❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Kenali 5 Penyebab Cat Mobil Memudar dan Tips Mengatasinya

penyebab cat mobil memudar

Ccat mobil yang memudar adalah masalah umum yang banyak dihadapi oleh pemilik kendaraan. Ketika cat mobil memudar, warna yang indah dan kilau yang menarik perlahan-lahan memudar sehingga mengurangi tampilan kendaraan.

Nah, supaya cat mobil Anda tidak cepat memudar, di bawah ini kami akan membagikan informasi mengenai hal-hal apa saja yang menjadi penyebab cat mobil memudar.

Penyebab Cat Mobil Memudar

Cat mobil yang indah dan mengkilap adalah salah satu faktor yang membuat kendaraan terlihat menawan dan terawat. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda mungkin melihat tanda-tanda cat mobil mulai memudar.

Berikut adalah beberapa penyebab cat mobil memudar yang perlu Anda ketahui.

1. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Sinar matahari yang kuat dan paparan ultraviolet (UV) dapat menjadi penyebab utama cat mobil memudar. Radiasi UV menyebabkan degradasi pigmen cat dan mengurangi kecerahan serta intensitas warna. Bagian atas mobil yang terpapar langsung sinar matahari cenderung lebih rentan terhadap memudarnya cat.

2. Polusi dan Kontaminan Lingkungan

Polusi udara, debu, kotoran, asam hujan, serta zat kimia lainnya yang menempel pada permukaan mobil dapat merusak lapisan dan menjadi penyebab cat mobil memudar. Partikel-partikel tersebut dapat menggores dan membentuk lapisan yang mengurangi kilau serta kejelasan warna cat.

3. Kurangnya Perawatan dan Pembersihan

Cat mobil memudar juga bisa disebabkan karena kurangnya perawatan dan pembersihan yang rutin pada cat mobil, sehingga menyebabkan penumpukan kotoran, debu, dan kontaminan lainnya. Jika tidak dibersihkan secara rutin dan teratur, partikel-partikel tersebut tentu dapat merusak permukaan cat dan menyebabkan penurunan kecerahan warna.

4. Penggunaan Produk Pembersih yang Tidak Tepat

Penyebab cat mobil memudar juga dapat berasal dari penggunaan produk pembersih yang keras, berbahan kimia kuat, atau tidak sesuai dengan permukaan cat mobil. Hal ini berakibat pada perubahan warna dan kerusakan pada lapisan cat. Penggunaan produk yang salah atau tidak membilas dengan benar saat mencuci dapat menyebabkan memudarnya warna serta hilangnya efek kilau.

5. Goresan dan Cacat Permukaan

Hal terakhir yang menjadi penyebab cat mobil memudar adalah goresan atau lecet yang mengurangi keindahan tampilan kendaraan. Goresan atau lecet yang tidak diperbaiki dengan cepat dapat mempengaruhi permukaan cat secara keseluruhan dan mengurangi kilau serta kecerahan warna.

Tips Agar Cat Mobil Tidak Mudah Pudar

Setelah mengetahui beberapa penyebab cat mobil memudar, berikut kami sajikan tips agar cat mobil tidak mudah pudar.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

 

1. Parkir di Tempat yang Terlindung

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, paparan sinar matahari langsung dapat menjadi penyebab cat mobil memudar. Oleh karena itu, usahakan saat memarkir mobil pilihlah tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

2. Gunakan Lapisan Pelindung

Goresan, debu, dan kotoran dapat menyebabkan cat mobil memudar. Pengaplikasian lapisan pelindung seperti wax atau sealant secara teratur dapat membantu melindungi cat mobil dari kerusakan dan memudarnya warna. Lapisan ini membentuk penghalang antara cat dan elemen-elemen lingkungan yang dapat merusaknya.

3. Jaga Kebersihan Mobil

Membersihkan mobil secara rutin adalah langkah penting untuk mencegah cat mobil memudar. Debu, kotoran, dan kontaminan lainnya yang menumpuk pada permukaan mobil dapat merusak cat seiring waktu. Pastikan Anda mencuci mobil secara teratur dan menghilangkan noda atau tumpahan sesegera mungkin.

4. Hindari Penggunaan Produk Pembersih yang Tidak Tepat

Hindari penyebab cat mobil memudar dengan menggunakan produk pembersih yang dirancang khusus untuk cat mobil dan ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasannya. Penggunaan produk yang keras, berbahan kimia kuat, atau kasar tentu dapat merusak dan memudarkan warna cat mobil.

5. Perbaiki Goresan dan Cacat Permukaan dengan Cepat

Jika ada goresan atau cacat pada cat mobil, segera perbaiki melalui bantuan profesional atau bengkel terpercaya. Goresan yang dibiarkan tanpa perbaikan dapat menjadi penyebab cat mobil memudar dan mengurangi tampilan mobil secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Kiat Siasati Cuaca Panas di Indonesia pada Mobil Anda

Nah, buat Anda yang ingin melakukan perawatan secara rutin supaya cat mobil tidak cepat pudar, silahkan bawa saja kendaraan Anda ke bengkel RustPro!

Dengan menggunakan layanan “Coating and Detailing” dari RustPro, kami berani menjamin bahwa setelah mobil Anda kami tangani, tingkat ketahanannya bisa bertahan hingga 10 tahun ke depan. Kami pun memberikan garansi hingga 8 tahun untuk setiap layanan yang kami berikan kepada para customer.

Selain itu, pengerjaan coating dan detailing pada mobil Anda akan dilakukan oleh teknisi berpengalaman yang telah terlatih menggunakan SOP yang didevelop langsung oleh ahli otomotif dari Jerman.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan reservasi online melalui kontak WhatsApp Customer Service Rustpro di 0813-1150-2678. Untuk alamat bengkel, kami berada di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, tepatnya di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

 

 

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility