❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Ingin Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah? Ini Syarat dan Harganya

pasang charger mobil listrik di rumah

Pengisian daya baterai mobil listrik terkadang menjadi sesuatu yang merepotkan, terlebih jika kita tidak memiliki chargernya sendiri di rumah.

Apabila belum pasang charger mobil listrik di rumah, pemilik mobil listrik perlu membawa mobilnya ke Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk dilakukan pengisian daya baterai.

Masalahnya, SPLU seringkali tersedia di kota besar atau beberapa rest area di Tol Trans Jawa. Adapun tarif yang dikenakan untuk mengisi baterai mobil di SPLU biasanya adalah Rp2.500 per kWh.

Selain SPLU, mobil listrik juga dilengkapi dengan portable charger berupa kabel yang dapat terhubung dengan alat pengubah arus.

Portable charger ini didesain sangat mobil friendly, alias mudah dibawa ke mana-mana, sehingga bisa digunakan pengisian daya mobil listrik di rumah.

Sayangnya, kapasitas daya yang dihasilkan oleh portable charger terbatas, sehingga proses pengisian mobil di rumah menjadi lebih lama.

Rata-rata, pengisian mobil dengan menggunakan portable charger bisa memakan waktu hingga 17 jam.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memasang charger mobil listrik di rumah Anda.

Dengan memasang charger mobil listrik di rumah, Anda dapat menghemat waktu pengisian baterai dan memastikan mobil Anda selalu siap untuk digunakan.

Selain itu, memiliki charger mobil listrik di rumah juga memberikan kenyamanan dan fleksibilitas, karena Anda bisa mengisi baterai mobil kapan pun Anda mau, tanpa harus mencari SPLU atau mengandalkan portable charger dengan kapasitas terbatas.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Jadi, jangan ragu untuk menyediakan fasilitas pengisian baterai mobil listrik di rumah Anda, dan nikmati kemudahan dan efisiensi dalam menggunakan mobil listrik Anda sehari-hari.

Syarat Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah

Pengisian daya mobil listrik di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan sistem charging khusus atau disebut wall charger dengan daya yang besar, sehingga proses pengisian menjadi lebih cepat.

Pemerintah Indonesia melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kelistrikan negara, Perusahaan Listrik Negara atau biasa disebut PLN, saat ini menawarkan fasilitas pemasangan wall charger secara gratis bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik.

Namun, tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku terkait dengan instalasi gratis ini.

Jika Anda membeli mobil listrik tertentu, biasanya mobil tersebut sudah disertai dengan fasilitas home charging.

Dengan begitu, PLN akan menyediakan pemasangan dan instalasi charger mobil listrik di rumah secara gratis untuk Anda.

Harga Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah

Dikutip dari ottopay.id, mulai Maret 2022 lalu hingga 31 Desember 2023 nanti, PLN telah meluncurkan promo menarik bernama “Super Everyday” sebagai bagian dari dukungan mereka untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di pasar otomotif Indonesia.

Promo ini tersedia untuk semua golongan tarif pelanggan, termasuk pelanggan TR (Tegangan Rendah) 1 Fasa dengan daya maksimal 7.700 VA dan pelanggan TR 3 Fasa dengan daya hingga 13.200 VA.

Adapun harga spesial yang diberikan PLN kepada para pemilik mobil listrik, yakni mencakup:

  • Pelanggan TR 1 Fasa hanya perlu membayar Rp850.000 untuk daya akhir 7.700 VA.
  • Sedangkan, pelanggan TR 3 Fasa cukup membayar Rp3,5 juta untuk daya akhir 13.200 VA.

Dengan adanya promo ini, pelanggan dapat merasakan manfaat pengisian cepat dan efisien untuk baterai mobil listrik mereka di rumah.

Sebagai gambaran, ketika daya rumah Anda mencapai 7.700 VA, baterai mobil listrik dengan kapasitas 38 kWh dapat terisi penuh hanya dalam waktu 5,5 jam.

Semakin besar daya charger yang digunakan, tentu semakin cepat pula proses pengisian baterai.

Dan yang menariknya lagi adalah, jika pelanggan melakukan pengisian baterai pada rentang waktu pukul 22.00 sampai 05.00 WIB, mereka akan mendapatkan potongan harga tarif listrik sebesar 30%.

Tentu saja ini menjadi kesempatan yang sangat menguntungkan bagi para pemilik mobil listrik.

Baca Juga: Ini Dia 5 Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Bagaimana Cara Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah?

Jika Anda ingin mengisi baterai mobil listrik hanya dengan daya 2.200 VA saja, tentu hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan portable charger.

Namun, jika Anda ingin mengisi daya mobil listrik di rumah dengan waktu pengisian yang lebih cepat, Anda perlu menggunakan wall charger, dan itu perlu dilakukan penambahan daya terlebih dahulu pada listrik rumah Anda.

Nah, untuk penambahan daya listrik ini, Anda bisa mengajukan penyambungan baru melalui aplikasi PLN Mobile setelah membeli mobil listrik.

Untuk teknis pengajuan pemasangan charger mobil listrik di rumah, Anda perlu membuktikan kepemilikan kendaraan listrik dengan menunjukkan STNK atau BPKB serta peralatan home charging kepada pihak PLN.

Setelah pengajuan disetujui, petugas PLN akan melakukan survei dan memasang home charging di rumah Anda.

Perlu diketahui bahwa penambahan daya diperlukan untuk memastikan bahwa pengisian daya mobil listrik dapat berfungsi maksimal tanpa mengganggu kebutuhan listrik di rumah.

Hal ini karena dengan wall charging, daya yang dibutuhkan adalah 7.200 watt agar baterai mobil terisi penuh.

Jadi, dari baterai mobil 0% sampai 100%, pengisian daya hanya perlu memakan waktu selama 5 hingga 6 jam saja dengan adanya wall charger.

Untuk satu unit mobil listrik, Anda dapat membuat penyambungan daya baru sebesar 7.700 VA pada 1 fasa.

Dengan begitu, daya baru ini dapat bekerja secara optimal dalam fungsi wall charging mobil Anda.

Memang, penambahan daya listrik mungkin terlihat seperti investasi besar di awal, tetapi sebenarnya itu adalah investasi hemat untuk jangka panjang.

Anda tidak perlu khawatir tentang harga BBM yang terus naik, karena mobil listrik adalah solusi ramah lingkungan yang juga dapat menghemat biaya bahan bakar. .

Selain itu, dengan memasang charger mobil listrik di rumah, Anda tidak perlu repot mencari Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) lagi.

So, jangan ragu untuk mengajukan penambahan daya listrik agar Anda dapat dengan nyaman dan efisien mengisi baterai mobil listrik di rumah.

Ini adalah langkah bijak untuk menghadirkan masa depan yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis dalam berkendara.

Punya Mobil Listrik? Jangan Lupa Rawat di RustPro agar Diberi Lapisan Coating Graphene 10h+!

Jika Anda sudah memiliki atau baru ingin membeli mobil listrik, pastikan lakukan perawatan di RustPro, karena di sini mobil Anda akan diberikan lapisan coating berteknologi Graphene 10h+!

Graphene 10h+ merupakan teknologi terkini dalam bidang coating yang menawarkan daya tahan yang lebih superior dibandingkan dengan teknologi coating nano ceramic.

Sebagai bengkel yang mengedepankan inovasi dalam perawatan mobil, RustPro menyajikan layanan coating dengan produk berbasis teknologi Graphene 10h+.

Dengan garansi selama 3 tahun dari RustPro, Anda dapat yakin bahwa lapisan coating Graphene 10h+ akan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap cat mobil Anda dari berbagai ancaman seperti goresan, debu, dan jamur.

Buruan atur jadwal layanan Anda di RustPro sekarang melalui layanan Customer Service kami di nomor WhatsApp 0813-1150-2678 dan nikmati DISKON 40% untuk jadwal layanan antara pukul 5 sore hingga 10 malam!

Selain layanan coating & auto detailing, RustPro juga menawarkan layanan perlindungan anti karat dan pemasangan kaca film. Untuk informasi lebih detail, silahkan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, kami mengundang Anda untuk datang dan mengunjungi bengkel kami di alamat yang tertera di bawah ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itu dia sejumlah informasi mengenai pemasangan charger mobil listrik di rumah.

Jangan ragu untuk memasang charger mobil listrik Anda di rumah dengan mengikuti persyaratan di atas.

Selain untuk menghemat waktu pengisian baterai, memasnag charger mobil listrik di rumah juga dapat membuat Anda tidak kerepotan harus mencari SPKLU.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility