❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Dokumen Jual Beli Mobil Bekas yang Harus Ada

dokumen jual beli mobil bekas

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas dan ekonomis. Namun, proses ini bukanlah tanpa tantangan.

Salah satu aspek yang seringkali menimbulkan kebingungan adalah mengenai dokumen-dokumen yang diperlukan saat melakukan proses transaksi.

Dokumen jual beli mobil bekas adalah elemen penting yang menjamin transaksi Anda sah dan bebas dari masalah hukum di masa mendatang..

Untuk itu, buat Anda yang berencana membeli mobil bekas ataupun berencana menjualnya, pastikan menyiapkan dokumen-dokumen yang telah rustpro.id berikut ini!

Dokumen Jual Beli Mobil Bekas

Inilah beberapa dokumen yang perlu Anda cek saat ingin membeli mobil bekas:

1. BPKB dan STNK

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah dua dokumen utama yang harus ada saat melakukan transaksi jual beli mobil bekas.

Pastikan Anda memeriksa bahwa nama pemilik pada BPKB dan STNK sama dan sesuai dengan penjual, atau jika Anda membelinya di showroom, maka Anda berhak meminta kejelasan tentang identitas pemilik mobil sebelumnya.

2. Faktur Kendaraan

Faktur kendaraan adalah bukti sah bahwa mobil tersebut dibeli dari dealer resmi.

Dokumen jual beli mobil bekas yang satu ini penting untuk menunjukkan asal-usul mobil dan memastikan bahwa mobil tersebut bukan barang curian.

3. Pajak Kendaraan

Dokumen berikutnya yang wajib ada saat proses jual beli mobil bekas adalah bukti pajak kendaraan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Anda dapat memastikan bahwa pajak kendaraan incaran Anda telah dibayar dan masih berlaku.

Jika pajak kendaraan telah mati, Anda bisa meminta penjual untuk membayarkan denda dan memperbarui pajak sebelum menjual mobil.

Selain itu, Anda bisa juga menawar harga yang jauh lebih murah sebagai ganti untuk pembayaran denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan tersebut.

4. Surat Pernyataan Jual Beli

Surat pernyataan jual beli adalah dokumen jual beli mobil bekas yang berisi pernyataan dari penjual dan pembeli tentang transaksi yang telah terjadi.

Dokumen ini harus ditandatangani oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh dua orang saksi.

Ini merupakan legalitas dokumen penjualan mobil bekas yang perlu Anda periksa keberadaannya.

5. Surat Keterangan Riwayat Kendaraan

Dokumen berikutnya yang harus ada saat proses jual beli mobil bekas adalah surat keterangan riwayat kendaraan.

Ini adalah dokumen yang berisi informasi tentang riwayat pemakaian mobil, seperti pemeliharaan dan perbaikan yang telah dilakukan.

Dokumen ini tentu dapat membantu Anda, selaku pembeli, untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil bekas yang akan dibeli.

6. Surat Kuasa

Jika penjual tidak bisa hadir secara langsung saat transaksi, maka ia perlu membuat surat kuasa kepada delegatornya dalam transaksi jual beli.

Ini adalah persyaratan resmi jual beli mobil bekas yang harus ada jika salah satu di antara penjual atau pembeli tidak dapat hadir secara langsung.

Dokumen jual beli mobil bekas yang satu ini harus dibuat di hadapan notaris dan ditandatangani oleh penjual.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Mobil Bekas untuk Pemula supaya Tidak Tertipu

Ingin Mobil Bekas Anda Terasa seperti Baru? Serahkan Saja ke RustPro!

RustPro adalah spesialis perawatan mobil yang bisa membuat tampilan mobil tampak seperti baru.

Kami menyediakan berbagai macam layanan yang dapat digunakan memberi perawatan mobil bekas supaya tampak seperti baru.

RustPro menawarkan solusi yang sangat efektif untuk membuat mobil bekas Anda menjadi tampak seperti baru, yaitu melalui layanan anti karat mobil.

Layanan ini dirancang khusus untuk mengatasi dan mencegah pembentukan karat pada area mobil yang paling sering terpapar, seperti bagian bawah, bagasi, celah pintu, dan sebagainya.

Berikut beberapa alasan mengapa RustPro adalah pilihan terbaik Anda dalam menangani isu korosi pada mobil Anda:

Tim Profesional Berpengalaman: Tim kami terdiri dari teknisi yang memiliki pengetahuan mendalam dan pengalaman luas di industri otomotif, khususnya dalam perlindungan terhadap karat. Mereka siap untuk menangani masalah karat pada area mobil yang paling rentan dan berbagi tips tentang cara merawat mobil bekas untuk mencegah korosi di masa depan.

Perlindungan Maksimal: Kami menggunakan formula anti karat khusus yang memberikan perlindungan maksimal terhadap karat. Formula kami berbasis rubber yang tidak hanya mampu menghentikan atau mencegah korosi, tetapi juga membentuk lapisan pelindung pada logam untuk mencegah oksidasi.

Garansi Jangka Panjang: RustPro memberikan garansi hingga 8 tahun untuk layanan pemasangan perlindungan anti karat kami. Ini memberikan Anda ketenangan pikiran bahwa perlindungan anti karat kami dirancang untuk melindungi mobil Anda dari kerusakan karat dalam jangka waktu yang panjang.

Sebagai penawaran spesial bulan ini, kami memberikan POTONGAN HARGA SAMPAI 30% untuk semua layanan RustPro! Selain pemasangan anti karat, kami juga punya berbagai jenis layanan lainnya untuk perawatan mobil bekas, seperti coating dan detailing, serta layanan pemasangan kaca film.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan antrian, silakan hubungi Layanan Pelanggan kami sekarang melalui WhatsApp di 0813-1150-2678!

Anda juga bisa mencari informasi lebih lanjut tentang harga anti karat mobil dan layanan RustPro lainnya dengan mengunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, kami mengundang Anda untuk datang dan mengunjungi cabang kami di alamat berikut ini:

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Itulah dia beberapa dokumen jual beli mobil bekas yang harus Anda cek kepada penjual sebelum memutuskan untuk membelinya. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan dan verifikasi dokumen secara menyeluruh untuk menghindari masalah di masa depan. Selamat bertransaksi!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility