❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Penyebab Cat Mobil Bergelembung, Sangat Ganggu Nilai Estetika

5 Penyebab Cat Mobil Bergelembung

Tampilan cat mobil yang bersih dan rapi tentu menjadi idaman bagi setiap pemilik mobil. Namun, terkadang cat mobil bergelembung bisa mengganggu tampilan estetika mobil dan membuatnya terlihat kurang menarik.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya cat bergelembung, seperti kelembaban, kualitas cat, persiapan permukaan, penguapan, dan teknik aplikasi yang tidak tepat.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi cat mobil bergelembung, sehingga hasil pengecatan mobil menjadi sempurna dan estetika mobil tetap terjaga.

Penyebab Cat Mobil Bergelembung

Saat melakukan pengecatan mobil, banyak faktor yang perlu diperhatikan agar hasil akhirnya dapat memuaskan.

Salah satu hal yang harus dihindari adalah terjadinya cat mobil bergelembung.

Terbentuknya gelembung pada permukaan cat mobil dapat mengganggu tampilan estetika mobil, dan dapat mengurangi keawetan lapisan cat mobil.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab cat mobil bergelembung agar dapat menghindarinya dan mendapatkan hasil cat yang sempurna.

  1. Kelembaban

Kelembaban adalah salah satu penyebab cat mobil bergelembung yang paling umum.

Kelembaban yang berlebihan dapat menyebabkan udara terperangkap di bawah lapisan cat yang belum kering, dan menyebabkan gelembung.

Kondisi kelembaban yang tinggi pada ruangan kerja atau lingkungan sekitar saat proses pengecatan mobil dapat menyebabkan cat tidak kering secara merata dan sempurna.

Selain itu, proses pengecatan mobil di tempat yang kurang terlindungi dari sinar matahari juga dapat mempercepat terjadinya kelembaban pada cat, yang kemudian berujung pada terbentuknya gelembung pada permukaan cat mobil.

  1. Kualitas Cat

Kualitas cat mobil yang buruk atau kurang berkualitas juga dapat menyebabkan cat bergelembung.

Penggunaan cat mobil dengan bahan yang tidak memadai atau proses produksi cat yang tidak memenuhi standar dapat menyebabkan cat cepat rusak dan terbentuknya gelembung.

Selain itu, penggunaan cat yang sudah melewati masa simpan atau penyimpanan cat dalam kondisi yang tidak tepat juga bisa memperburuk kualitas cat, yang berujung pada terbentuknya gelembung pada cat mobil.

  1. Persiapan Permukaan

Persiapan permukaan mobil yang tidak dilakukan dengan baik dapat menjadi penyebab cat mobil bergelembung.

Sebelum dilakukan pengecatan, permukaan mobil harus disiapkan dengan benar, seperti membersihkan permukaan mobil secara menyeluruh, menghilangkan karat atau goresan pada permukaan mobil, dan menerapkan pengikat cat atau primer.

Jika proses persiapan permukaan tidak dilakukan dengan benar, maka lapisan cat yang diterapkan tidak akan melekat dengan baik dan kemudian dapat terbentuk gelembung pada permukaan cat mobil.

  1. Penguapan

Penguapan yang terjadi terlalu cepat pada saat cat masih basah juga dapat menyebabkan cat bergelembung.

Hal ini dapat terjadi jika pengaplikasian cat dilakukan di bawah sinar matahari yang terik atau di ruangan yang panas.

Penguapan yang terjadi terlalu cepat dapat menyebabkan permukaan cat menjadi kering secara tidak merata, sehingga terbentuklah gelembung pada permukaan cat mobil.

Untuk menghindari terjadinya penguapan yang terlalu cepat, sebaiknya pengecatan mobil dilakukan di lingkungan kerja yang memiliki suhu dan kelembaban yang sesuai.

Jika pengecatan mobil dilakukan di bawah sinar matahari yang terik, sebaiknya mobil dicat pada saat cuaca sedang mendung atau pada malam hari.

Selain itu, sebaiknya menghindari penggunaan alat pengering yang terlalu kuat atau terlalu dekat dengan permukaan cat, karena hal tersebut dapat mempercepat penguapan dan menyebabkan terbentuknya gelembung pada cat mobil.

  1. Teknik Aplikasi

Teknik aplikasi yang tidak tepat juga dapat menyebabkan cat mobil bergelembung.

Pengaplikasian cat yang terlalu tebal atau terlalu tipis dapat menyebabkan terbentuknya gelembung pada permukaan cat mobil.

Selain itu, jika cat diaplikasikan pada permukaan yang terlalu panas, permukaan cat dapat mengering terlalu cepat dan kemudian terbentuklah gelembung.

Untuk menghindari terjadinya cat mobil bergelembung akibat teknik aplikasi yang tidak tepat, sebaiknya menggunakan teknik aplikasi yang benar, seperti mengaplikasikan cat secara merata dan dengan tekanan yang sesuai pada alat aplikator.

Selain itu, sebaiknya menghindari penggunaan cat yang sudah melewati masa simpan atau terlalu lama disimpan.

Hal ini karena cat yang sudah melewati masa simpan dapat sulit diaplikasikan dan kemungkinan besar akan terbentuk gelembung pada permukaan cat mobil.

Cara Mengatasi Cat Mobil Bergelembung

Setelah mengetahui penyebab cat mobil bergelembung, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari cara mengatasi masalah tersebut.

Terlebih lagi, bergelembung pada cat mobil dapat mengganggu tampilan mobil dan mengurangi keawetan lapisan cat.

Penting untuk mengetahui cara mengatasi cat mobil bergelembung agar hasil pengecatan mobil dapat memuaskan.

  1. Menghilangkan Gelembung pada Cat Mobil

Jika cat mobil sudah terlanjur bergelembung, hal yang perlu dilakukan adalah menghilangkan gelembung tersebut.

Caranya adalah dengan memotong atau menusuk gelembung dengan pisau cukur atau jarum yang bersih.

Setelah itu, tekan permukaan cat yang bergelembung dengan jari atau dengan kain yang bersih dan lembut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini tidak dapat mengembalikan permukaan cat menjadi sempurna dan tidak terlihat seperti baru.

  1. Mengulang Proses Pengecatan

Jika terdapat banyak gelembung pada cat mobil, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengulang proses pengecatan mobil.

Perlu diingat bahwa pengulangan proses pengecatan mobil hanya dapat dilakukan setelah cat mobil yang sebelumnya telah kering dan matang sepenuhnya.

Sebelum melakukan pengecatan ulang, pastikan untuk menyiapkan permukaan mobil dengan baik dan mengaplikasikan cat secara merata dan dengan tekanan yang sesuai pada alat aplikator.

Baca Juga: Besaran Estimasi Biaya Cat Mobil Lengkap di Bengkel Resmi dan Umum

  1. Menghindari Terjadinya Cat Mobil Bergelembung

Agar tidak terjadi cat mobil bergelembung, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari kelembaban pada lingkungan kerja, memilih bahan cat mobil yang berkualitas, menyiapkan permukaan mobil dengan baik, dan menggunakan teknik aplikasi yang tepat.

Selain itu, sebaiknya pengecatan mobil dilakukan di lingkungan kerja yang memiliki suhu dan kelembaban yang sesuai, menghindari pengaplikasian cat terlalu tebal atau terlalu tipis, dan menggunakan alat aplikator yang tepat.

Dalam rangka mengatasi masalah cat mobil bergelembung, perlu diingat bahwa pencegahan adalah cara yang lebih baik daripada mengobati.

Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan agar tidak terjadi cat mobil bergelembung.

Namun, jika terlanjur terjadi cat mobil bergelembung, maka langkah-langkah di atas dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Cegah Bodi Mobil dari Kerusakan dengan Coating Detailing dari Rustpro

Setelah memahami bagaimana penyebab hingga cara mengatasi cat mobil bergelembung, kita menyadari betapa pentingnya perawatan pada bodi mobil ini.

Karena jika cat mobil mengalami kerusakan seperti bergelembung, jelas harga jual mobil pun bisa jadi turun drastis.

Pastikan untuk melakukan perawatan secara optimal pada bodi mobil kesayangan Anda dengan melakukan perawatan coating dan detailing di bengkel coating detailing terbaik dan terpercaya.

Rustpro menjadi salah satu bengkel spesialis coating dan detailing yang banyak direkomendasikan oleh banyak pengguna mobil di Indonesia untuk merawat bodi mobil agar terjaga selalu kondisinya.

Rustpro menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi hingga 3 tahun, jelas kualitas dari coating dan detailing Rustpro memang sangat terjamin.

Ayo hubungi customer service RustPro melalui WhatsApp melalui nomor berikut: 0813-1150-2678 untuk melakukan reservasi !

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Rustpro, Anda bisa mengunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo hubungi Rustpro sekarang juga!

Rustpro Pegangsaan Dua – Jakarta

Untuk anda yang tinggal di Jakarta Utara dan sekitarnya, anda bisa datang ke Rustpro Pegangsaan Dua dengan alamat lokasi berikut ini.

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Rustpro Wiyung Surabaya

Untuk anda yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, anda bisa datang ke Rustpro Wiyung Surabaya dengan alamat lokasi berikut ini.

Lokasi: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

Rustpro Cirebon

Untuk anda yang tinggal di Cirebon dan sekitarnya, anda bisa datang ke Rustpro Cirebon dengan alamat lokasi berikut ini.

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

Dalam pengecatan mobil, terjadinya cat mobil bergelembung bisa terjadi akibat beberapa faktor seperti kelembaban, kualitas cat, persiapan permukaan, penguapan, dan teknik aplikasi yang tidak tepat.

Namun, untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa perawatan dan pemeliharaan lapisan cat pada mobil di Rustpro yang akan menjaga tampilan mobil tetap prima serta memperpanjang umur cat mobil.

RUSTPRO

It's My Responsibility