5 Penyebab Bunyi Gesekan pada Roda Depan Mobil dan Solusinya

Bunyi gesekan pada roda depan mobil

Bunyi gesekan pada roda depan mobil bisa menjadi petanda. Jika, ada kerusakan atau gangguan pada roda depan mobil. Bagi orang awam, tentu saja akan lebih sulit untuk mengetahui sebab dari bunyi gesekan tersebut. Bahkan, sebagian besar mengabaikan bunyi tersebut dan menganggapnya remeh.

Seperti yang diketahui Bunyi gesekan pada roda depan mobil, roda merupakan bagian mobil yang sering berinteraksi dengan jalan. Kerusakan atau gangguan pada bagian ini akan sangat mempengaruhi performa jalannya mobil. Tidak hanya itu, gangguan pada bagian ini juga bisa mempengaruhi keselamatan selama berkendara.

Karena itu Bunyi gesekan pada roda depan mobil, kerusakan dan gangguan pada bagian ini tidak boleh diremehkan. Karena jika, tidak diketahui dengan segera penyebabnya. Mungkin saja, kerusakannya bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal. Apalagi, jika yang bermasalah adalah roda depan mobil.

Tidak ada salahnya bagi pemilik kendaraan, walaupun awam dengan mesin mobil, untuk memeriksa. Kiranya apa yang menjadi penyebab bunyi gesekan pada bagian roda depan mobil ini.

5 Sebab Bunyi Gesekan Pada Roda Depan Mobil

Bunyi gesekan pada roda depan mobil

Ada banyak sebab yang bisa menimbulkan Bunyi gesekan pada roda depan mobil. Apapun yang menjadi penyebabnya lebih baik untuk tidak diremehkan. Walaupun pemilik mobil adalah orang yang awam dengan dunia mesin.

Bukannya tidak mungkin untuk menemukan sumber Bunyi gesekan pada roda depan mobil tersebut sendiri. Berikut ini adalah 5 komponen yang sangat mungkin menjadi sebab bunyi gesekan pada bagian depan roda mobil. Ketika suara gesekan ini terdengar. Para pemilik kendaraan bisa langsung memeriksa keenam komponen di bawah ini.

1. Karet Support Shock Breaker

Shock breaker adalah bagian mobil yang berfungsi untuk meredam goncangan. Jadi, bagian dalam mobil tidak akan terlalu bergoncang dan stabil. Shock breaker ini memiliki bagian yang bernama karet support. Berada tepat di atas shock breaker, bagian ini juga yang langsung tersambung dengan badan mobil.

Jika karet support dari shock breaker ini rusak atau aus. Pemilik kendaraan akan mendengarkan bunyi gesekan karet support dengan bodi mobil. Biasanya bunyi ini juga diiringi dengan benturan yang semakin keras pada bagian dalam mobil. Terutama, saat mobil melewati jalan yang bergelombang dan tidak rata.

2. Shock Absorber Tidak Berfungsi

Selain shock breaker, mobil juga memiliki komponen yang berna shock absobser. Bentuknya seperti tabung dan berfungsi untuk mengurangi efek suspensi. Terutama saat melewati jalan yang kurang bagus. Jadi, mobil tidak berguncang atau bergetar secara berlebihan.

Shock absorber biasanya dibuat dengan adanya cairan pada bagian dalamnya. Jika mengalami kerusakan cairan ini bisa bocor dari dalam piston. Kerusakan inilah yang akhirnya menimbulkan bunyi gesekan pada bagian roda depan mobil.

Karena piston yang ada di dalam menabrak bagian dasar tabung pada shock absorber. Bergesekan dengan dinding tabung shock absorber juga.

3. Bushing Lower Arm Mengalami Kerusakan

Bushing arm adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk menahan getaran yang diterima dari bagian ban dan mesin mobil. Sebuah mobil memiliki 8 buah bushing arm yang terletak pada bagian depan dan belakang mobil masing-masing 4 buah.

Bushing arm sendiri berbentuk seperti botol namun dari pipa besi yang memiliki bagian atas dan bagian bawah. Jika pelapis pada bagian bushing lower arm ini rusak atau mungkin menghilang karena penggunaan. Akan terjadi gesekan antara komponen lain dengan bushing arm akibatnya terdengar bunyi gesekan.

4. Bushing Upper Arm Mengalami Kerusakan

Sama seperti bushing lower arm, pada bagian atas bushing arm juga ada pelapis yang melindungi komponen. Jika pelapis ini rusak atau mungkin menghilang karena penggunaan. Maka akan terdengar bunyi gesekan yang disebabkan oleh bushing arm bagian atas dengan komponen lain.

Apalagi pada mobil yang menggunakan suspensi tipe double wishbone. Bushing arm bisa menjadi tipis karena lapisan karetnya yang hilang. Hal ini berkaitan dengan penggunaan yang kasar dan perawatan yang jarang.

5. Ball Joint Sudah Tidak Dapat Bertahan

Ball Joint adalah sebuah engsel yang dapat berputar sampai 360 derajat. Karena itu, fungsi utamanya adalah memungkinkan roda mobil untuk berbelok. Selaras dengan kemudi yang ada di atasnya. Kerusakan pada bagian ini bisa menjadi sangat fatal. Karena, tidak hanya mempengaruhi roda saja namun juga kemudi.

Jika bagian ini rusak atau tidak dapat bertahan karena penggunaan berlebihan. Bunyi gesekan akan terdengar terutama saat pengemudi sedang membelokan kemudi. Kerusakan yang lebih lanjut akan membuat kemudi pada mobil lebih sulit untuk dikendalikan.

Bahkan bisa membuat kemudi mobil bisa menjadi stuck. Tentu saja, hal ini akan sangat berbahaya apalagi bagi keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

Bunyi gesekan yang terdengar pada bagian depan roda mobil mungkin saja diatasi sendiri. Apalagi jika, pemilik kendaraan sudah mengetahui masalah dan sebabnya. Namun, akan lebih baik untuk mencari solusi ke pihak yang lebih profesional. Terutama, jika kerusakannya sudah menyangkut keamanan berkendara.

Solusi untuk Bunyi Gesekan Pada Roda Depan Mobil

Setelah mengetahu sebab dari bunyi gesekan pada roda depan mobil, selanjutnya akan dibahas solusi dari masalah ini. Seperti yang dituliskan sebelumnya, bisa saja pemilik kendaraan menyelesaikan masalah ini. Namun, ada baiknya untuk membawanya ke pihak yang lebih profesional.

Apalagi, masalah ini sangat berkaitan dengan keselamatan pengemudi dan penggunaan kendaraan di jalanan. Jika, dilihat secara keseluruhan sebenarnya penyebab dari bunyi gesekan ini relatif sama. Yaitu, karena berkurangnya lapisan pelindung komponen, penggunaan yang kurang halus, dan kurangnya peralatan pada mobil.

Jadi, bisa dikatakan solusi utama untuk mengatasi bunyi gesekan ini adalah melakukan perawatan yang tepat pada mobil. Mobil adalah perangkat yang sebagian besarnya terbuat dari besi karena itu pelapis anti karat sangatlah diperlukan. RUSTPRO bisa menjadi perawatan anti karatan terbaik yang bisa dipilih oleh para pemilik kendaraan.

Tidak hanya mencegah karat pada komponen mobil Bunyi gesekan pada roda depan mobil, RUSTPRO juga memiliki banyak kelebihan lain. Dibuat dari bahan dasar rubber atau karet membuatnya lebih efektif dibandingkan dengan bahan dasar lain. Seperti bahan pelapis yang menggunakan bahan aspal.

Kegunaan dari bahan rubber ini tidak hanya sekedar untuk melindungi dari karat. Namun juga, memiliki fungsi peredam suara dan pengurang gesekan Bunyi gesekan pada roda depan mobil. Bahkan bahan ini bisa mengurangi suara dari luar mobil sampai 20dB. Membuat jalannya mesin mobil lebih tenang, tidak berisik, dan lebih mulus.

Ketahanan bahan ini dari air juga sangat luar biasa. Tidak hanya sekedar air, bahan ini tahan pada air hujan, air panas, bahkan air garam. Membuat RUSTPRO sangat ideal untuk digunakan pada berbagai macam iklim dan cuaca. Apalagi, untuk iklim tropis seperti di Indonesia, treatment RUSTPRO bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jadikan RUSTPRO sebagai solusi dari bunyi gesekan pada roda depan mobil anda. Dapatkan dengan segera perlindungan muktahir dengan jaminan garansi hingga 8 tahun lamanya untuk kendaraan anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.