❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Penyebab Karat pada Knalpot Mobil dan Cara Menghilangkannya

penyebab karat pada knalpot mobil

Seringkali pemilik mobil mengabaikan perawatan knalpot mobil yang berkarat. Karat pada knalpot mobil tidak hanya berpotensi merusak estetika mobil, tetapi juga dapat mempengaruhi performa dan keamanan berkendara.

Supaya knalpot mobil Anda terhindar dari karat, sebaiknya simak ulasan dari rustpro.id berikut ini tentang penyebab karat pada knalpot mobil supaya Anda dapat mencegahnya lebih dini.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Karat pada Bumper Mobil agar Kinclong Kembali

Faktor Penyebab Karat pada Knalpot Mobil

Ada beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan karat pada knalpot mobil:

1. Paparan Air dan Kelembaban

Salah satu penyebab utama knalpot mobil berkarat adalah paparan air dan kelembaban.

Saat mobil dikendarai di jalan basah atau dalam cuaca hujan, air dan kelembaban bisa menempel pada knalpot dan jika tidak segera dikeringkan, akan memicu proses oksidasi yang menghasilkan karat.

2. Kondisi Lingkungan

Lingkungan dengan tingkat kelembaban tinggi, udara garam (seperti di daerah pesisir), atau polusi tinggi dapat mempercepat proses oksidasi dan pembentukan karat pada knalpot mobil.

3. Material Knalpot

Jenis material yang digunakan untuk membuat knalpot juga berperan penting. Beberapa material, seperti baja ringan, lebih rentan terhadap korosi dan karat.

Di sisi lain, material seperti stainless steel dan titanium biasanya lebih tahan terhadap karat.

4. Kondisi Mobil

Mobil yang jarang digunakan atau sering dibiarkan dalam keadaan basah tanpa dikeringkan juga bisa mempercepat proses korosi pada knalpot.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

5. Bahan Bakar

Bahan bakar yang digunakan untuk juga memiliki pengaruh terhadap terjadinya karat pada knalpot mobil. Misalnya, bahan bakar dengan kandungan sulfur tinggi dapat mempercepat proses korosi pada knalpot.

Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Mobil

Jika karat telah menggerogoti bagian knalpot mobil Anda, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada knalpot mobil:

1. Menggunakan Pembersih Karat Komersial

Ada banyak produk pembersih karat di pasaran yang efektif menghilangkan karat. Sebelum menggunakan produk tersebut, pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar. Gunakan sarung tangan dan masker jika diperlukan untuk melindungi diri Anda dari bahan kimia.

2. Menggunakan Coca Cola

Coca Cola mengandung asam fosfat, yang bisa efektif menghilangkan karat. Cukup tuangkan sedikit Coca Cola ke spons atau lap, lalu gosokkan ke area yang berkarat. Setelah itu, bersihkan dengan air dan keringkan.

3. Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih juga efektif untuk menghilangkan karat. Rendam bagian yang berkarat dengan cuka putih selama beberapa jam, lalu gosok dengan sikat kawat atau spons. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan.

4. Menggunakan Soda Kue dan Air

Campurkan soda kue dan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke bagian yang berkarat, lalu gosok dengan sikat kawat atau spons. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan.

5. Menggunakan Alat Pengamplasan

Jika karat pada knalpot mobil sudah cukup parah, Anda mungkin perlu menggunakan alat pengamplasan atau bor. Namun, metode ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk tidak merusak knalpot.

6. Penggantian Knalpot

Sementara itu, jika karat pada knalpot mobil sudah berada di kategori sangat parah dan tidak bisa dihilangkan dengan metode di atas, Anda mungkin perlu mengganti knalpot Anda dengan yang baru.

Baca Juga: 8 Cara Cegah Knalpot Mobil Karatan, Ternyata Begini !

Jangan Asal Lapisi Knalpot Mobil dengan Anti Karat, Lebih Baik Bawa ke RustPro!

Knalpot adalah salah satu bagian mobil yang sangat tidak direkomendasikan untuk mendapatkan pelapisan anti karat.

Hal ini karena cat pelindung anti karat dapat mengakibatkan perusakan pada bagian batang knalpot, sehingga menghalangi kinerjanya untuk berfungsi sebagai saluran pembuangan akhir mesin mobil dengan optimal.

Maka dari itu, jika Anda memiliki keinginan untuk memberikan lapisan anti karat pada bagian kolong mobil Anda, sebaiknya serahkan saja kepada RustPro, spesialisnya dalam bidang perawatan mobil.

Melalui layanan anti karat mobil, RustPro menggunakan cat pelindung dengan bahan dasar karet atau rubber yang telah teruji secara klinis dan terbukti efektif dalam melindungi logam dari berbagai jenis bahan kimia penyebab korosi.

Sebagai bentuk jaminan atas kualitas dan ketahanannya, RustPro memberikan garansi selama 8 tahun dan penyemprotan cat anti karat ulang setiap tahunnya secara GRATIS!

Saat ini, RustPro tengah menyelenggarakan promosi ‘lebay’, yaitu POTONGAN HARGA 40% untuk seluruh layanan perawatan mobil di setiap cabang RustPro.

Info lengkap bisa Anda dapatkan melalui kontak WhatsApp Customer Service kami di nomor 0813-1150-2678 dan di Instagram @rustpro_indonesia.

Anda dapat melakukan reservasi antria secara online melalui Customer Service kami atau datang langsung ke bengkel RustPro terdekat.

Untuk Anda yang berada di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Makassar, Anda dapat mengunjungi bengkel RustPro yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Makassar

Lokasi: Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223.

Itulah dia 5 (lima) penyebab karat pada knalpot mobil dan beberapa cara menghilangkannya.

Perlu digarisbawahi, perawatan dan perbaikan secepat mungkin dapat membantu Anda menghindari biaya yang lebih besar di masa mendatang dan memastikan kenyamanan serta keamanan berkendara Anda.

Jadikanlah perawatan knalpot sebagai bagian dari rutinitas perawatan mobil Anda.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility