❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini Cara Bayar Pajak Mobil Online, Jangan Bingung!

cara bayar pajak mobil online

Dulu, membayar pajak mobil seringkali memakan waktu dan tenaga karena melibatkan kunjungan langsung ke kantor pajak atau SAMSAT.

Namun, dengan kemunculan platform digital dan aplikasi berbasis teknologi, proses ini telah berubah menjadi lebih efisien dan praktis.

Kali ini, rustpro.id akan mengajak Anda untuk menjelajahi cara bayar pajak mobil online, yang dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan yang tak terhingga.

Dalam hal ini, langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pajak mobil secara online akan diuraikan secara komprehensif, sehingga dapat membantu Anda menghindari kerumitan yang biasanya terjadi dalam proses pembayaran pajak secara konvensional.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Inilah dia cara membayar pajak mobil secara online melalui aplikasi yang bernama SIGNAL:

Cara Membayar Pajak Mobil Tahunan

1. Unduh Aplikasi SIGNAL

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membayar pajak mobil online adalah mengunduh aplikasi SIGNAL atau singkatan dari Samsat Digital Nasional melalui Google Play Store atau App Store.

Aplikasi ini merupakan solusi terpercaya yang dikembangkan langsung oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) supaya memudahkan para pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak mobil secara online.

2. Siapkan Data Pribadi Anda

Sebelum memulai proses pembayaran pajak mobil tahunan secara online, pastikan Anda telah menyiapkan data pribadi yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone yang aktif, dan informasi lainnya sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh aplikasi SIGNAL.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

3. Plih Menu “Tambah Data Kendaraan Bermotor”

Setelah data pribadi Anda siap, langkah selanjutnya dalam cara bayar pajak mobil online adalah membuka aplikasi SIGNAL dan temukan menu yang sesuai untuk menambahkan data kendaraan bermotor.

Menu ini dapat Anda temukan di halaman utama aplikasi SIGNAL.

Setelah Anda menemukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melengkapi informasi kendaraan Anda, seperti Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor atau biasa disebut dengan nomor plat, kemudian 5 digit terakhir nomor rangka mesin, dan data-data lainnya.

4. Pilih Metode Penyerahan Dokumen Pembayaran

Apabila sudah selesai memasukkan data diri dan data kendaraan bermotor, selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih metode penyerahan dokemen pembayaran pajak mobil tahunan.

Anda dapat memilih ingin mengambilnya sendiri di SAMSAT terdekat, atau dikirim langsung ke alamat Anda.

Jika Anda memilih untuk dikirim langsung ke alamat Anda, maka silahkan masukkan alamat lengkap tempat tinggal Anda, kemudian pilih jenis pengirimannya.

5. Pilih Metode Pembayaran

Setelah semua data dimasukkan dengan benar, tahapan berikutnya dalam cara bayar pajak mobil online tahunan adalah Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran.

Di sini, Anda akan diberikan beberapa opsi metode pembayaran, seperti transfer bank atau menggunakan dompet digital.

Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembayaran dengan benar.

6. Tunggu Konfirmasi dan Proses Pengiriman Dokumen

Setelah Anda berhasil melakukan pembayaran, Anda akan menerima konfirmasi pembayaran melalui aplikasi SIGNAL atau melalui email yang Anda daftarkan.

Dokumen bayar pajak mobil online Anda akan diproses dan akan dikirimkan ke alamat tujuan yang telah Anda berikan.

Tunggulah hingga dokumen tersebut sampai dengan aman di tempat tujuan dan alur pembayaran pajak mobil online pun selesai.

Cara Membayar Pajak Mobil 5 Tahunan

Bayar pajak mobil online tampaknya belum bisa dilakukan untuk pembayaran pajak 5 tahunan.

Hal ini karena terdapat tahapan yang mengharuskan kendaraan Anda dicek oleh petugas, seperti pengecekan fisik dan penggantian plat nomor.

Oleh karena itu, untuk membayar pajak mobil 5 tahunan, Anda perlu mendatangi Kantor SAMSAT terdekat.

Untuk mengetahui cara bayar pajak mobil di SAMSAT, simak ulasannya berikut ini!

Cara Bayar Pajak Mobil di SAMSAT

1. Ambil Permohonan Cek Fisik Kendaraan

Langkah pertama dalam alur pembayaran pajak mobil 5 tahunan di SAMSAT adalah mengambil permohonan cek fisik kendaraan di kantor SAMSAT terdekat.

Permohonan ini diperlukan untuk memastikan bahwa kendaraan Anda memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh pemerintah.

2. Lakukan Cek Fisik Kendaraan

Setelah data di formulier permohonan cek fisik kendaraan diisi, Anda akan diarahkan untuk menuju lokasi tempat cek fisik kendaraan.

3. Ambil Formulir Pendaftaran Pajak STNK

Apabila tahap cek fisik sudah dilewati, tahap selanjutnya dalam cara bayar pajak mobil 5 tahunan di SAMSAT berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran pajak STNK.

Formulir ini memuat informasi penting yang diperlukan untuk proses pembayaran pajak dan perpanjangan STNK, seperti Nomor Registrasi Kendaraan, Data Pemilik, dan informasi penting lainnya.

5. Ambil Nomor Antrian dan Siapkan Dokumen Syarat

Setelah mengisi formulir, Anda akan diberikan nomor antrian oleh petugas.

Sambil menunggu giliran Anda dipanggil, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses pembayaran.

Adapun dokumen syarat bayar pajak mobil 5 tahunan, diantaranya:

  • KTP asli dan fotokopi,
  • STNK asli dan fotokopi.
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi,
  • NPWP perusahaan, SIUP perusahaan, TDP perusahaan, dan fotokopi domisili perusahaan jika pajak yang dibayarkan adalah untuk mobil dinas.
  • Surat kuasa bermaterai bilai pembayaran pajak dilimpahkan ke orang lain.

6. Tunggu Nama Anda Dipanggil untuk Pembayaran

Tunggu hingga nama Anda dipanggil oleh petugas loket untuk melakukan pembayaran.

Setelah dipanggil, berikan dokumen-dokumen yang telah disiapkan dan lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.

7. Tunggu Proses Pengesahan dan Pencetakan STNK Baru

Setelah Anda melakukan pembayaran, dokumen Anda akan diproses oleh petugas.

Anda perlu bersabar sejenak sambil menunggu proses pengesahan dan pencetakan STNK yang baru selesai.

Biasanya, petugas tidak membutuhkan waktu lama untuk mencetak dokumen STNK yang baru, sekitar 5-10 menit.

8. Tunggu Pencetakan Plat Nomor Baru Selesai

Apabila STNK yang baru sudah jadi, tahapan bayar pajak mobil 5 tahunan di SAMSAT belum selesai.

Anda masih harus menunggu untuk proses pencetakan plat nomor yang baru.

Nah, jika Anda sudah menerima plat nomor yang baru, artinya proses pembayaran pajak STNK mobil 5 tahunan di SAMSAT sudah selesai.

Baca Juga: Cara Menghitung Denda Pajak Mobil, Bulanan & Tahunan

Ingin Mobil Awet dan Tahan Lama? Semprot Anti Karat di RustPro Aja! Ada Garansi 8 Tahun!

Jika Anda ingin mobil tetap dapat dipakai atau memiliki tampilan memukau, seperti baru keluar dari pabrik, untuk waktu yang lama, layanan RustPro anti karat mobil adalah solusinya!

Dengan jaminan garansi hingga 8 tahun, mobil Anda dijamin akan terhindar dari kerusakan akibat karat untuk jangka waktu yang lama.

Terlebih lagi, selama periode garansi tersebut, Anda berhak mendapatkan layanan perawatan berupa penyemprotan ulang cat anti karat secara GRATIS!

Hemat biaya banget, bukan?

Makanya, buruan reservasi jadwal layanan sekarang dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678.

Ada promo spesial dari RustPro, yakni DISKON 30% untuk seluruh layanan perawatan mobil.

Selain anti karat mobil, RustPro juga menyediakan layanan coating & detailing, serta pemasangan kaca film.

Untuk info lengkap mengenai biaya pemasangan anti karat mobil dan layanan perawatan mobil lainnya, Anda dapat mengunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya, Anda dapat mengunjungi cabang RustPro yang tersedia di alamat-alamat berikut ini.

RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro cabang Cirendeu, Tangerang

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

RustPro BSD

Lokasi: Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

RustPro Kalimalang

Jl. Inspeksi Kalimalang Kota No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450.

RustPro Cibubur

Kota Wisata Cibubur, Canadian Broadway Ruko Commpark Blok E No.32-33 Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Limus Nunggal, Cibubur, Kec. Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820.

Itulah dia cara bayar pajak mobil online melalui aplikasi SIGNAL dan cara bayar pajak mobil 5 tahunan di SAMSAT.

Pastikan Anda memperhatikan tanggal berakhirnya pajak kendaraan Anda supaya Anda tidak telat membayarnya.

Apabila Anda telah sehari saja, maka Anda akan dikenakan sanksi berupa denda karena telah menunggak pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, jangan tunggu pajak mobil Anda mati! Segera perpanjang jika sudah mendekati masa berakhirnya pajak kendaraan!

RUSTPRO

It's My Responsibility