❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mengenal Komponen Mobil Hybrid beserta Fungsinya

komponen mobil hybrid

Mobil hybrid merupakan satu gebrakan yang menarik perhatian dalam industri otomotif. Produk inovasi ini mampu menyatukan dua teknologi berbeda menjadi satu kesatuan yang efisien.

Namun, di balik kesuksesannya, terdapat beberapa komponen mobil hybrid yang berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja dan efisiensinya.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda tentang rahasia di balik teknologi mobil listrik hybrid yang dikenal ramah lingkungan dengan memahami komponen-komponen di dalamnya, mulai dari internal combustion engine hingga motor listrik, serta berbagai komponen canggih lainnya.

So, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Komponen Mobil Hybrid dan Fungsinya

Inilah beberapa komponen penggerak mobil hybrid yang perlu Anda ketahui:

1. Internal Combustion Engine

Internal Combustion Engine (ICE) atau mesin pembakaran dalam merupakan komponen yang menjadi bagian integral dari mobil hybrid.

Komponen mobil hybrid ini berfungsi untuk menggerakkan kendaraan dan dapat beroperasi dengan bahan bakar seperti bensin atau diesel.

Saat mobil hybrid berada pada mode mesin bensin, ICE akan menyediakan daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan serta mengisi ulang baterai yang digunakan untuk motor listrik.

Salah satu kelebihan dari ICE adalah ketersediaan bahan bakar yang luas dan infrastruktur yang sudah mapan.

Meskipun demikian, ICE memiliki kelemahan yaitu menghasilkan emisi gas buang yang berkontribusi pada polusi udara dan perubahan iklim.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Oleh karena itu, dalam mode listrik, motor listrik yang lebih bersih dan efisien digunakan untuk mengurangi dampak lingkungan negatif.

2. Motor Listrik

Motor listrik adalah komponen utama lainnya pada mobil hybrid. Motor ini menggunakan energi listrik dari baterai untuk menggerakkan kendaraan.

Ketika mobil beroperasi dalam mode listrik, motor listrik pada mobil hybrid berfungsi sebagai pengganti mesin bensin, menghasilkan daya untuk mendorong roda kendaraan tanpa mengeluarkan emisi gas buang.

Keuntungan utama dari motor listrik adalah kebersihannya dan efisiensi yang tinggi. Motor listrik tidak menghasilkan emisi langsung, sehingga membantu mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, motor listrik juga memberikan torsi instan yang memberikan akselerasi yang lebih responsif pada mobil hybrid.

3. Generator

Generator, juga dikenal sebagai starter generator atau alternator, adalah komponen dari mobil hybrid yang bertugas untuk mengisi ulang baterai pada mobil hybrid saat mesin bensin beroperasi.

Ketika mobil berada dalam kondisi berkendara konvensional dengan mesin bensin menyala, generator pada mobil hybrid bekerja untuk mengubah energi mekanis yang dihasilkan oleh mesin menjadi energi listrik untuk mengisi baterai mobil.

Dengan adanya generator, mobil hybrid dapat mempertahankan baterai pada tingkat yang optimal sehingga motor listrik dapat bekerja secara efisien ketika mobil beralih ke mode listrik.

Dengan demikian, mobil hybrid dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengoptimalkan kinerja keseluruhan.

4. Power Split Device

Power Split Device (PSD) adalah komponen kritis dalam mobil hybrid tipe series-parallel. PSD berfungsi untuk mengatur aliran tenaga antara mesin bensin, motor listrik, dan baterai.

Ketika mobil berada dalam mode listrik, PSD memungkinkan motor listrik untuk mengambil energi dari baterai untuk menggerakkan kendaraan.

Saat mobil beroperasi dengan mesin bensin, PSD menggabungkan daya dari mesin dengan motor listrik untuk memberikan daya maksimum ke roda kendaraan.

Dalam situasi tertentu, PSD juga dapat berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai ketika kendaraan sedang bergerak.

5. Power Control Unit

Power Control Unit (PCU) adalah komponen mobil hybrid yang bertugas mengatur aliran energi antara baterai dan motor listrik dalam mobil hybrid.

PCU berfungsi sebagai pengontrol daya pada mobil hybrid yang diberikan oleh baterai ke motor listrik sesuai dengan permintaan pengemudi.

PCU juga berperan dalam mengontrol aliran daya dari motor listrik ke baterai saat menghadapi situasi seperti pengereman regeneratif, di mana energi kinetik yang dihasilkan oleh pengereman dikonversi menjadi energi listrik dan disimpan kembali ke baterai.

Baca Juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid sebelum Membelinya!

Lindungi Komponen Mobil Hybrid Anda dari Kotoran dengan Layanan RustPro Coating & Detailing!

Seperti halnya kendaraan konvensional, kendaraan hybrid juga dapat mengalami proses penuaan yang ditandai dengan perubahan warna pada lapisan catnya, bisa jadi memudar atau tampak tidak bercahaya.

Untuk itu, pentingnya aplikasi lapisan coating untuk memastikan penampilan kendaraan hybrid Anda tetap prima dan tidak kehilangan daya tariknya.

RustPro dengan bangga mempersembahkan inovasi terbaru dalam teknologi coating, yaitu Graphene 10+. Ini adalah produk inovatif terkini dari teknologi coating nano ceramic yang sebelumnya telah menjadi patokan dalam industri pelapisan kendaraan.

Produk andalan kami ini dijiamin akan menjadikan kendaraan Anda tampak segar dan seperti baru, serta memberikan perlindungan maksimum terhadap debu, kotoran, dan goresan pada permukaan kendaraan untuk jangka waktu yang panjang.

Kami pun menjaminnya dengan memberikan garansi hingga 3 tahun. Ini memberikan Anda rasa percaya diri dan kenyamanan bahwa lapisan pelindungan pada cat mobil hybrid Anda akan bertahan dalam periode waktu yang cukup lama.

Jangan ragu untuk merencanakan layanan Anda di RustPro dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678.

Manfaatkan penawaran khusus kami dengan DISKON 40% untuk layanan yang dipesan antara pukul 5 sore hingga 10 malam.

Selain coating, RustPro juga punya layanan auto detailing yang dapat semakin memanjakan kendaraan Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang layanan RustPro, silakan kunjungi halaman Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya, kami mengajak Anda untuk mengunjungi salah satu cabang kami yang berlokasi di alamat berikut ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itulah dia beberapa komponen mobil hybrid beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Mobil hybrid adalah contoh nyata dari bagaimana inovasi teknologi dapat mengarahkan perubahan menuju masa depan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Komponen-komponen kritis dalam mobil hybrid seperti internal combustion engine, motor listrik, generator, power split device, dan power control unit berperan penting dalam menyediakan solusi transportasi yang lebih efisien dan berkelanjutan..

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda seputar dunia otomotif.

RUSTPRO

It's My Responsibility