❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Mobil Berkarat? Berikut Cara Mengatasi dan Mencegahnya

mobil berkarat

Masalah karat pada mobil adalah hal yang umum terjadi, terutama pada kendaraan yang sering terpapar kelembaban dan cuaca eksternal. Karat dapat merusak penampilan dan struktur mobil, jika tidak ditangani dengan baik.

Mobil berkarat memang menjadi momok yang menakukan bagi para pemilik mobil, khususnya mobil yang sudah berusia tua. Supaya mobil Anda terhindar dari karat, simak beberapa penyebab mobil berkarat di bawah ini dan cara mencegahnya.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Sasis Mobil Berkarat yang Membandel

Penyebab Mobil Berkarat

Penyebab mobil berkarat dapat berasal dari beberapa faktor, di antaranya:

Kelembaban

Kelembaban yang tinggi adalah faktor utama dalam menyebabkan karat pada mobil. Jika kendaraan terpapar kelembaban yang tinggi secara terus-menerus, seperti di daerah lembap atau selama musim hujan, maka risiko terjadinya karat akan lebih tinggi.

Paparan Air

Mobil yang sering terpapar air, baik karena sering diparkir di luar ruangan yang terbuka atau sering melalui genangan air, memiliki risiko yang lebih tinggi untuk berkarat. Air mengandung oksigen dan mineral yang dapat merusak lapisan pelindung pada permukaan mobil.

Garam

Di daerah dengan iklim dingin atau di dekat pantai, penggunaan garam sebagai upaya penanggulangan es dan salju serta keberadaan garam laut dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Garam dapat menyebabkan korosi dan mempercepat proses karat.

Debu dan Kotoran

Partikel debu dan kotoran yang menempel pada permukaan mobil dapat menjadi media yang menyimpan air dan zat-zat berbahaya lainnya. Jika kotoran tidak segera dibersihkan, itu bisa merusak cat dan menyebabkan korosi.

Cacat pada Cat

Cacat pada lapisan cat mobil, seperti goresan, retak, atau pelapukan, dapat memberikan celah bagi kelembaban dan zat berbahaya untuk merusak logam di bawahnya. Cacat-cacat ini dapat menjadi titik awal terjadinya karat pada kendaraan.

Tidak Adanya Perlindungan

Jika kendaraan tidak memiliki perlindungan tambahan, seperti lapisan pelindung wax atau sealant, maka cat dan permukaan logam pada mobil akan lebih rentan terhadap karat. Perlindungan ekstra dapat membantu menghalangi kontak langsung dengan elemen yang dapat menyebabkan karat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Penundaan Perbaikan

Jika ada goresan atau kerusakan kecil pada mobil dan dibiarkan tanpa perbaikan atau touch-up, itu dapat menyebabkan korosi dan memperburuk kondisi kendaraan. Kerusakan kecil harus segera diperbaiki untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Cara Mengatasi dan Mencegah Mobil Berkarat

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya karat pada mobil:

1. Cuci dan Keringkan Mobil Secara Teratur

Cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan kotoran, garam, dan residu lainnya yang dapat menyebabkan korosi. Pastikan juga untuk mengeringkan mobil dengan baik setelah mencuci, terutama pada area yang rentan terhadap kelembaban, seperti bagian bawah mobil dan sela-sela.

2. Wax atau Sealant

Melapisi mobil dengan wax atau sealant adalah cara efektif untuk melindungi cat dari korosi dan karat. Wax atau sealant membentuk lapisan pelindung di atas permukaan mobil, menjaga kondisi cat dan mencegah zat-zat berbahaya menempel pada permukaan mobil. Oleskan wax atau sealant secara teratur untuk mempertahankan perlindungan yang optimal.

3. Hindari Daerah dengan Kelembaban Tinggi

Jika memungkinkan, hindari parkir mobil Anda di daerah dengan kelembaban tinggi atau terkena paparan air secara langsung. Kelembaban tinggi mempercepat proses korosi pada permukaan mobil. Jika tidak ada pilihan lain, gunakan penutup mobil yang tahan air untuk melindungi kendaraan dari kelembaban berlebih.

4. Perlindungan Anti-Karat

Pertimbangkan untuk menggunakan produk perlindungan anti-karat yang dapat disemprotkan pada bagian-bagian yang rentan terhadap korosi, seperti bagian bawah mobil, knalpot, dan komponen logam lainnya. Perlindungan anti-karat membentuk lapisan pelindung yang mencegah kontak langsung dengan air dan zat berbahaya.

5. Perbaikan dan Touch-up Tepat Waktu

Jika Anda menemukan goresan atau kerusakan kecil pada cat mobil, segera lakukan perbaikan atau touch-up untuk mencegah korosi yang lebih parah. Goresan atau kerusakan kecil dapat memberikan jalur masuk bagi air dan zat berbahaya yang dapat mempercepat proses karat.

6. Perawatan Bodi Mobil

Selalu perhatikan perawatan bodi mobil, termasuk bagian bawah mobil, pelek, dan trim eksterior lainnya. Bersihkan kotoran, debu, dan residu yang menempel secara teratur. Pastikan juga untuk memeriksa dan mengganti baut dan sekrup yang karatan atau longgar.

7. Konsultasikan ke Profesional

Jika masalah karat pada mobil sudah cukup parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli perawatan mobil atau bengkel yang kompeten. Mereka dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi karat dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Baca Juga: 8 Solusi Mobilio Karatan yang Tepat, Karat Tidak Kembali !

Cegah Mobil Berkarat dengan Anti Karat dari RustPro!

Karat dan korosi adalah musuh utama kendaraan yang dapat merusak penampilan, struktur, dan nilai kendaraan Anda. Untungnya, RustPro hadir dengan solusi perlindungan anti karat yang luar biasa.

Cegah mobil berkarat sekarang dengan memasang anti karat di RustPro! Kami menyediakan layanan pemasangan anti karat pada mobil menggunakan bahan dasar berkualitas tinggi. Bahan dasar anti karat yang kami terbuat dari bahan rubber atau karet yang dapat melindungi mobil dari ancaman karat, seperti air hujan, panas, cuaca ekstrem, dan zat kimia yang mengandung korosi.

Dengan memasang anti karat di RustPro, Anda akan mendapat jaminan garansi hingga 8 tahun lamanya. Tentu, ini dapat menjamin kualitas anti karat yang kami gunakan dan menjamin mobil Anda akan terhindar dari karat untuk jangka waktu yang sangat lama.

So, buat Anda yang tidak ingin mobil kesayangannya berkarat, segera pasang anti karat di RustPro supaya tampilannya tetap optimal dan bisa menjadi aset berharga untuk Anda di masa mendatang.

Segera hubungi Customer Service kami untuk melakukan pemesanan antrian secara online di nomor WhatsApp 0813-1150-2678. Anda juga bisa mendatangi bengkel kami secara langsung yang berada di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

Itu dia beberapa informasi terkati penyebab dan cara mencegah mobil berkarat. Mobil yang berkarat tentu dapat mengurangi tampilan dan nilai jual kendaraan Anda, serta mempengaruhi struktur dan keawetannya. Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, Anda dapat mengatasi dan mencegah mobil berkarat dengan efektif. Selalu perhatikan perawatan dan perlindungan mobil secara rutin, serta lakukan perbaikan jika diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap terlihat prima dan tahan lama.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility