikan pandangan yang lebih bagus saat hujan turun.

  • Rem mobil

Anda juga harus memeriksa rem mobil Anda saat musim hujan dan banjir di Indonesia tiba. Oleh karena itu, agar tetap aman saat berkendara, komponen rem harus diperiksa secara berkala. Anda harus memeriksa apakah bantalan rem perlu diganti atau rem dalam kondisi aman. Jika kondisinya buruk, harus segera diganti. Jangan sampai mengalam masalah di jalan apalagi ketika hujan.

  • Sistem kelistrikan mobil

Dapat dikatakan bahwa listrik di dalam mobil sensitif terhadap air. Tentu saja, sistem kelistrikan apapun memang sangat sensitif terhadap air. Hal ini karena dapat menyebabkan korsleting pada kendaraan. Sekarang ada baiknya untuk mengecek kondisi kabel-kabel pada mesin mobil untuk mencegah hal tersebut terjadi. Apabila kabel terlihat mengelupas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar bisa menghindari korsleting.

  • Lampu mobil

Lampu depan merupakan komponen penting yang membantu pengemudi melihat lebih baik bahkan juga bisa menjadi tanda bagi pengemudi lain bahwa ada mobil di depan atau belakang mereka, termasuk juga sensor lampu sein yang juga penting baik saat hujan ataupun tidak.

Lampu utama di siang hari juga akan menjadi sangat penting jika Anda berkendara saat hujan deras dan pemicu banjir di Indonesia. Pastikan semua lampu depan (depan dan belakang) dalam kondisi baik. Hal ini dikarenakan jarak pandang terbatas saat hujan deras, sehingga peran lampu sangat penting bagi semua pengemudi.

Dibaca Juga: Dampak Banjir Mobil dan Cara Menghindarinya

Hujan Pemicu Karat Mobil

Karat pada mobil merupakan salah satu masalah yang dikeluhkan sebagian besar pecinta mobil. Tapi hal ini tentu saja dapat dicegah. Karat biasanya muncul di beberapa bagian mobil terutama pada bagian kolong mobil di tempat debu dan kotoran mudah menempel hingga ke bagian celah yang sulit dijangkau.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, paparan hujan, banjir di Indonesia dan banyak faktor lainnya termasuk jika tinggal di dekat laut. Untungnya, banyak kendaraan modern memiliki lapisan anti korosi untuk mengurangi tekanan pada bagian bawah mesin kendaraan.

Dengan memberikan lapisan tahan terhadap karat maka mobil bisa lebih awet untuk waktu yang lama. Meskipun mobil memang sudah memiliki lapisan anti karat bawaan, tidak ada salahnya untuk mempelajari dan memahami cara-cara dalam mencegah karat dan juga agar lapisan karat tidak cepat luntur.

  • Parkir di tempat teduh

Komponen mobil memang akan berkarat pada waktunya karena memang itulah sifat dari besi namun dengan perawatan yang tepat, proses karat tersebut akan lebih lama terjadi dan bahkan bisa dihindari. Mobil akan lebih sulit berkarat saat diparkir di ruang tertutup.

Saat mobil berada di dalam ruangan, otomatis tidak mudah terkena sinar matahari dan hujan, yang menjadi salah satu penyebab karat. Jika diparkir di luar, sebaiknya gunakan cover mobil untuk melindungi mobil dari panas matahari langsung dan hujan.

  • Rutin cuci mobil

Tips kedua untuk mencegah karat adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan teknologi steam. Dengan cara ini Anda bisa melihat komponen mana yang masih kotor dan berair. Jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela mobil yang sulit dijangkau dan memang membutuhkan sikat khusus.

  • Gunakan lapisan anti karat

Ada berbagai merek lapisan anti korosi yang dijual di pasaran. Pilih mana yang Anda inginkan dan pastinya juga harus sesuai untuk mencegah karat pada mobil favorit Anda. Meskipun begitu, jangan sampai asal memilih lapisan anti karat karena berhubungan dengan kualitas dan jangka waktu perlindungan terhadap mobil Anda.

  • Pengecekan berkala

Memeriksa suku cadang mobil Anda secara teratur dapat membantu mencegah mobil Anda berkarat dari banjir di Indonesia. Dengan cara ini, pemilik dapat melihat bagian mana yang mulai berkarat dan segera mengambil tindakan. Jangan sampai menunggu hingga mobil berkarat dan rusak baru dilakukan perbaikan karena tentunya akan lebih menguras uang.

Tips Cuci Mobil

Mencuci mobil juga menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan ketika banjir di Indonesia melanda. Mobil disarankan untuk langsung dicuci dan dibersihkan setelah hujan maupun terkena banjir agar kotoran dan debu terutama di kolong mobil lebih mudah dibersihkan dan tidak menempel hingga menyebabkan karat.

Memang, kotoran, debu, hingga lumpur terutama pada kolong mobil yang dibiarkan menempel terlalu lama dapat menyebabkan karat dan berbagai masalah mesin lainnya. meskipun begitu, bukan berarti mobil dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan saat tidak hujan.

Pertama, mobil sebaiknya dicuci minimal 1 kali seminggu. Kedua, gunakan sampo mobil khusus dengan bahan anti karat. Tidak disarankan untuk menggunakan produk sabun rumah tangga seperti sabun atau deterjen. Ketiga, gunakan busa dan kain khusus. Jangan menggunakan kain biasa seperti kain bekas atau kain kotor. Debu dan kotoran dapat menempel pada kain dan menggores cat atau bagian tubuh saat dicuci.

Keempat, gunakan sikat untuk membersihkan ban, pelek, velg, dll. Kelima, tidak disarankan membersihkan bodi mobil dan kaca depan dalam keadaan berdebu. Hal ini dikarenakan kotoran pada mobil dapat menggores kaca dan membuatnya menjadi luka.

Sebaiknya bilas atau semprot dengan air terlebih dahulu untuk melarutkan kotoran yang menempel pada bagian mobil Anda. Keenam, bagian pencegah atau pelapis karat jangan disikat, cukup dilap dengan sabun dan busa. Hal ini dilakukan agar lapisan pelindung anti korosi tidak menipis dan cepat rontok.

Jika Anda membutuhkan lapisan pelindung mobil anti karat untuk melindungi mobil dari banjir di Indonesia, mungkin Anda bisa menjatuhkan pilihan Anda kepada Rustpro. Bukan tanpa alasan karena Anda bisa mendapatkan perlindungan yang sangat lama hingga 8 tahun lamanya. Bahan dasar rubber bukan hanya dapat melindungi mobil dari karat namun juga mengurangi suara bising dari luar hingga 20 desibel.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.