❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Tips Membeli Mobil Cicilan

mobil cicilan

Buat kamu yang ingin mempunyai sebuah mobil, namun tabungan belum mencukupi, salah satu opsinya adalah dengan membeli mobil secara kredit alias mobil cicilan.

Membeli mobil cicilan bisa menjadi alternatif opsi buat kamu yang ingin memiliki kendaraan tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar secara langsung.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli mobil cicilan.

Nah, melalui artikel ini, rustpro.id akan berbagi informasi kepada kamu tentang tips-tips membeli mobil cicilan.

Tips Membeli Mobil Cicilan

So, berikut adalah 6 (enam) tips aman dalam membeli mobil secara kredit:

1. Menghitung Kemampuan Finansial

Tips pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli mobil cicilan adalah menghitung kemampuan finansial kamu.

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kamu mampu membayar cicilan setiap bulannya di samping pengeluaran rutin untuk kebutuhan sehari-hari.

Hitung total pendapatan bulanan kamu, termasuk gaji pokok, tunjangan, bonus, dan sumber pendapatan lainnya. Setelah ditotal, kamu bisa menentukan berapa besaran cicilan yang mampu kamu bayar setiap bulannya.

Idealnya, cicilan mobil tidak sampai melebihi 30% dari pendapatan bulanan kamu. Persentase ini merupakan patokan yang umum digunakan dan direkomendasikan ahli ekonomi agar cicilan tidak mengganggu kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan begitu, kamu dapat menentukan kisaran harga mobil yang sesuai dengan budget keuangan kamu.

Tips membeli mobil cicilan yang satu ini sangat penting buat kamu ikuti agar dapat menghindari risiko gagal bayar yang bisa berdampak buruk pada kondisi keuangan kamu.

2. Pilih Mobil yang Sesuai

Setelah mengetahui kemampuan finansial Anda, barulah kamu bisa memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget keuangan.

Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mobil cicilan, yakni mulai dari kebutuhan, efisiensi bahan bakar, biaya perawatan, dan brand dari mobil tersebut.

Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika kamu memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak, kamu mungkin membutuhkan mobil yang mampu menampung banyak orang.

Begitupun sebaliknya, jika kamu butuh mobil hanya untuk keperluan pribadi, mobil berukuran kecil seperti sedan mungkin bisa jadi pilihan yang ideal.

Kemudian, perhatikan konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan mobil yang kamu incar. Pastikan mobil tersebut dapat membantu pengeluaran kamu untuk membeli bahan bakarnya, baik itu bahan bakar bensin ataupun listrik.

Selain itu, pastikan juga mobil tersebut membutuhkan biaya perawatan yang tidak terlalu tinggi. Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa melihat review dari influencer otomotif di media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, dan sebagainya.

Tips membeli mobil cicilan ini sangat membantu kamu agar mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, tidak sekedar asal memiliki mobil saja.

3. Bandingkan Suku Bunga

Selanjutnya, penting bagi kamu yang ingin membeli mobil cicilan untuk membandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh berbagai lembaga pembiayaan.

Suku bunga akan sangat berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membandingkan suku bunga:

Cek Penawaran dari Berbagai Lembaga

Usahakan jangan langsung mengambil penawaran pertama yang kamu temui. Luangkan waktu untuk melakukan perbandingan suku bunga dari berbagai bank dan lembaga pembiayaan.

Kamu bisa mengunjungi situs web mereka atau langsung mendatangi kantor mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait jasa yang mereka tawarkan.

Ketahui Jenis Suku Bunga

Penting juga buat kamu yang ingin membeli mobil cicilan untuk mengetahui jenis suku bunga yang umum dilakukan saat kredit mobil.

Diantaranya ada suku bunga tetap (fixed) dan suku bunga mengambang (floating.

Untuk suku bunga tetap, nantinya besaran cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya akan tetap alias sama nominalnya.

Sedangkan untuk suku bunga mengambang, maka besaran cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya bisa berubah-ubah, sesuai dengan kondisi pasar.

Oleh karena itu, pilihlah jenis suku bunga yang sesuai dengan preferensi kamu dan risiko yang sekiranya bisa kamu atasi.

Bandingkan Total Pembayarang

Selain itu, kamu juga perlu membandingkan total pembayaran mobil cicilan yang kamu bayar selama masa kredit.

Biasanya, terdapat beberapa lembaga pembiayaan yang menawarkan suku bunga rendah, namun dengan biaya administrasi dan asuransi yang tinggi. Makanya, penting buat kamu membandingkan total seluruh biaya yang kamu bayarkan.

Periksa Reputasi Lembaga Pembiayaan

Terkahir, periksa reputasi dari lembaga pembiayaan. Hal ini penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kamu dalam melakukan transaksi kredit.

Pastikan kamu memilih lembaga pembiayaan yang memiliki reputasi sangat baik dan terpercaya.

Tips membeli mobil cicilan ini dapat membantu kamu dalam mengurangi beban cicilan dan memaksimalkan keuntungan dari pembiayaan yang kamu pilih.

4. Pahami Perjanjian Kredit

Saat membeli mobil cicilan, pastikan kamu memahami perjanjian kredit yang akan disepakati.

Perjanjian kredit adalah sebuah dokumen resmi yang berisi ketentuan dan syarat kredit yang disepakati oleh kedua belah pihak, dalam hal ini kamu sebagai calon pembeli dengan lembaga pembiayaan atau leasing.

Terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan saat menandatangani perjanjian kredit, diantaranya besaran cicilan, tenor kredit, denda keterlambatan, biaya administrasi dan asuransi, serta klausul pembatalan.

Pastikan besaran cicilan yang tercantum dalam dokumen perjanjian kredit yang kamu tandatangani sesuai dengan yang sudah disepakati. Jangan ragu untuk bertanya jika terdapat hal yang tidak jelas atau berbeda dengan penawaran awal.

Sementara itu, tenor kredit adalah jangka waktu kredit yang disepakati. Kamu perlu memastikan tenor kredit sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

Pilihlah tenor yang tidak terlalu pendek agar cicilan tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu panjang agar kamu tidak merasa terbebani dengan pembayaran jangka panjang.

Kemudian, periksa juga ketentuan mengenai denda keterlambatan pembayaran. Pahami berapa besar denda yang akan dikenakan jika kamu terlambat membayar cicilan.

Hal ini penting untuk kamu cermati agar menghindari tambahan biaya yang tidak diinginkan.

Lalu yang terakhir, pahami klausul pembatalan kredit yang tercantum di dalam perjanjian tersebut. Ketahui syarat dan ketentuan jika kamu ingin membatalkan kredit sebelum jatuh tempo. Biasanya, lembaga pembiayaan mengenakan biaya penalti untuk pembatalan kredit.

Tips membeli mobil cicilan ini sangat penting untuk kamu cermati agar dapat memastikan bahwa kamu benar-benar paham dengan semua ketentuan yang berlaku.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Agar kamu bisa mendapatkan mobil cicilan dengan harga lebih terjangkau, kamu bisa memmanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh dealer atau lembaga pembiayaan.

Biasanya, dealer atau lembaga pembiayaan ada yang mengadakan promo seperti bunga 0% atau potongan harga dapat membantu mengurangi beban cicilan bulanan Anda.

Makanya, sering-sering mengecek ke dealer atau web resmi mereka agar mendapatkan informasi terkait promo yang sedang berlangsung.

Jangan malu juga untuk bertanya kepada sales mengenai promo atau diskon yang sedang berlangsung. Mereka tentu memiliki informasi terbaru mengenai promo yang ditawarkan dealer tempat dia bekerja.

Selain itu, kamu juga memanfaatkan event-event pameran otomotif di kota kamu. Biasanya, pameran otomotif menawarkan banyak promo dan diskon khusus bagi pengunjung.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penawaran harga mobil cicilan terbaik.

Tips membeli mobil cicilan ini sangat bisa membantu kamu dalam mendapatkan penawaran harga mobil cicilan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keuangan kamu.

6. Kelola Cicilan dengan Baik

Setelah semua proses transaksi diselesaikan dan kamu mendapatkan mobil yang kamu inginkan, pastikan kamu mengelola cicilan tersebut dengan baik.

Mengelola cicilan dengan baik dan bijak akan membantu kamu menjaga kondisi keuangan tetap sehat dan menghindari masalah di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola cicilan dengan baik:

– Bayar Cicilan Tepat Waktu
– Simpan Dana Darurat
– Monitor Keuangan secara Berkala
– Hindari pengeluaran yang tidak perlu
– Pertimbangkan untuk Pelunasan Dini
– Evaluasi Keuangan

Baca Juga: Mobil Seken Coating, Apakah Perlu?

Cegah Mobil Cicilan Kamu dari Kerusakan bersama Rustpro!

Jangan sampai pengeluaran kamu membengkak gara-gara mobil cicilan kamu berkarat dan keropos! Hal ini karena biaya untuk merestorasi mobil keropos bisa sampai Rp 20 juta.

Tentunya, ini akan sangat menguras isi dompet kamu, terlebih apabila mobil masih dalam proses cicilan.

Oleh karena itu, segera lindungi mobil kamu dari bahaya karat dan keropos bersama Rustpro, Dokternya Karat Mobil!

Kami menawarkan layanan anti karat mobil dengan kualitas premium yang bisa melindungi mobil kamu dari karatan hingga jangka waktu bertahun-tahun.

Kamu ga perlu ragu, karena kami menjaminnya dengan garansi sampai 8 tahun. Lama banget, kan?

Kemudian buat kamu yang membeli mobil seken atau bekas, kami menawarkan layanan inspeksi karat pada bagian kolong roda dan sasis.

Bersama kami, karat pada mobil kamu akan dihilangkan dalam waktu sekejap menggunakan alat Rust Buster. Ya, dalam waktu kurang dari 15 menit, karat hilang seketika.

So, tunggu apa lagi? Buruan kosnultasi dan reservasi sekarang melalui WhatsApp Customer Service di nomor 0812-1130-9522!

Buat kamu yang berdomisili di wilayah sekitar Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya, kamu bisa mendatangi cabang Rustpro yang berada di alamat berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

No. CS: Klik di sini

RustPro Bintaro

Alamat: Ruko Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

No. CS: Klik di sini

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

No. CS: Klik di sini

RUSTPRO

It's My Responsibility