❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Cegah Mobil Karatan Dengan 5 Cara Ini!

mobil karatan

Mobil adalah investasi berharga yang perlu kita jaga. Namun, kerusakan alamiah seperti karat dapat mengancam keindahan dan fungsi mobil kita. Melindungi mobil dari karat tidak hanya penting untuk menjaga tampilan mobil, tetapi juga untuk memastikan nilai jualnya.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan informasi mengenai penyebab dan cara-cara efektif untuk mencegah mobil karatan. So, buat Anda yang ingin menjauhi mobil dari karatan, pastikan mengetahui menyimak dan menerapkan cara-cara berikut ini supaya Anda tetap memiliki aset berharga sebagai alat investasi untuk masa mendatang.

Baca Juga: 5 Penyebab Kolong Mobil Avanza Karatan & Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Karatan

Umumnya, penyebab mobil karatan disebabkan oleh paparan dari zat kimia bersifat korosif. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa penyebab mobil karatan juga dapat diakibatkan oleh hal-hal lainnya, yakni diantaranya:

1. Paparan Air dan Udara

Faktor utama yang menyebabkan mobil karatan adalah paparan terhadap air dan udara. Air dan oksigen di udara bereaksi dengan logam pada bodi mobil, proses yang dikenal sebagai oksidasi. Hasil dari oksidasi ini adalah karat, yang jika dibiarkan dapat merusak struktur mobil.

2. Garam Jalan

Garam jalan, yang biasa digunakan untuk melelehkan es dan salju pada musim dingin, bisa menjadi penyebab karat pada mobil. Garam dapat mempercepat proses oksidasi, membuat karat muncul dan menyebar lebih cepat. Itulah mengapa mobil yang sering melewati jalanan yang disiram garam biasanya lebih rentan terhadap karat.

3. Kelembaban Tinggi

Mobil yang berada di daerah dengan tingkat kelembaban tinggi lebih berisiko mengalami karat. Kelembaban tinggi menciptakan kondisi yang ideal untuk oksidasi. Oleh karena itu, jika Anda tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi, Anda perlu lebih ekstra dalam merawat dan melindungi mobil Anda dari karat.

4. Cat yang Rusak

Cat mobil tidak hanya memberikan tampilan yang bagus, tetapi juga berfungsi sebagai pelindung logam dari paparan air dan udara. Jika cat mulai mengelupas atau retak, logam di bawahnya menjadi rentan terhadap oksidasi. Oleh karena itu, cat mobil yang rusak bisa menjadi penyebab karat.

5. Kurangnya Perawatan

Kurangnya perawatan juga bisa menjadi penyebab mobil karatan. Mobil yang tidak dibersihkan secara rutin, tidak dilindungi dengan cat atau waxing, dan tidak diperiksa secara berkala akan lebih rentan terhadap karat.

Cara Mencegah Mobil Karatan

Inilah beberapa cara mencegah mobil karatan yang dapat Anda terapkan:

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

1. Rutin Membersihkan Mobil

Langkah pertama dan paling sederhana untuk mencegah mobil karatan adalah dengan rutin membersihkannya. Debu, kotoran, dan garam yang menempel pada bodi mobil dapat merusak cat dan menyebabkan karat. Oleh karena itu, penting untuk mencuci mobil secara teratur, terutama setelah perjalanan panjang atau saat musim hujan.

2. Gunakan Cat Pelindung

Cat mobil berfungsi lebih dari sekadar estetika. Cat juga berfungsi sebagai pelindung bodi mobil dari paparan langsung dengan udara dan air yang bisa menyebabkan karat. Apabila cat mobil mulai retak atau terkelupas, segera perbaiki dengan cat baru. Anda juga bisa menambahkan lapisan cat pelindung atau waxing secara berkala untuk perlindungan tambahan.

3. Cek dan Bersihkan Bagian Bawah Mobil

Bagian bawah mobil sering terlupakan, padahal area ini paling rentan terkena lumpur dan kotoran yang bisa merusakan lapisan pelindung dan menimbulkan karat. Pastikan untuk memeriksa dan membersihkan bagian bawah mobil secara rutin, terutama setelah melalui jalanan yang berlumpur atau banjir.

4. Gunakan Penutup Mobil

Jika mobil Anda sering diparkir di luar ruangan, investasikan pada penutup mobil berkualitas. Penutup mobil akan melindungi mobil dari paparan sinar matahari, hujan, dan debu yang bisa merusak cat dan menimbulkan karat.

5. Lakukan Perawatan Berkala

Terakhir, pastikan untuk melakukan perawatan berkala pada mobil Anda. Periksa semua bagian mobil, termasuk mesin, sistem knalpot, dan bagian lainnya. Jika Anda menemukan tanda-tanda awal karat, segera tangani dengan produk anti-karat atau bawa ke bengkel profesional.

Baca Juga: 8 Penyebab Ayla Karatan yang Wajib Dihindari, Yuk simak!

Jauhi Mobil dari Karatan dan Dapatkan Garansi 8 Tahun Pemasangan Anti Karat di RustPro!

RustPro adalah solusi andalan dalam mencegah kerusakan mobil akibat karat. Kami sangat memahami betapa pentingnya menjaga kendaraan agar tetap dalam kondisi terbaik. Dengan menghadirkan teknologi pelindung anti karat canggih, RustPro tidak hanya membantu menjauhkan mobil Anda dari karatan, tetapi juga membantu menjaga keindahan dan kinerja mobil jangka panjang. Setelah dipasang anti karat di bengkel kami, mobil Anda dijamin akan terhindar dari kerusakan karat dan tetap tampak baru sepanjang waktu, meski digunakan untuk pemakaian secara rutin. Jadi, jangan biarkan mobil Anda rentan terhadap karat! Lindungi dengan lapisan anti karat dari RustPro sekarang!

Anda tidak perlu ragu dengan kami. RustPro menggunakan produk anti karat berbahan dasar rubber yang dapat tahan lebih lama dibanding bahan dasar pada umumnya yang dipakai oleh bengkel-bengkel kebanyakan. Kami bahkan menawarkan garansi pemasangan anti karat selama 8 tahun supaya menjamin ketahanan produk anti karat kami! Ya, Anda tidak salah baca. Ini adalah jaminan nyata kami bahwa produk dan layanan kami akan melindungi mobil Anda dari karat. Garansi ini mencakup pemasangan ulang gratis jika Anda melihat tanda-tanda karat pada mobil Anda selama periode garansi. Bersama RustPro, Anda bukan hanya mendapatkan perlindungan terbaik terhadap karat, tetapi juga kedamaian pikiran dalam menjaga mobil Anda. Bergabunglah dengan kami di RustPro dan lindungi investasi berharga Anda dari karat hari ini!

Hubungi Customer Service kami sekarang untuk reservasi secara online di bengkel kami melalui nomor WhatsApp 0813-1150-2678, atau bisa juga mendatangi bengkel kami secara langsung yang berada di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

 

Itulah dia informasi dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi mobil karatan. Mobil yang terawat tidak hanya tampak lebih baik, tetapi juga berkinerja lebih baik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, termasuk dalam hal mencegah mobil karatan. Dengan rutin membersihkan mobil, menggunakan cat pelindung anti karat, memeriksa bagian bawah mobil, menggunakan penutup mobil, dan melakukan perawatan berkala, mobil Anda bisa tetap tampak baru dan bebas karat untuk waktu yang lebih lama.

RUSTPRO

It's My Responsibility