❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Cara Melacak Mobil Hilang dengan Plat Nomor secara Online

cara melacak mobil hilang dengan plat nomor

Mobil hilang dapat menjadi pukulan telak bagi pemiliknya. Ketika kendaraan yang biasanya setia menemani setiap perjalanan tiba-tiba menghilang tanpa jejak, kecemasan dan ketidakpastian dapat melanda.

Namun, dengan kemajuan teknologi dan layanan yang disediakan oleh lembaga pemerintah, cara melacak mobil hilang dengan plat nomor menjadi lebih mudah dan efisien.

Artikel ini akan membantu Anda dalam mencari cara melacak mobil hilang, mulai dari menggunakan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), hingga melakukan beberapa aksi, seperti melapor polisi, mengecek rekaman CCTV, dan berbagi informasi di media sosial.

Cara Melacak Mobil Hilang dengan Plat Nomor

Inilah 3 (tiga) cara melacak mobil hilang dengan plat nomor secara online:

1. Melalui Aplikasi SAMSAT Nasional

Cara melacak mobil hilang dengan plat nomor dapat dengan mudah dilakukan dengan mengakses aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL). Untuk melacak melalui aplikasi ini, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu melalui formulir yang telah disediakan.

Pada form tersebut, Anda akan diminta data diri berupa nama lengkap, NIK, nomor telepon, alamat email, dan kata sandi. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk memverifikasi foto KTP dengan wajah asli Anda melalui foto selfie.

Setelah itu, masukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui nomor telepon Anda, dan lanjutkan dengan melakukan verifikasi ulang melalui tautan yang akan dikirimkan melalui email yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda tak perlu lagi mengakses berbagai situs web untuk setiap daerah karena semuanya terintegrasi dalam satu aplikasi ini.

2. Melalui Website SAMSAT

Selain melalui aplikasi, Anda juga dapat melacak mobil hilang melalui situs web resmi SAMSAT. Sedikit berbeda dengan cara melacak mobil hilang dengan plat nomor melalui aplikasi SIGNAL, cara melacak melalui website ini agak sedikit rumit.

Hal ini karena Anda perlu mengetahui alamat website dari masing-masing SAMSAT provinsi tempat nomor polisi mobil Anda diterbitkan. Misalnya, plat mobil Anda diterbitkan di wilayah Bandung, maka Anda perlu mengakses alamat website SAMSAT Jawa Barat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Berikut telah kami rangkum alamat website SAMSAT dari beberapa Provinsi:

  • Jakarta https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Jawa Timur https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/
  • Jawa Tengah https://bapenda.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  • Kalimantan Timur http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php
  • Kalimantan Tengah https://e-samsat.id/kalimantan-tengah/palangka-raya/
  • Kalimantan Barat https://bapenda.kalbarprov.go.id/web/berAnda
  • Kalimantan Selatan https://e-samsat.id/kalimantan-selatan/banjarmasin/
  • Aceh https://esamsat.acehprov.go.id/
  • Lampung http://pkb.bapenda.lampungprov.go.id/pkb/
  • Riau https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  • Sumatera Barat https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html
  • Sumatera Utara https://bpprd.sumutprov.go.id/e-samsat/pages/index.php?temp=menu3
  • Sumatera Selatan http://bapenda.sumselprov.go.id/

3. Melalui SMS

Selain melalui aplikasi dan website resmi, cara melacak mobil hilang dengan plat nomor juga bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS ke nomor Customer Service SAMSAT.

Namun, perlu diketahui juga bahwa melacak mobil hilang melalui cara ini harus menyesuaikan nomor Customer Service dengan SAMSAT dari provinsi masing-masing.

Berikut adalah contoh pengiriman SMS untuk pengecekan nomor plat mobil ke SAMSAT Jawa Barat yang dikutip dari auto2000.co.id:

Ketik: poldajbr (nopol mobil)
Kirim ke: 39977
Contoh: poldajbr D8888FU

Baca Juga: Cara Blokir STNK Mobil Online yang Dijual, Cukup Dari HP!

Cara Melacak Mobil Hilang

Sementara itu, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melacak mobil hilang selain menggunakan layanan SAMSAT, Anda dapat menggunakan beberapa cara melacak mobil hilang berikut ini:

1. Laporkan kepada Pihak Berwenang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah segera melaporkan kehilangan mobil kepada pihak berwenang, seperti kepolisian setempat. Berikan informasi rinci tentang mobil, termasuk nomor plat, merek, model, warna, dan ciri-ciri khusus lainnya.

Semakin cepat Anda melaporkan kehilangan mobil, semakin besar peluang untuk menemukannya.

2. Periksa Rekaman CCTV

Jika kendaraan Anda hilang dari tempat parkir tertentu, periksa apakah ada rekaman CCTV di sekitar area tersebut. Informasikan kepada pihak berwenang tentang adanya CCTV yang mungkin merekam peristiwa kehilangan mobil Anda.

3. Berbagi Informasi di Media Sosial

Cara melacak mobil hilang berikutnya adalah dengan berbagi informasi di media sosial. Posting informasi dan foto mobil di akun media sosial Anda dan minta teman-teman Anda untuk berbagi informasi tersebut.

Dalam beberapa kasus, informasi yang tersebar di media sosial dapat membantu menemukan kendaraan yang hilang.

4. Bekerja Sama dengan Komunitas Kendaraan

Bergabunglah dengan komunitas kendaraan lokal atau forum online yang fokus pada melacak dan menemukan mobil yang hilang. Komunitas seperti ini biasanya memiliki pengalaman dan sumber daya untuk membantu mencari kendaraan yang hilang.

5. Jangan Melakukan Tindakan Sendiri

Hal terpenting dalam cara melacak mobil hilang adalah jangan pernah melakukan tindakan sendirian atau menyelidiki secara pribadi tanpa bantuan pihak berwenang. Hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda dan menyulitkan proses penyelidikan pihak berwenang.

6. Bekerja Sama dengan Pihak Asuransi

Cara lainnya untuk melacak mobil hilang adalah dengan bekerja sama dengan pihak asuransi. Jika mobil Anda diasuransikan, laporkan kehilangan mobil kepada perusahaan asuransi.

Beberapa perusahaan asuransi memiliki layanan pelacakan mobil yang hilang, dan mereka dapat membantu dalam proses pemulihan kendaraan Anda.

Ingin Merawat Mobil Kesayangan? Di RustPro Aja, Ada Jaminan Garansi!

RustPro menyediakan berbagai macam layanan perawatan mobil, mulai dari coating & detailing, pemasangan anti karat, hingga pemasangan kaca film. Seluruh layanan di RustPro dijamin dengan jaminan garansi!

Layanan coating di RustPro menggunakan produk coating berteknologi Graphene 10+ yang memiliki daya ketahanan sangat lama dalam melindungi mobil dari debu dan goresan. Jaminan garansi untuk layanan ini adalah 3 tahun.

Kemudian untuk pemasangan anti karat, kami menggunakan produk cairan anti karat berbahan dasar rubber yang memiliki tingkat ketahanan lebih lama dibanding bahan aspal atau tar yang digunakan oleh bengkel-bengkel umum. Tidak tanggung-tanggung, layanan ini dijamin garansi hingga 8 tahun!

Lalu untuk pemasangan kaca film, RustPro menggunakan produk dari Dokter Mobil Indonesia, yakni Domo Film yang memiliki fitur menghalau sinar matahari masuk ke dalam kabin mobil hingga 99%. Produk ini juga memiliki garansi yang tidak tanggung-tanggung, yaitu 8 tahun!

RustPro buka dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam. Jadi buat Anda yang disibukkan dengan aktivitas di pagi dan siang hari, ga perlu khawatir. Kami buka sampai malam dan ada DISKON 40% untuk pengerjaan di antara jam 5 sore hingga 10 malam.

Segera hubungi Customer Service kami untuk info lengkap dan pemesanan jadwal layanan melalui nomor WhatsApp 0813-1150-2678. Kami juga ada di Instagram jika Anda ingin melihat info dan konten menarik seputar layanan RustPro di @rustpro_indonesia.

Untuk wilayah Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya, workshop RustPro tersedia di alamat-alamat berikut ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Demikianlah informasi seputar cara melacak mobil hilang dengan plat nomor.

Kesimpulannya, jika Anda mengalami pengalaman mobil hilang, lakukan pelacakan dengan mengakses layanan yang disediakan oleh SAMSAT, baik itu melalui aplikasi, website, ataupun SMS.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa aksi, seperti melapor ke polisi, mengecek CCTV, hingga berbagi informasi di media sosial.

Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan kendaraan Anda dengan menggunakan sistem keamanan yang efektif, seperti alarm dan kunci ganda, serta menghindari meninggalkan kunci kendaraan dalam mobil.

Semakin waspada dan proaktif Anda dalam menjaga keamanan mobil, semakin kecil peluang untuk menghadapi situasi mobil hilang.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility