❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Simak 8 Cara Merawat Mobil Baru agar Ga Mudah Rusak!

8 cara merawat mobil baru

Memiliki mobil baru adalah pengalaman yang menyenangkan, namun juga datang dengan tanggung jawab untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi terbaik.

Untuk membantu Anda dalam merawat mobil baru Anda, artikel ini akan menguraikan beberapa langkah penting yang harus diikuti.

Di bawah ini, rustpro.id telah menyiapkan beberapa informasi seputar cara merawat mobil baru.

So, buat Anda yang tidak ingin mobil barunya cepat rusak dan kehilangan tampilan menawannya, silahkan simak pembahasan ini sampai selesai!

Cara Merawat Mobil Baru

Berikut adalah 8 (delapan) cara yang bisa Anda ikuti dan terapkan dalam merawat mobil baru.

1. Rutin Mencuci Mobil

Salah satu cara paling dasar dalam merawat mobil baru adalah dengan rutin mencuci mobil.

Membersihkan mobil tidak hanya membuatnya tampak bersih dan berkilau, tetapi juga melindungi cat dan finish eksteriornya dari kerusakan.

Debu, kotoran, dan residu yang menempel pada permukaan mobil bisa menyebabkan goresan dan merusak cat jika tidak dibersihkan secara teratur.

Disarankan untuk mencuci mobil setidaknya sekali seminggu menggunakan sabun khusus untuk mobil dan air yang bersih.

2. Hindari Mobil dari Terik Cahaya Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebih bisa merusak cat mobil dan interior, terutama pada mobil baru yang catnya masih sangat sensitif.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Oleh karena itu, cara merawat mobil baru juga mencakup upaya untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh atau menggunakan penutup mobil saat parkir di luar ruangan.

Jika memungkinkan, usahakan untuk memarkir mobil Anda di garasi atau di bawah kanopi untuk mengurangi paparan sinar UV langsung.

3. Bersihkan Bagian Interior secara Rutin

Tips merawat mobil baru berikutnya adalah membersihkan bagian interior secara rutin.

Interior mobil baru juga membutuhkan perhatian khusus.

Debu dan kotoran bisa menumpuk di dalam mobil, menyebabkan ruang interior tampak kusam dan dapat merusak material di dalamnya.

Gunakan pembersih khusus untuk dashboard, kursi, dan bagian interior lainnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan jendela dari dalam agar tetap jernih.

4. Rawat Bagian Mesin

Mesin adalah jantung dari mobil, dan merawatnya dengan baik adalah kunci untuk memastikan mobil baru Anda beroperasi dengan efisien.

Periksa secara rutin level oli, cairan pendingin, dan fluida lainnya. Pastikan juga filter udara dan filter oli dalam kondisi baik dan ganti sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh produsen.

5. Ganti Oli Secara Berkala

Penggantian oli mesin secara berkala adalah langkah penting dalam cara merawat mobil baru.

Oli mesin yang kotor atau sudah terlalu lama digunakan dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Ikuti petunjuk produsen tentang interval penggantian oli dan pastikan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

6. Gunakan BBM Sesuai Jenis Mobil

Pemilihan bahan bakar yang tepat sangat penting untuk kesehatan jangka panjang mobil baru Anda. Gunakan BBM sesuai dengan rekomendasi produsen mobil.

Menggunakan BBM dengan oktan yang lebih tinggi atau lebih rendah dari yang direkomendasikan dapat berpengaruh pada kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.

7. Jaga Cat Mobil dari Jamur

Kelembapan dan kotoran yang menempel dapat menyebabkan jamur pada cat mobil.

Cara merawat mobil baru untuk menghindari hal ini adalah dengan rutin mencuci dan mengeringkan mobil, serta menggunakan wax atau sealant berkualitas untuk melindungi cat.

Jika Anda tinggal di area dengan kelembapan tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan produk anti-jamur khusus.

8. Cegah Sasis Mobil Berkarat

Sasis mobil yang berkarat tidak hanya mengurangi nilai estetika tetapi juga dapat mengganggu keamanan.

Cara merawat mobil baru untuk mencegah karat adalah dengan rutin memeriksa bagian-bagian yang rentan terhadap karat, seperti bagian bawah mobil dan sekitar roda.

Gunakan produk pelindung karat dan pastikan untuk membersihkan area yang terkena garam jalan atau bahan kimia yang bisa mempercepat proses karatan.

Baca Juga: Begini 5 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Baru Beli Mobil? Jauhi dari Karat dan Keropos bersama RustPro! Garansi 8 Tahun!

Untuk Anda yang baru saja membeli mobil, pastikan ia terlindungi secara optimal dari karat atau korosi.

Karat atau korosi merupakan bahaya yang kerap mengintai sebuah mobil dan bisa datang sewaktu-waktu, bahkan bisa membuatnya keropos.

Untuk itu, RustPro hadir dengan layanan anti karat mobil yang mampu mencegah mobil berkarat dan tanda awal pengeroposan.

Dengan menggunakan cat anti karat berbahan rubber, RustPro siap memberikan perlindungan maksimal untuk kendaraan Anda dari ancaman karat yang berpotensi menyebabkan keropos.

Bersama RustPro, mobil Anda tidak hanya terjaga dari karat, tetapi juga memperoleh nilai tambah berupa garansi hingga 8 tahun.

Ini tentu akan memberikan ketenangan pikiran dan kepuasan lebih lama kepada Anda, dengan kepastian bahwa kendaraan Anda terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh karat.

Kunjungi RustPro sekarang dan nikmati kendaraan yang bebas dari risiko keropos yang bisa mengurangi nilai dan keindahan mobil kesayangan Anda.

Selain anti karat, RustPro juga menyediakan layanan perawatan lainnya, seperti coating & detailing, serta pemasangan kaca film.

Hubungi Customer Service kami untuk reservasi jadwal layanan melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Jika Anda berdomisili di wilayah sekitar Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang RustPro yang berlokasi di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itu dia deretan cara merawat mobil baru yang bisa Anda ikuti.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat menjaga mobil baru Anda tetap dalam kondisi prima.

Ingatlah bahwa perawatan yang baik tidak hanya menjaga penampilan mobil, tetapi juga memperpanjang umur operasionalnya, meningkatkan kinerja, dan membantu menjaga nilainya.

Jadi, dedikasikan waktu untuk merawat mobil baru Anda dan nikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

RUSTPRO

It's My Responsibility