❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

4 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Kletek-Kletek, Segera Hindari!

mesin mobil bunyi kletek-kletek

Mesin Mobil Bunyi Kletek-Kletek– Mendengar suara kletek-kletek yang tidak biasa dari mesin mobil bisa menjadi sinyal alarm yang mengkhawatirkan. Suara ini seringkali menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan mesin mobil.

Mesin mobil adalah jantung dari sebuah kendaraan. Dengan timbulnya suara kletek-kletek, ini bisa menjadi gejala dari berbagai masalah, mulai dari yang masalah ringan hingga masalah yang serius.

Kali ini, kami akan membagikan informasi kepada Anda mengenai beberapa penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek yang umum dirasakan para pemilik mobil, serta memberikan saran tentang apa yang harus dilakukan jika Anda mendengar suara ini.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Kletek-Kletek

Inilah dia 4 (empat) penyebab umum dari mesin mobil yang berbunyi kletek-kletek:

1. Kurangnya Pelumas

Penyebab perata dari mesin mobil bunyi kletek-kletek adalah karena kurangnya pelumas atau oli mesin. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan mencegah gesekan antar komponen yang bisa menyebabkan kerusakan.

Jika oli mesin berkurang atau kualitasnya menurun, komponen mesin akan saling bergesekan dan menghasilkan suara kletek-kletek. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan mengganti oli mesin secara berkala.

2. Kerusakan Komponen Mesin

Kemudian, bunyi kletek-kletek pada mesin mobil  juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen mesin, seperti katup, bantalan, atau piston. Kerusakan pada komponen-komponen ini bisa disebabkan oleh usia mobil, pemakaian yang tidak tepat, atau perawatan yang kurang baik.

Jika Anda mendengar suara kletek-kletek yang berasal dari mesin, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

3. Rantai Kendor

Mesin mobil bunyi kletek-kletek juga bisa disebabkan oleh masalah pada timing belt atau rantai distribusi. Jika timing belt atau rantai distribusi rusak atau longgar, hal ini bisa menghasilkan suara kletek-kletek pada mesin mobil. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa secara rutin dan mengganti timing belt atau rantai distribusi jika diperlukan.

4. Masalah pada Sistem Pendingin

Penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek yang terakhir adalah karena terdapat masalah pada sistem pendingin mobil. Jika sistem pendingin tidak bekerja dengan baik, mesin bisa menjadi panas dan menghasilkan suara ‘kletek-kletek’. Maka dari itu, pastikan Anda selalu memeriksa dan merawat sistem pendingin mobil Anda.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Mobil Bergetar saat Kecepatan Tinggi

Layanan Detailing RustPro Adalah Solusi agar Mesin Mobil Anda Tidak Mudah Rusak

Salah satu cara untuk merawat mesin mobil agar terhindar dari kerusakan parah adalah dengan menggunakan layanan detailing dari bengkel perawatan mobil.

RustPro sebagai bengkel mobil kekinian menyediakan layanan detailing menggunakan bahan dan produk canggih yang dapat membuat tampilan mesin Anda menjadi lebih optimal dan terhindar dari berbagai kerusakan.

Layanan ini telah banyak digunakan orang untuk merawat mesin mobilnya agar tetap dalam kondisi prima. Hal ini karena layanan detailing RustPro melibatkan pembersihan menyeluruh dan perlindungan terhadap karat.

Kami menggunakan produk dan teknik khusus untuk membersihkan dan melindungi mesin mobil. Proses ini tidak hanya membuat mesin mobil menjadi terlihat lebih baik, tetapi juga membantu mencegah kerusakan dan korosi.

Untuk merencanakan kunjungan ke workshop RustPro, Anda bisa langsung menghubungi tim Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678. Saat ini, kami tengah memberikan diskon spesial untuk semua layanan lho! Termasuk diskon untuk pengerjaan di jam 5 sore hingga jam 10 malam. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan emas ini!

Untuk mendapatkan info detai dan lebih mendalam tentang layanan kami, Anda dapat mengunjungi halaman Instagram RustPro di @rustpro_indonesia.

Bagi warga Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, kami mengundang Anda untuk datang dan mengunjungi lokasi workshop kami yang berada di bawah ini:

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek. Pastikan Anda untuk selalu merawat secara rutin mesin Anda supaya terhindar dari permasalahan ini ketika di jalan. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan detailing dari RustPro untuk mencegah karat dan kerusakan pada komponen mesin.

RUSTPRO

It's My Responsibility