❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mending Beli Mobil Cash atau Kredit? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

mending beli mobil cash atau kredit?

Membeli mobil baru seringkali menjadi momen penting dan mendebarkan dalam hidup seseorang.

Namun, di balik kegembiraan memilih model dan warna mobil impian, ada pertimbangan finansial krusial yang mungkin membuat calon pembeli berpikir keras, yaitu muncul pertanyaan “apakah sebaiknya beli mobil cash atau kredit?”

Kedua opsi ini menawarkan keuntungan dan kerugian masing-masing, dan pilihan terbaik seringkali bergantung pada situasi finansial, kebutuhan, dan preferensi pribadi seseorang.

Beli Mobil Cash atau Kredit

Buat Anda yang masih bingung ingin beli mobil cash atau kredit, di bawah ini telah tim rustpro.id rangkum sejumlah keunggulan dan kekurangan membeli mobil secara cash dan kredit.

So, pastikan Anda menyimaknya sampai selesai supaya dapat mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk menghabiskan uang tabungan Anda untuk membeli sebuah unit mobil.

Keunggulan Beli Mobil Cash

1. Terbebas dari Hutang

Salah satu keunggulan paling signifikan dari membeli mobil secara cash adalah terbebas dari beban hutang.

Anda tak perlu khawatir dengan bunga dan biaya tambahan lainnya yang biasa muncul dalam skema kredit.

Selain itu, kebebasan finansial ini bisa memberi ketenangan pikiran karena Anda tidak perlu khawatir mengenai kemampuan membayar cicilan jika mengalami kendala ekonomi.

Membeli mobil cash juga menghindarkan Anda dari biaya administrasi dan proses persetujuan kredit yang bisa memakan waktu.

2. Mobil Bisa Dimodifikasi

Ketika Anda membeli mobil dengan cara kredit, biasanya ada beberapa batasan yang diberlakukan oleh lembaga pembiayaan terkait modifikasi mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Dengan beli mobil secara cash, Anda tentu akan memiliki kebebasan penuh untuk memodifikasi mobil sesuai keinginan, baik itu dari sisi tampilan maupun performa.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan mobil dengan karakter dan gaya Anda tanpa harus khawatir melanggar ketentuan dari lembaga pembiayaan.

Ini memberikan ruang kreativitas yang lebih leluasa bagi pecinta otomotif untuk mengubah mobil sesuai dengan visi mereka.

3. Berkesempatan Mendapatkan Diskon Dealer

Debitur cash seringkali berada dalam posisi tawar yang lebih baik dibandingkan dengan pembeli kredit. Mengapa?

Hal ini karena dealer biasanya lebih suka transaksi cash karena mereka mendapatkan pembayaran penuh tanpa harus menunggu proses pembiayaan.

Hal ini juga seringkali memberikan peluang bagi pembeli untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus yang mungkin tidak ditawarkan kepada pembeli kredit.

Diskon ini bisa berupa potongan harga, aksesori gratis, atau layanan tambahan lainnya yang bisa meningkatkan nilai dari pembelian Anda.

Kekurangan Beli Mobil Cash

1. Biaya Pengeluaran Besar

Salah satu kekurangan beli mobil cash yang paling jelas adalah biaya pengeluaran yang besar.

Membayar tunai berarti Anda harus mengeluarkan jumlah penuh dari harga mobil sekaligus. Ini bisa menjadi beban finansial yang cukup berat bagi sebagian orang.

Uang yang dikeluarkan sekaligus ini mungkin bisa digunakan untuk investasi lain atau keperluan mendesak yang mungkin muncul di kemudian hari.

Dengan memilih pembayaran kredit, Anda bisa menyicil dengan nominal yang lebih kecil setiap bulannya, meskipun tentu ada bunga yang harus dikeluarkan.

2. Pembelian Belum Termasuk Asuransi

Saat Anda membeli mobil secara cash, ada kemungkinan besar bahwa pembelian tersebut belum termasuk asuransi.

Asuransi mobil adalah perlindungan penting yang menjaga aset Anda dari risiko kerugian akibat kecelakaan, pencurian, atau bencana alam.

Jika Anda membeli mobil dengan kredit, biasanya dealer atau lembaga keuangan memiliki kewajiban untuk menyertakan asuransi dalam paket kreditnya.

Namun, saat membeli secara cash, Anda harus mengurus asuransi secara terpisah dan memastikan bahwa mobil Anda terlindungi segera setelah pembelian.

Keunggulan Beli Mobil Kredit

1. Memiliki Mobil dengan Dana Terbatas

Sementara itu, salah satu keuntungan beli mobil kredit yang paling menonjol adalah Anda dapat segera memiliki mobil impian meskipun dengan dana awal yang terbatas.

Dengan sistem cicilan yang fleksibel, Anda dapat mengatur anggaran bulanan tanpa harus mengeluarkan uang besar di awal.

Ini memungkinkan Anda untuk memiliki mobil tanpa harus menunggu hingga memiliki dana penuh.

2. Promo dan Hadiah Menarik

Pembeli mobil kredit sering kali mendapat manfaat ekstra berupa promo dan hadiah dari dealer atau lembaga keuangan.

Mulai dari diskon, cashback, hingga hadiah langsung, berbagai promo ini tentunya membuat pembelian mobil menjadi lebih menarik dan menguntungkan.

3. Pembelian Sudah Termasuk Asuransi

Salah satu keunggulan beli mobil kredit lainnya adalah mobil yang Anda beli biasanya sudah dilengkapi dengan asuransi.

Ini berarti Anda tidak perlu repot mengurus asuransi terpisah dan biaya premi asuransi umumnya sudah termasuk dalam cicilan bulanan Anda.

Hal ini tentunya memberikan ketenangan pikiran karena mobil Anda sudah terlindungi dari risiko kecelakaan atau kerusakan.

4. Mengoptimalkan Uang Tabungan

Dengan memilih pembelian mobil secara kredit, dana yang seharusnya Anda gunakan untuk pembelian mobil dapat Anda alokasikan untuk kebutuhan lain atau investasi.

Uang tabungan Anda bisa diputar untuk keperluan lainnya, seperti bisnis, pendidikan, atau investasi properti, sehingga Anda dapat mengoptimalkan potensi keuangan Anda.

Kekurangan Beli Mobil Kredit

1. Harga Total Pembelian Lebih Mahal

Meskipun begitu, kekurangan beli mobil kredit yang paling signifikan adalah harga total pembelian yang akhirnya menjadi lebih mahal.

Meskipun cicilan bulanan mungkin terdengar terjangkau, jika dijumlahkan selama periode pinjaman, Anda mungkin akan membayar lebih dari harga asli mobil karena adanya bunga dan biaya tambahan lainnya.

Dalam jangka panjang, biaya tambahan ini bisa menjadi jumlah yang cukup signifikan.

2. Berisiko Gagal Bayar

Membeli mobil dengan kredit berarti Anda memiliki komitmen finansial jangka panjang. Jika terjadi sesuatu yang mempengaruhi kondisi keuangan Anda, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya mendadak lainnya, Anda berisiko gagal bayar.

Gagal bayar dapat memiliki konsekuensi serius, termasuk pelaporan ke lembaga kredit dan bahkan penyitaan mobil.

3. Hidup Menjadi Diburu Hutang

Ketika Anda membeli mobil secara kredit, secara psikologis Anda mungkin merasa selalu diburu oleh hutang.

Setiap bulan, Anda harus memastikan bahwa cicilan dibayar tepat waktu, dan hal ini bisa menambah stres, terutama jika kondisi keuangan Anda sedang tidak stabil.

Rasa khawatir ini bisa mengurangi kebebasan dan kenyamanan hidup Anda.

Baca Juga: Catat! 8 Cara Membeli Mobil Bekas Cash Tanpa Kredit

Apapun Mobilnya, Pastikan Rawat di RustPro! Dijamin Awet dengan Garansi Hingga 8 Tahun!

Buat Anda para pemilik mobil, baik itu mobil baru atau pun mobil lama, pastikan sudah merawatnya di RustPro!

Hal ini karena cuma RustPro, satu-satunya salon mobil di Indonesia yang menyediakan layanan perawatan mobil dengan jaminan garansi hingga 8 tahun.

Layanan RustPro yang dijamin garansi 8 tahun ini adalah layanan anti karat mobil. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mencegah kerusakan dan pengeroposan pada komponen mobil Anda yang disebabkan oleh karat atau korosi.

Datangnya karat tidak dapat diduga-duga, oleh karena itu pastikan Anda segera melapisi mobil kesayangan Anda dengan cat pelapis anti karat supaya komponennya terlindungi secara optimal dari zat kima korosif penyebab karat.

Segera hubungi Customer Service kami untuk diarahkan ke cabang RustPro terdekat melalui nomor WA di bawah ini:
CS 1: 0813-1150-2678
CS 2: 0856-9326-7772

Anda juga bisa melihat info-info menarik lainnya seputar layanan kami melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

Selain anti karat, RustPro juga menyediakan beragam layanan perawatan lainnya, mulai dari coating & detailing hingga pemasangan kaca film.

Teruntuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang RustPro yang berlokasi di bawah ini.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan membeli mobil secara cash dan kredit.

Jadi, Anda berencana beli mobil cash atau kredit nih?

Pastikan mempertimbangkannya secara matang ya, supaya tidak membebankan Anda secara finansial ke depannya!

RUSTPRO

It's My Responsibility