❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Apakah Kebiasaan Poles Mobil Merusak Cat Bodi Mobil?

Apakah Kebiasaan Poles Mobil Merusak Cat Bodi Mobil

Kebiasaan baik dengan pemolesan bodi mobil memang dapat dilakukan lebih sering untuk membuat cat tampak lebih bersih dan mengkilap. Namun melalui artikel singkat ini akan kami paparkan beberapa fakta mengenai kebiasaan poles mobil ini yang berlebihan ini.

Apa Itu Poles Mobil?

Poles mobil menjadi aktivitas pemolesan bodi mobil dengan atau tidak cairan sebagai bentuk perawatan atas kendaraan beroda empat ini. Tidak hanya mobil, semua kendaraan bermotor juga dapat melakukan pemolesan, namun kali ini yang akan kami bahas adalah mengenai poles mobil. Poles mobil memang umumnya dilakukan salon atau butik mobil. Namun beberapa pemilik mobil memilih untuk melakukannya sendiri di rumah.

Poles mobil memang dianggap tidak memiliki batasan dalam aktivitasnya, sehingga pemilik setiapmobil dirasa kotor atas debu dan air hujan akan dilakukan poles mobil. Kondisi ini memang kadang sudah membuat pemilik gatal untuk segera melakukan poles mobil body mobilnya. Bahkan beberapa dari pemilik ini menambahkan wax atau zat lain yang diberikan di permukaan mobil bersamaan dengan penggosokan dalam poles mobil. Namun apakah poles mobil ini aman?

Apakah Poles Mobil Aman?

Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan untuk melihat kecenderungan poles mobil akan berakibat pada frekuensi poles mobil dalam setiap harinya. Sebenarnya poles mobil memang dilakukan karena cat mobil selalu terlihat bersih dan mengkilap. Akan tetapi semakin lama, poles mobil dengan frekuensi yang terlalu seing juga berpotensi merusak mobil.

Perusakan lapisan yang paling sering pada lapisan pernis terluar cat mobil. Terlebih jika melakukan poles mobil body mobil terlalu kuat. Maka lapisan pernis ini sedikit demi sedikit akan mengikis dan menipis. Hal ini yang membuat tampilannya jauh lebih mengkilap.

Baca Juga: Rekomendasi Coating dan Detailing Terbaik di Indonesia Garansi 3 Tahun!

Kekuatan Cat Mobil

Cat mobil yang umum digunakan memiliki lapisan hanya pada 20 hingga 40 mikron. Jika oles mobil dilakukan secara rutin hanya akan meningkatkan resiko pada lapisan ini. Terlebih lapisan pernis yang memang berada pada terluar. Poles mobil yang terlalu sering akan beresiko pada lapisan pernis yang semakin menipis dan bersentuhan dengan lapisan cat lain di bawahnya.

Akibat jika lapisan pernis ini menipis, akan berakibat pada lapisan dibawahnya. Lapisan pernis yang menipis hanya akan membuat cat mobil menjadi lebih kusam. Lapisan pernis menjadi lapisan pelindung dalam cat mobil, sehingga dapat dibayangkan jika memang tidak adanya lapisan ini akan lebih mudah cat kotor.

Kapan Waktu Paling Tepat Poles Mobil?

Poles mobil terlalu sering akan membuat lapisan menipis, lantas kapan waktu yang paling benar dalam poles mobil. Poles mobil idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali untuk kendaraan –kendaraan yang memang sering terparkir pada luar ruangan. Mobil ini akan lebih sering kotor, berdebu, serta mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung.

Sedangkan untuk mobil yang lebih sering berada pada area tertutup atau terlindungi tidak masalah jika poles mobil dilakukan hanya setahun sekali. Ini tidak akan beresiko pada cat mobil Anda nantinya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Cairan Pemoles Perlu Diperhatikan

Tidak hanya pada waktu poles mobil yang perlu perhatian, tetapi alat yang digunakan dalam poles mobil juga diperhatikan. Karena peranan cairan ini juga membuat lapisan pernis menipis lebih cepat. Jadi untuk para pemilik mobil yang hendak melakukan poles mobil, perlu untuk melihat terlebih dahulu cairan yang digunakan dalam poles ini. Karena bukan tidak mungkin poles mobil akan berakibat buruk jika menggunakan cairan tersebut. Cairan yang digunakan umumnya berbahan water base bukan silicon yang akan merusak lapisan.

Teknik Poles Mobil Juga Penting Diketahui

Hal yang tidak kalah penting yang dapat mempengaruhi penipisan lapisan dapat juga dikarenakan teknik poles mobil yag berlebihan. Memang jika lama tidak dipoles noda akan sulit terangkat atau bahkan terkadang menyatu dengan permukaan cat bawan pabrik. Namun sebagai pemilik mobil yang baik, perlu untuk mengetahui cata pengambian kotoran atau pemolesan mobil yang benar.

Poles mobil tidak boleh dilakukan dengan kasar, karena hanya akan merusak bodi mobil. Poles mobil perlu dilakukan secara hati-hati dengan memberikan tekanan. Selayaknya bodi mobil jika terlalu keras dalam poles mobil mungkin saja ada goresan pada mobil.

Penting Untuk Melakukan Poles Mobil di Tempat Terpercaya

Jika dilakukan secara sembarangan, poles mobil justru akan merusak komponen permukaan cat bodi mobil. Itulah mengapa penting dalam memilih bengkel yang tepat dalam melakukan poles mobil.

DOMO Coating & Detailing bisa menjadi tempat yang tepat untuk melakukan berbagai perawatan pada bodi mobil, seperti poles mobil ini. Formulasi hingga SOP-nya dikembangkan langsung dari Jerman dengan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani oleh teknisi yang ahli, membuat DOMO Coating & Detailing merupakan pilihan yang tepat untuk merawat tampilan mobil kesayangan Anda.

Untuk nikmati layanan DOMO Coating & Detailing, segera reservasi layanannya sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung perawatan tampilan mobil dengan DOMO Coating & Detailing.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility