❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Tingkat dan Jenis-Jenis Ketebalan Kaca Film Mobil yang Ada di Indonesia

ketebalan kaca film

Ketebalan kaca film mobil sebenarnya adalah hal yang cukup berpengaruh pada mobil. Hal ini dikarenakan, ketebalan kaca mobil bisa berpengaruh pada keamanan mobil dan pengendara. Pada beberapa kasus terdapat sebuah kasus tentang kaca kaca mobil yang pecah atau mengalami retak dengan sendirinya. Hal ini, biasanya terjadi dikarenakan tingginya tekanan udara yang pada kaca mobil pada saat mobil sedang melaju.

Terkadang pula, kaca mobil mengalami pecah dikarenakan adanya terjangan hujan dan juga panas ekstrim yang menabrak kaca mobil. Karena hal itulah ketebalan kaca film mobil menjadi hal yang penting diperhatikan. Kita perlu memberikan keamanan atau perlindungan yang lebih pada kaca mobil untuk menghindari adanya permasalahan seperti ini. Dalam penggunaan kaca film mobil pun, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang tingkat ketebalan atau kegelapannya, berikut adalah beberapa penjelasannya.

Ketebalan Kaca Film Mobil Jenis Tempered

ketebalan kaca film

Kaca mobil Tempered merupakan jenis kaca film yang memiliki nama lain sebagai kaca jagung. Kaca jenis ini, biasanya dipasang pada bagian samping kendaraan dan juga pada bagian belakang. Ketebalan kaca film mobil jenis Tempered ini tentunya tidak perlu lagi diragukan lagi, karena kaca jenis ini memang sudah teruji. Di dalam pembuatannya, kaca film Tempered ini harus bisa melewati suhu panas sampai dengan 650 derajat Celcius.

Dengan melewati suhu panas yang ekstrim ini, membuat kaca jenis Tempered juga memiliki ketahanan yang luar biasa. Kaca tempered ini memiliki tekstur ketebalan kaca film mobil yang sangat keras dan juga tidak mudah pecah. Bahkan kaca ini juga tahan terhadap sebuah benturan. Kaca ini biasanya digunakan pada kendaraan umum seperti pada bus.

Ketebalan kaca film mobil jenis Tempered ini memang tidak mudah pecah oleh sebuah benturan. Tetapi kaca ini akan bisa pecah jika tertembus oleh benda tajam. Kaca film Tempered ini bisa tertembus benda tajam sampai dengan ketebalan 1/6 dari tebal kaca itu sendiri. Kaca ini juga terbilang aman meskipun pecah, dikarenakan pecahannya yang kecil dan hanya sebesar biji jagung juga tidak tajam.

Ketebalan Kaca Film Mobil Jenis Laminated

Selain dengan kaca film jenis pertama, kaca film jenis kedua adalah Laminated. Kaca film mobil jenis ini juga memiliki sebutan lainnya yaitu lamisafe. Kaca film jenis ini banyak disebut dengan lamisafe dikarenakan pada saat pembuatan ketebalan kaca film mobil jenis Laminated ini, mereka melibatkan dua buah lapisan kaca. Dimana pada lapisan kaca tersebut memiliki ukuran ketebal 2 mm dengan bagian tengahnya yang disisipi oleh sebuah lembaran film.

Lembaran film yang disisipkan di tengah kaca tersebut disebut dengan Polyvinyl Butiral Film atau yang biasanya dikenal dengan PVB. Pada lapisan ini mereka juga lebih kuat dan juga tidak mudah pecah sama seperti pada ketebalan kaca film mobil tempered. Selain dengan hal itu, lapisan lembaran film ini juga bisa menghalau sinar UV yang berasal dari matahari sampai dengan 96%. Sehingga, penumpang yang ada di dalam mobil akan bisa lebih terlindungi.

Dikarenakan kelebihan yang dimiliki inilah yang membuat kaca film mobil jenis laminated sering dipasang di bagian depan mobil. Untuk alasan yang lainnya adalah karena jika kaca mobil bagian depan ini pecah. Maka pecahan dari kaca tersebut tidak akan langsung berhamburan. Hal ini tentunya disebabkan karena adanya lapisan lembaran film yang akan menahan pecahan kaca mobil.

Tingkat Ketebalan Kaca Film Mobil Di Bagian Depan

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang dua tipe dari kaca pelindung mobil. Kali ini yang akan dibahas adalah terkait dengan tingkat ketebalan atau kegelapan dari kaca mobil untuk bagian depan. Pada pemasangan kaca film mobil di bagian depan, sebaiknya gunakan tingkat ketebalan kaca film mobil yang memiliki kegelapan sebesar 20 persen saja. Selain dengan tingkat kegelapan 20 persen, maksimal Anda hanya bisa menggunakan tingkat kegelapan 40 persen.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Hal ini dikarenakan jika Anda menggunakan kaca film mobil yang terlalu gelap akan dapat membahayakan Anda saat berkendara. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tingkat kegelapan atau ketebalan kaca film mobil sebesar 20 dan maksimal 40 persen jika 20 masih terlihat terlalu terang. Tingkat kegelapan 40 persen adalah tingkat yang cukup untuk digunakan menghalau sinar matahari dan masih akan tetap terlihat jelas pada saat berkendara di malam hari. Sedangkan jika Anda menggunakan kaca dengan tingkat kegelapan yang lebih di atas itu, hal ini akan sangat beresiko jika Anda berkendara pada malam hari karena tidak akan bisa terlihat jelas.

Tetapi, jika Anda sering menggunakan mobil Anda untuk bepergian jarak jauh. Sebaiknya gunakan tingkat kegelapan 20 persen. Ini berguna untuk mengindari adanya gangguan pandang jarak jauh saat malam hari. Terutama jika melewati jalan rusak dan berlubang dengan cahaya minim.

Dibaca Juga: Kisaran Harga Pemasangan Kaca Film Mobil Terdekat

Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil Untuk Bagian Samping

Untuk tingkat kegelapan pada kaca kaca bagian depan mobil. Sebaiknya gunakan kaca film yang memiliki tingkat kegelapan sebesar 20 persen. Jangan menggunakan kaca film yang terlalu gelap untuk bagian kaca samping kanan dan juga kiri pengemudi. Hal ini disebabkan karena pada saat kita berkendara, dan kemudian ingin melihat kaca bagian samping mobil setelah melihat kaca bagian depan yang terang.

Mata kita akan membutuhkan waktu untuk bisa menangkap bayangan dari spion mobil. Sehingga, jika kita menggunakan sebuah kaca film dengan persen kegelapan 20, maka untuk bagian samping cukup gunakan persen 40. Sedangkan jika Anda menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan atau ketebalan kaca film mobil sebesar 40 di bagian depan. Anda perlu menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 60 persen untuk bagian samping.

Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Di Bagian Belakang

Hal selanjutnya yang akan kita bahas tentang tingkat kegelapan atau ketebalan dari kaca film adalah untuk kaca bagian belakang. Untuk pemasangan kaca film pada mobil di bagian belakang, jika pada bagian spion dalam mobil Anda sudah memiliki fitur mode rayben. Maka Anda bisa memasang kaca film belakang mobil dengan tingkat kegelapan 20 persen atau Anda juga bisa menggunakan yang 40 persen. Cukup gunakan dua tingkat tersebut dan jangan menggunakan yang lebih.

Tetapi, jika pada spion bagian kabin Anda belum dilengkapi dengan fitur rayben mode, maka Anda bisa menggunakan kaca film dengan tingkat 60 persen. Hal ini bertujuan untuk menghindari silau dikarenakan adanya pantulan dari lampu mobil yang berada di belakang kita melalui kaca spion. Tetapi Anda hanya cukup menggunakan kaca dengan tingkat 60 persen saja. Jangan pernah mencoba untuk menggunakan kaca film dengan tingkatan kegelapan 80 persen, karena hal itu justru akan menyulitkan Anda pada saat berjalan mundur terlebih lagi di malam hari.

Melakukan Servis Di Bengkel Dokter Mobil

Selain dengan menggunakan sebuah kaca pelindung atau kaca film pada mobil untuk meningkatkan kenyamanan. Mobil juga memerlukan sebuah servis secara rutin untuk tetap menjaga performa dan kualitasnya. Untuk itu, Anda bisa selalu melakukan servis rutin di bengkel dokter mobil, karena disini mereka sudah ahli dalam bidang servis mobil dan mengatasi semua permasalahan pada mobil.

Itulah sekiranya artikel yang bisa saya tuliskan terkait dengan ketebalan kaca film mobil. Semoga artikel ini berguna untuk Anda, sekian dan terima kasih. Anda bisa menghubungi admin Rustpro untuk mendapatkan service-service yang ada di Rustpro dengan menghubungi admin Rustpro di (klik disini).

RUSTPRO

It's My Responsibility