❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini Cara Beli Mobil di Showroom secara Cash dan Kredit

begini cara beli mobil di showroom

Memasuki showroom mobil, dengan baris kendaraan yang mengilap dan bau mobil baru yang khas, adalah pengalaman yang menegangkan dan memikat.

Apakah Anda seorang pembeli mobil pertama kali atau sudah berpengalaman, proses pembelian mobil baru bisa terasa membingungkan dengan berbagai opsi dan keputusan yang perlu dibuat.

Melalui artikel ini, rustpro.id akan membagikan informasi mengenai cara beli mobil di showroom, mulai dari pembelian secara cash hingga pembelian secara kredit.

Cara Beli Mobil di Showroom secara Cash

Berikut adalah sejumlah cara membeli mobil di showroom secara cash

1. Pilih Mobil yang Diinginkan

Langkah pertama dalam pembelian mobil di showroom secara cash adalah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Kunjungi showroom yang terpercaya dan lakukan riset mengenai model, spesifikasi, serta fitur-fitur yang diinginkan.

Pertimbangkan aspek seperti efisiensi bahan bakar, keandalan merek, desain interior, dan teknologi yang tersedia.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan dan meminta test drive agar Anda dapat merasakan langsung pengalaman berkendara sebelum membuat keputusan.

2. Siapkan Uang Sesuai Jumlah Nominal Harga Mobil

Setelah memilih mobil yang diinginkan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan dana. Pembelian secara cash membutuhkan Anda untuk membayar harga penuh mobil sekaligus.

Ini berarti, Anda harus memiliki uang tunai atau cek dengan jumlah yang sesuai dengan harga mobil yang telah ditetapkan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Pastikan Anda mengetahui total biaya akhir termasuk pajak, biaya administrasi, dan biaya tambahan lainnya sehingga Anda dapat menyiapkan jumlah yang tepat.

3. Siapkan Dokumen Administrasi

Cara beli mobil di showroom secara cash berikutnya adalah Anda perlu menyiapkan sejumlah dokumen administrasi.

Dokumen-dokumen ini biasanya meliputi identitas diri seperti KTP, NPWP, dan dokumen pendukung lain seperti bukti alamat.

Pastikan dokumen ini valid dan terbaru. Hal ini akan memudahkan proses administrasi pembelian dan menghindari keterlambatan atau masalah yang tidak perlu.

4. Terima Surat Pemesanan Kendaraan

Setelah menyetujui harga dan menyelesaikan pembayaran, Anda akan menerima Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Dokumen ini merupakan bukti resmi pemesanan mobil Anda dan berisi detail transaksi, termasuk spesifikasi mobil, harga, dan tanggal pengiriman.

Periksa dengan teliti dan pastikan semua informasi sudah benar sebelum Anda menandatangani SPK.

5. Serah Terima Mobil Baru

Langkah terakhir dalam cara beli mobil di showroom secara cash adalah serah terima mobil baru. Ini biasanya dilakukan di showroom tempat Anda membeli mobil.

Saat serah terima, periksa dengan teliti kondisi mobil baru Anda. Pastikan semua fitur berfungsi dengan baik, tidak ada kerusakan atau cacat, dan semua aksesoris yang dijanjikan ada di dalam mobil.

Setelah Anda puas, biasanya akan ada proses penyerahan kunci dan buku manual mobil. Dengan selesainya proses ini, Anda resmi menjadi pemilik mobil baru tersebut.

Cara Beli Mobil di Showroom secara Kredit

Sementara itu, bagi Anda yang berencana membeli mobil di showroom secara kredit, berikut adalah panduan lengkap yang harus Anda perhatikan.

1. Tentukan Pilihan Mobil

Langkah pertama dalam cara beli mobil di showroom secara kredit adalah menentukan mobil yang ingin Anda beli. Pertimbangkan kebutuhan, gaya hidup, dan anggaran Anda.

Apakah Anda membutuhkan mobil keluarga yang luas, atau sebuah mobil kompak untuk mobilitas di kota? Kunjungi showroom untuk melihat langsung dan test drive mobil yang telah Anda incar.

2. Siapkan Dokumen

Adapun dokumen yang perlu Anda siapkan untuk pembeli mobil di showroom secara kredit.

Dokumen yang diperlukan biasanya meliputi identitas pribadi (KTP), NPWP, kartu keluarga, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya yang menunjukkan kemampuan Anda untuk membayar kredit. Pastikan semua dokumen dalam keadaan terbaru dan valid.

3. Pilih Leasing Terpercaya

Sedikit berbeda dengan cara beli mobil secara cash, cara beli mobil di showroom secara kredit Anda perlu memilih perusahaan leasing.

Pilihlah lembaga pembiayaan atau leasing yang kredibel dan memiliki reputasi baik. Leasing terpercaya akan memberikan Anda penawaran suku bunga yang kompetitif dan pelayanan yang memuaskan.

Jangan ragu untuk bertanya kepada dealer atau mencari rekomendasi dari teman dan keluarga.

4. Tentukan Masa Kredit

Masa kredit bisa berkisar dari satu tahun hingga lima tahun atau lebih. Pertimbangkan kemampuan finansial Anda dalam jangka panjang.

Masa kredit yang lebih panjang mungkin menurunkan cicilan bulanan, tapi perlu diingat bahwa ini juga bisa meningkatkan jumlah bunga yang harus dibayar.

5. Pertimbangkan Down Payment dan Suku Bunga

Uang muka (down payment) dan suku bunga adalah dua faktor yang sangat mempengaruhi total pembayaran kredit Anda.

Down payment yang lebih besar bisa mengurangi jumlah cicilan bulanan dan total bunga. Sementara itu, suku bunga yang rendah akan mengurangi biaya total kredit mobil Anda.

Lakukan perhitungan yang teliti untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara down payment dan suku bunga.

6. Siapkan Dokumen Persyaratan Kredit Mobil

Langkah terakhir dalam cara membeli mobil di showroom secara kredit adalah menyiapkan dokumen persyaratan kredit mobil.

Sebelum Anda menandatangani perjanjian kredit, lembaga pembiayaan akan meminta Anda untuk melengkapi dokumen persyaratan.

Ini umumnya meliputi formulir aplikasi kredit, bukti penghasilan, dan dokumen pribadi lainnya. Pastikan Anda memahami semua syarat dan ketentuan yang tercantum dalam perjanjian.

Membeli mobil secara kredit membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang matang.

Dengan memilih mobil yang tepat, menyiapkan dokumen yang diperlukan, memilih leasing yang terpercaya, menentukan masa kredit yang sesuai, serta mempertimbangkan down payment dan suku bunga dengan bijak, Anda akan dapat menikmati kendaraan baru Anda dengan ketenangan pikiran.

Pastikan untuk membaca dan memahami semua persyaratan dalam perjanjian kredit sebelum menandatanganinya.

Dengan persiapan yang cermat, proses pembelian mobil di showroom secara kredit bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bebas stres.

Baca Juga: 7 Tips Cara agar Harga Jual Mobil Naik dengan Stabil

Apapun Mobilnya, Rawat di RustPro Biar Ga ‘Boncos’ Biaya Perawatan!

Hal yang kerap membuat ‘boncos’ biaya pengeluaran pasca membeli mobil adalah merawatnya supaya tidak mudah rusak.

Salah satu perawatan yang penting namun seringkali dilupakan pemilik mobil adalah melindunginya dari bahaya karat dan korosi.

Banyak dari para pemilik mobil yang enggan melakukan perawatan ini karena dinilai tidak terlalu penting untuk kesehatan mobil.

Padahal, karat sangat dapat mengancam struktur mobil. Sasis, bagian mobil yang paling mudah berkarat, apabila sudah terserang karat dapat membuatnya menjadi keropos dan patah.

Jika hal ini terjadi, tentu biaya restorasinya akan jauh lebih mahal dibanding biaya perawatannya.

Nah, RustPro menawarkan solusi hemat buat Anda yang ingin melindungi mobil kesayangan dari karat dan korosi.

Melalui layanan anti karat mobil bergaransi, RustPro menjamin harga termurah dibanding bengkel anti karat mobil lainnya.

Layanan anti karat mobil di RustPro akan dijamin garansi selama 8 tahun dengan tambahan layanan maintenance setiap tahunnya secara GRATIS. Sangat hemat biaya, bukan?

Makanya, tunggu apa lagi? Buruan daftarkan mobil Anda di RustPro sekarang! Silahkan hubungi CS kami melalui WA di bawah ini:

CS 1: 0813-1150-2678
CS 2: 0856-9326-7772

Di RustPro juga, Anda bisa mendapatkan beragam layanan perawatan lainnya, seperti coating & detailing dan pemasangan kaca film.

Anda juga bisa mengunjungi kami di Instagram melalui @rustpro_indonesia untuk melihat info dan konten menarik seputar layanan RustPro.

Untuk Anda yang berdomisili di wilayah sekitar Cirebon dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang RustPro terdekat yang berada di lokasi berikut ini.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

Demikianlah informasi mengenai cara beli mobil di showroom, baik itu secara cash maupun kredit.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, proses pembelian mobil baru di showroom tentu akan berjalan lancar dan menyenangkan.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua aspek transaksi telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda agar pengalaman membeli mobil baru menjadi momen yang tak terlupakan.

RUSTPRO

It's My Responsibility