Dampak Musim Hujan: Akibat pada Mobil, Rustpro dan Solusinya

Dampak Musim Hujan

Akhir ini, hujan memang sering turun pertanda bahwa musim hujan mulai tiba. Bagi kalian yang memiliki kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan juga mobil maka perlu waspada terhadap riisko timbulnya karat pada mobil. Dampak musim hujan memang sangat besar bagi kendaraan bermesin karena bisa menyebabkan karat.

Karat sendiri biasanya menyasar benda-benda yang terbuat dari logam. Ini terjadi karena adanya reaksi kimia atau korosi yang terjadi pada besi atau logam. Kerusakan ini sendiri permukaan besi yang menjadi rusak termasuk sasis dan juga bodi mobil. Hal ini mirip seperti kanker pada tubuh manusia karena karat juga ibsa menyebar dengan cepat dan sulit diatasi jika sudah mencapai level parah.

Dampak Musim Hujan

Dampak Musim Hujan

Perlu kalian ketahui bahwa sebelum kerusakan terjadi pada mobil maka penting bagi anda mengetahui cara mencegah karat sehingga karat tidak timbul dibodi mobil. Selain itu, kita juga perlu mengapa karat bisa muncul dimobil ketika dampak musim hujan tiba. Hal utama yang perlu kalian sadari terkait dengan pengkaratan adalah bahwa salah satu pemicu karat mudah tumbuh adalah kandungan mineral yang tinggi pada air laut.

Oleh karena itu, para pemilik mobil yang tinggal atau sering beraktivitas diwilayah dekat dengan pantai maka mereka perlu berhati-hati merawat mobilnya sehingga mobil tidak akan berkarat. Hal itu disebabkan karena pada air laut memang memiliki sifat korosif.

Selain itu, pada dampak musim hujan pada air hujan juga memiliki kandungan mineral dan memiliki keasaman yang cukup tinggi pula terutama diwilayah perkotaan dengan level polusi yang tinggi. Selain itu, benturan atau tabrakan yang membuat cat mobil terkelupas juga bisa dimanfaatkan oleh karat untuk tumbuh karena hilangnya lapisan pelindung pada bodi mobil.

Dalam hal ini, termasuk juga kotoran seperti lumpur atau kotoran binatang yang bisa mengikis permukaan cat. Penggunaan alat mencuci mobil seperti sikat kawat atau cairan pembersih yang terlalu kuat juga bisa membuat lapisan cat atau anti karat terkikis. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merawat mobil dengan baik agar kondisi mobil bisa terjaga dengan baik.

Dimusim hujan, sebenarnya kita memang perlu mencuci mobil dengan rutin. Bodi mobil yang kerap terguyur hujan berpotensi membuat warna menjadi kusam. Hal itu disebabkan karena pada air hujan memiliki kandungan zat asam yang buruk jika didiamkan terlalu lama pada bodi mobil. terlebih jika air hujan tersebut mengering dengan sendirinya dibodi mobil.

Kondisi tersebut tentu akan membuat bodi mobil rawan dengan bercak dan potensi timbulnya jamur akan semakin besar. Jika sudah demikian, maka akan suilt untuk menghilangkannya dan pemilik mobil juga perlu melakukan perawatan khusus disalon mobil yang tentu saja secara dana jumlahnya tidak murah jika dibandingkan dengan melakukan perawatan sendiri.

Dibaca Juga: Manfaat Pasang Anti Karat Mobil dan Rekomendasi Layanan Terbaik Untuk Digunakan

Cara mudah mengilangkan karat di beberapa bagian mobil

Jika karat sudah menyerang mobil akibat dampak musim hujan maka anda perlu melakukan cara terbaik agar karat bisa hilang. Karat yang mengganggu pada mobil biasanya akan menyebar seiring waktu karena logam dibaliknya terpapar udara dan kelembaban sehingga mengalami oksidasi atau korosi. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka karat akan mengikis bodi mobil.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara menghilangkan pada mobil dengan cara yang tepat pada saat dampak musim hujan karena dengan cara tepat anda bisa menghindari cat ulang mobil full body yang memiliki biaya yang cukup tinggi. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat dibeberapa bagian mobil yang disebabkan oleh oleh.

  1. Cuci mobil secara berkala

Langkah awal untuk menghilangkan karat di beberapa bagian mobil yang disebabkan oleh hujan adalah dengan mencuci mobil secara berkala. Dalam hal ini, sebaiknya anda melakukan pada pagi atau siang hari saja. Hal itu disebabkan karena air yang ada di bagian dalam mobil dan sulit dilap tentu saja akan kering lebih cepat jika dicuci pagi hari atau siang hari.

Berbeda jika dicuci disore hari yang mana bagian sulit dilap akan lama tergenang air atau basah sehingga tidak mudah untuk mengeringkan dan lebih cepat berkarat. Selain itu, ada baiknya juga jika anda menggunakan sabun halus untuk membersihkan mobil anda jangan menggunakan sabut baja atau sikat kawat karena benda tersebut bisa merusak bodi mobil.

  1. Berikan pelumas di beberapa bagian

Selanjutnya, cara untuk menghilangkan karat pada mobil juga bisa dilakukan dengan memberikan pelumas. Hal ini bisa dilakukan pada bagian engsel mobil yang seringkali menimbulkan karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan juga jarang diperhatikan pada dampak musim hujan. Akan tetapi, jika anda mengalami hal ini maka tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan terjadi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel dan mencegahnya.

  1. Cuci mobil setelah hujan

Selain itu, mobil juga akan terjaga dari karat jika mencuci mobil setelah hujan. Hujan memang bisa sangat cepat membuat karat dibagian mobil. Oleh karena itu, jika anda menggunakan mobil ketika hujan maka alangkah baiknya jika segera untuk melakukan pencucian pada mobil. Hal ini penting agar bisa terhindar dari karat.

Tidak peduli mobil Toyota apa, harganya berapa, karat bisa jadi masalah yang cukup serius melekat pada mobil. hal itu bukan karena berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. Oleh karena itu, sebelum semuanya terjadi maka karat harus segera dihilangkan.

  1. Manfaatkan buah lemon atau jeruk nipis

Untuk menghilangkan karat akibat Dampak musim hujan, anda juga bisa menggunakan buah lemon atau jeruk nipis. Keduanya memang bukan hanya digunakan untukk membersihkan noda pada pakaian saja. Sekarang, kedua buah tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada mobil dan bahkan juga bisa digunakan untuk benda yang berkarat lainnya.

Untuk melakukannya, anda bisa menaburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu kemudian rendam didalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakanlah bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.

  1. Gunakan cuka dan juga baking soda

Adapun solusi terakhir yang bisa digunakan untuk melawan karat dari dampak musim hujan adalah dengan menggunakan cuka dan baking soda. Bahan dan alat untuk digunakan menghilangkan karat saat dampak musim hujan menggunakan cuka yaitu air, sikat, cuka putih, baking soda, dan lap khusus. Jangan lupa juga untuk mencampurkan cuka dan baking soda dengan air agar encer terlebih dahulu.

Kandungan yang ada didalam cuka yaitu asam sitrat dengan air hangat yang dicampurkan dengan baking soda memiliki efek ampuh untuk menyingkirkan karat. Anda juga bisa melakukan pembongkaran jika bagian mobil yang terkena karat berada didalam. Dengan begitu, anda bisa melepaskan terlebih dahulu bagian dan rendam bagian yang berkarat didalam air cuka selama 1 hingga 2 hari.

Jika karat masih menempel maka anda bisa rendam lagi hingga karatnya menghilang dan gunakan juga sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif. Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika karat menghampiri yang disebabkan oleh Dampak musim hujan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.