❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini 4 Cara Mengatasi Gas Mobil Kosong

cara mengatasi gas mobil kosong

Sebuah perjalanan yang mulus dengan menggunakan mobil dapat tiba-tiba berubah menjadi mimpi buruk ketika gas mobil tiba-tiba terasa kosong.

Penyebab gas mobil kosong pun beragam, mulai dari masalah pada filter bahan bakar, masalah pada sistem transmisi, hingga kondisi mesin yang overheat.

Nah, kali ini rustpro.id akan mengajak Anda untuk mengenali apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi gas mobil kosong.

Penyebab Gas Mobil Kosong

Berikut adalah beberapa penyebab dari gas mobil yang terasa kosong ketika diinjak:

1. Kotoran di Tangki Bahan Bakar

Salah satu penyebab umum gas mobil yang kosong adalah adanya kotoran di dalam tangki bahan bakar.

Tangki bahan bakar adalah tempat di mana bahan bakar disimpan sebelum digunakan oleh mesin.

Namun, seiring berjalannya waktu, kotoran seperti debu, kerak, dan partikel lainnya dapat masuk ke dalam tangki melalui berbagai cara.

Salah satunya adalah melalui nozzle saat mengisi bahan bakar di pompa. Partikel-partikel ini dapat mengendap di dasar tangki seiring waktu dan menyebabkan berbagai masalah.

2. Mesin yang Overheat

Overheating atau mesin yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebab gas mobil kosong.

Ketika mesin mobil mengalami overheating, efisiensi bahan bakar dapat menurun secara signifikan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Ini disebabkan oleh kerja mesin yang tidak optimal saat suhu mesin melampaui batas yang aman.

Overheating bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kurangnya cairan pendingin atau masalah dengan sistem pendingin.

3. Filter Udara Tersumbat

Filter udara yang tersumbat adalah masalah umum dalam mobil yang dapat mengakibatkan masalah konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.

Filter udara bertugas menyaring udara yang masuk ke dalam mesin untuk mencampur dengan bahan bakar.

Jika filter udara tersumbat, aliran udara ke mesin akan terbatas, menyebabkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi.

4. Masalah pada Transmisi Mobil

Transmisi adalah komponen penting dalam sistem kendaraan yang mengatur perpindahan gigi dan pengiriman daya dari mesin ke roda.

Jika terdapat masalah pada transmisi mobil, seperti slipping transmission atau perpindahan gigi yang tidak lancar, maka mesin akan bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada biasanya.

Hal ini dapat menjadi penyebab gas mobil kosong dengan cepat.

5. Sensor Oksigen Rusak

Penyebab gas mobil kosong lainnya bisa berasal dari sensor oksigen yang rusak.

Sensor oksigen adalah komponen lain yang berperan penting dalam mengontrol konsumsi bahan bakar dalam mobil.

Sensor ini memantau kadar oksigen dalam gas buang kendaraan dan memberikan informasi kepada mesin untuk mengatur campuran udara-bahan bakar yang optimal.

Jika sensor oksigen rusak atau tidak berfungsi dengan baik, mesin mungkin tidak dapat mengatur campuran dengan benar, mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi daripada seharusnya.

Cara Mengatasi Gas Mobil Kosong

Adapun cara yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi gas mobil yang kosong, yaitu:

1. Periksa Tingkat Bahan Bakar Secara Teratur

Langkah pertama dan paling sederhana untuk mencegah dan mengatasi gas mobil yang kosong adalah dengan secara rutin memeriksa tingkat bahan bakar Anda.

Ini mungkin terdengar seperti hal yang sepele, tetapi seringkali pemilik kendaraan lupa untuk melakukannya.

Jika Anda mengemudi dengan tingkat bahan bakar yang sangat rendah atau mendekati titik kosong, Anda meningkatkan risiko terjebak di jalan tanpa bahan bakar.

Untuk menghindari masalah ini, praktik terbaik adalah mengisi bahan bakar ketika indikator menunjukkan setengah tanki atau lebih rendah.

2. Ganti Filter Bahan Bakar Secara Berkala

Filter bahan bakar adalah komponen penting dalam sistem bahan bakar mobil Anda.

Filter ini bertugas menyaring kotoran, kerak, dan partikel lainnya dari bahan bakar sebelum mencapai mesin.

Seiring waktu, filter bahan bakar akan menjadi tersumbat oleh kotoran yang terkumpul, menyebabkan aliran bahan bakar menjadi terhambat.

Ini dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang tidak efisien dan bahkan kerusakan pada komponen lain dalam sistem bahan bakar.

Untuk mengatasi gas mobil kosong, gantilah filter bahan bakar sesuai dengan panduan yang diberikan dalam buku panduan kendaraan Anda atau dengan frekuensi yang disarankan oleh produsen kendaraan.

Biasanya, penggantian filter bahan bakar direkomendasikan setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer, tetapi hal ini dapat bervariasi tergantung pada jenis filter dan kondisi penggunaan kendaraan Anda.

3. Cek Kondisi Tangki Bahan Bakar Secara Rutin

Tangki bahan bakar adalah tempat di mana bahan bakar disimpan sebelum digunakan oleh mesin.

Penting untuk secara rutin memeriksa kondisi tangki bahan bakar Anda untuk menghindari masalah potensial, seperti gas mobil kosong ketika diinjak.

Pengecekan ini termasuk memeriksa apakah ada kerak yang terbentuk di dalam tangki, apakah ada kebocoran, atau apakah ada korosi pada bagian-bagian tangki.

Jika Anda melihat kerak di dalam tangki bahan bakar, itu bisa menjadi tanda bahwa bahan bakar yang Anda gunakan mengandung kotoran atau air.

Ini dapat merusak sistem bahan bakar Anda dan menyebabkan masalah dengan aliran bahan bakar.

Jika Anda mendeteksi kebocoran atau korosi, segeralah konsultasikan dengan bengkel terdekat untuk perbaikan dan perawatan yang tepat.

4. Rutin Merawat Seluruh Komponen Mobil

Salah satu cara mengatasi gas mobil kosong yang terbaik adalah dengan merawat seluruh komponen mobil secara berkala.

Ini termasuk menjaga mesin dalam kondisi baik dengan mengganti oli sesuai jadwal, memeriksa sistem pendingin, dan menjaga kondisi transmisi serta sistem pengapian dalam keadaan optimal.

Selain itu, pastikan Anda menjalani pemeriksaan rutin di bengkel resmi atau terpercaya.

Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap seluruh sistem kendaraan Anda, termasuk sistem bahan bakar, sehingga Anda dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah potensial sebelum mereka menjadi masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Dia 5 Penyebab Gas Mobil Kosong

Yuk, Cegah dan Atasi Karat pada Mobil bersama RustPro! Ada Garansi Hingga 8 Tahun

Melindungi mobil dari karat atau korosi adalah hal yang seringkali terlewat dalam perawatan mobil.

Padahal, karat yang dibiarkan terlalu lama menempel pada komponen mobil dapat menyebabkan keropos dan biaya perbaikannya pun sangat mahal.

Sebagai pakar perawatan mobil dengan reputasi terbaik, RustPro menawarkan layanan anti karat mobil bergaransi untuk membantu Anda mencegah dan mengatasi masalah karat pada mobil.

Perlindungan anti karat di RustPro akan dijamin oleh garansi hingga 8 tahun. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan secara berkala di seluruh cabang RustPro secara GRATIS.

Kami menggunakan bahan cat pelapis berbahan dasar rubber atau karet yang bersifat tahan air, sehingga perlindungan anti karat pada mobil Anda dijamin dapat bertahan secara optimal.

Yuk, lindungi mobil Anda sekarang dari ancaman karat bersama RustPro dan nikmati DISKON SPESIAL HINGGA 40% untuk seluruh layanan perawatan yang tersedia di RustPro!

Info lengkap dan pemesanan jadwal layanan silahkan hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678!

Temukan informasi menarik lainnya tentang RustPro melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Makassar, silakan kunjungi cabang RustPro terdekat yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Makassar

Lokasi: Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223.

Demikianlah informasi mengenai penyebab gas mobil kosong dan beberapa cara mengatasinya.

Mengatasi gas mobil yang kosong dan mencegahnya adalah hal yang dapat Anda lakukan dengan pemahaman yang baik tentang sistem bahan bakar kendaraan Anda.

Ingatlah bahwa perawatan preventif adalah kunci untuk menjaga mobil Anda tetap andal dan efisien.

RUSTPRO

It's My Responsibility