❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

9 Hal yang Harus Dicek saat Beli Mobil Baru, Simak agar Paham!

hal yang harus dicek saat beli mobil baru

Keputusan untuk membeli mobil baru adalah langkah besar yang dapat mempengaruhi gaya hidup dan kenyamanan dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang harus Anda periksa saat membeli mobil baru.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam mengenai hal yang harus dicek saat beli mobil baru.

Mulai dari anggaran hingga kondisi fisik mobil, kami akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses pembelian mobil baru yang tepat.

Hal yang Harus Dicek saat Beli Mobil Baru

Inilah 9 (sembilan) hal yang perlu dicek saat Anda membeli mobil baru:

1. Budget

Hal pertama yang harus dicek sebelum membeli mobil baru adalah budget atau anggaran.

Tentukan batas maksimum yang dapat Anda bayarkan untuk mobil baru, termasuk harga mobil itu sendiri, pajak, asuransi, serta biaya-biaya lain seperti pemeliharaan dan perawatan.

Memiliki anggaran yang jelas akan membantu Anda mempersempit pilihan mobil yang sesuai dengan kisaran harga yang Anda inginkan.

2. Kebutuhan dan Gaya Hidup

Setiap orang memiliki kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda. Pertimbangkan kebutuhan Anda sehari-hari dan gaya hidup Anda ketika memilih mobil baru.

Apakah Anda membutuhkan mobil keluarga dengan ruang yang luas untuk anggota keluarga dan barang bawaan? Atau mungkin Anda membutuhkan mobil yang efisien dalam hal bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh atau penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Selain itu, pertimbangkan juga faktor-faktor seperti tipe mobil (sedan, SUV, hatchback, dll.), jumlah kursi, dan fitur-fitur lain yang penting bagi Anda.

3. Fitur Keselamatan

Keamanan adalah hal yang harus dicek saat membeli mobil baru. Periksa dan pastikan mobil baru dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan penting seperti sistem pengereman anti terkunci (ABS), sistem kontrol stabilitas (ESC), pengendali traksi, airbag, dan fitur-fitur keselamatan lainnya yang bisa melindungi Anda dan penumpang.

Fitur-fitur ini akan memberikan perlindungan ekstra dan meningkatkan keamanan Anda saat berkendara.

4. Konsumsi Bahan Bakar

Efisiensi bahan bakar adalah hal lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli mobil baru. Mobil yang efisien dalam hal bahan bakar akan membantu Anda menghemat biaya bahan bakar dalam jangka panjang.

Perhatikan tingkat konsumsi bahan bakar mobil yang Anda minati, baik dalam kota maupun di jalan raya. Informasi ini biasanya tersedia dalam spesifikasi mobil atau dapat Anda peroleh dari pihak dealer.

5. Test Drive

Sebelum memutuskan membeli mobil baru, penting untuk melakukan uji coba berkendara. Uji coba berkendara memungkinkan Anda merasakan kenyamanan berkendara, responsifitas mesin, sistem kemudi, dan kualitas suspensi mobil.

Selama test drive, perhatikan bagaimana mobil merespons perubahan gigi, kemampuan akselerasi, kebisingan di dalam kabin mobil, serta kestabilan saat bermanuver.

Uji coba berkendara ini akan membantu Anda memastikan bahwa mobil tersebut sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

6. Kelengkapan Dokumen

Selanjutnya, hal yang harus dicet saat beli mobil baru adalah kelengkapan dokumen. Periksa dan pastikan bahwa penjual memberikan surat-surat kepemilikan mobil yang sah, buku garansi, buku servis, dan manual pengguna mobil.

Pastikan semua dokumen tersebut sesuai dengan yang dijanjikan oleh penjual. Memeriksa kelengkapan dokumen ini akan memberikan Anda kepastian mengenai kepemilikan dan kondisi mobil yang akan Anda beli.

7. Baca Ulasan dan Perbandingan

Sebelum membeli mobil baru, sangat disarankan untuk membaca ulasan dan perbandingan mobil yang Anda minati.

Baca ulasan dari para ahli otomotif dan juga ulasan pengguna yang telah memiliki pengalaman menggunakan mobil tersebut.

Ulasan ini akan memberikan Anda informasi yang lebih jelas tentang performa, keandalan, kelemahan, dan kelebihan dari mobil yang Anda pertimbangkan.

Perbandingan antara mobil-mobil sejenis juga akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat.

8. Garansi

Kemudian, hal yang harus dicek saat beli mobil baru juga adalah garansi. Pastikan mobil baru yang Anda beli dilengkapi dengan garansi yang memadai.

Periksa syarat-syarat garansi dan cakupannya, termasuk durasi garansi dan komponen apa saja yang tercakup dalam garansi tersebut.

Garansi yang baik akan memberikan perlindungan dan keamanan tambahan bagi Anda jika terjadi masalah dengan mobil dalam periode garansi.

9. Kondisi Fisik

Terakhir, hal yang perlu dicek saat membeli mobil baru adalah kondisi fisik. Periksalah kondisi fisik mobil secara menyeluruh sebelum membelinya. Perhatikan cat mobil, interior, kondisi ban, lampu, sistem elektronik, serta komponen-komponen lainnya.

Pastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang signifikan pada mobil. Anda juga dapat meminta bantuan ahli otomotif atau mekanik untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli.

Baca Juga: 16 Rekomendasi Mobil Baru Harga Rp 200 Jutaan, Apa Saja?

Jangan Salah Pilih Bengkel! Perawatan Mobil Baru yang Bergaransi Cuma Ada di RustPro!

RustPro, sebagai bengkel mobil modern yang berspesialis dalam perlindungan anti karat, menyediakan layanan pelapisan anti karat dengan produk cairan premium yang telah teruji efektif.

Jika Anda menginginkan perlindungan yang optimal untuk mobil baru Anda dari risiko karat, maka ini adalah pilihan layanan yang tepat.

RustPro menggunakan formula anti karat berbasis karet atau rubber yang secara khusus dirancang untuk memberikan perlindungan maksimum terhadap karat serta mencegahnya muncul kembali dalam jangka waktu yang lama.

Produk anti karat mobil RustPro telah melewati berbagai uji coba dan terbukti efektif.

Kami memberikan garansi hingga 8 tahun untuk memastikan bahwa produk kami dapat memberikan perlindungan anti karat yang berkelanjutan pada mobil Anda.

Sebagai nilai plus, kami juga menyediakan layanan perawatan GRATIS berupa penyemprotan ulang pelindung anti karat setiap tahun.

Dengan layanan ini, Anda dapat menghemat biaya perawatan kendaraan Anda dalam beberapa tahun ke depan.

Tunggu apa lagi? Segera jadwalkan layanan Anda di RustPro sekarang juga dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0812-1130-9522!

Selain layanan anti karat, RustPro juga menyediakan berbagai layanan perawatan kendaraan lainnya, seperti perawatan coating & detailing, serta pemasangan kaca film.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami tawarkan, silakan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, Cirebon, atau Surabaya, kami mengundang Anda untuk datang dan mengunjungi workshop RustPro kami yang berlokasi di beberapa lokasi sebagai berikut.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

  • RustPro cabang Wiyung: Jl. Raya Wiyung No.17, Wiyung, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

 

Itulah sejumlah hal yang harus dicek saat beli mobil baru. Pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor yang telah disebutkan di atas agar Anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan anggaran Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda membeli mobil baru yang memberikan kenyamanan, keamanan, dan kepuasan dalam penggunaan jangka panjang.

RUSTPRO

It's My Responsibility