Kenali Penyebab Karat pada Mobil Beserta Cara Mencegahnya

penyebab karat pada mobil

Salah satu masalah yang harus diwaspadai oleh pemilik mobil adalah karat. Ya, munculnya penyebab karat pada mobil memang tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, keberadaan karat bisa menyebabkan kerusakan yang fatal pada mobil. Penyebab karat pada mobil sendiri adalah terjadinya reaksi kimia atau korosi pada material mobil yang berbahan logam.

Jika karat dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan kerusakan yang semakin parah mulai dari bodi hingga sasis mobil. Maka dari itu, penting untuk mencegah terjadinya karat pada mobil. Sebelum membahas mengenai cara mencegah karat, ada baiknya untuk mengenali beberapa penyabab munculnya karat pada mobil. Tujuannya adalah supaya penyebab tersebut bisa dihindari. Lalu, apa saja penyebab dan bagaimana cara mencegahnya?

Inilah 5 Penyebab Karat pada Mobil yang Harus Diwaspadai

penyebab karat pada mobil

  1. Sering terkena air hujan

Perlu diketahui bahwa air air hujan memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Apalagi di wilayah perkotaan dimana level polusi cukup tinggi. Air hujan dengan kandungan asam yang tinggi bisa menyebabkan reaksi kimia atau proses korosi pada logam menjadi lebih cepat terjadi. Akibatnya, mobil yang terlalu sering terkena air hujan pun menjadi lebih mudah terkena karat.

  1. Terendam banjir

Banjir atau genangan air juga bisa menjadi penyebab karat pada mobil. Seperti yang diketahui bahwa air banjir bercampur dengan air hujan serta berbagai kotoran lainnya. Kandungan asam pada air hujan bisa menyebabkan air banjir berbahaya untuk kesehatan mobil karena dapat menimbulkan karat. Selain itu, kotoran seperti kerikil atau lumpur juga bisa menyebabkan goresan atau baret pada mobil yang memicu timbulnya karat jika dibiarkan begitu saja.

  1. Bekas tabrakan

Tabrakan atau benturan pada mobil biasanya menyebabkan cat mobil terkelupas. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, maka bagian mobil yang tidak terlindungi oleh cat tersebut lebih rawan terkena karat. Pasalnya, komponen mobil tersebut telah kehilangan lapisan pelindung bodi mobil. Tidak heran jika bekas tabrakan umumnya sering ditemui dalam kondisi berkarat. Selain bekas tabrakan, kotoran seperti lumpur yang mengikis permukaan cat juga bisa menyebabkan karat.

  1. Kontaminasi air laut

Tidak dipungkiri bahwa mobil yang sering digunakan untuk beraktivitas di wilayah dekat pantai atau pesisir laut biasanya lebih mudah berkarat. Ternyata, hal ini disebabkan karena air laut mengandung mineral atau garam yang cukup tinggi. Kandungan mineral yang tinggi pada air laut inilah yang menjadi penyebab karat pada mobil. Maka dari itu, pemilik mobil yang tinggal di wilayah pesisir pantai perlu berhati-hati dalam merawat mobil mengingat sifat air laut yang cukup korosif.

  1. Kotoran yang menempel

Setelah digunakan untuk melakukan perjalanan, biasanya ada banyak kotoran yang menempel di bodi mobil, seperti lumpur atau tanah. Jika dibiarkan, kotoran tersebut lama-kelamaan akan mengeras dan menjadi kerak. Ketika dibersihkan, kerak kotoran tersebut bisa saja mengikir permukaan cat. Akibatnya, permukaan mobil kehilangan pelindungnya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan baret pada bodi mobil dan menjadi penyebab munculnya karat.

Dibaca Juga: Penghilang Karat Mobil Paling Ampuh dan Cara Menggunakannya

Cara Mencegah Karat pada Mobil

  1. Cuci mobil secara rutin

Salah satu penyebab karat pada mobil adalah kotoran yang menempel. Maka dari itu, cara mencegah mobil berkarat bisa dilakukan dengan mencuci mobil secara rutin. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mobil bebas dari kotoran yang bisa menyebabkan baret pada cat mobil. Meski begitu, mencuci mobil juga harus dilakukan dengan cara dan pada waktu yang tepat.

Sebaiknya, usahakan untuk tidak mencuci mobil pada malam hari mengingat udara lembap dapat mempengaruhi kelembapan bodi serta bagian dalam ruang mesin mobil. Jika mencuci mobil pada siang hari, usahakan jangan menjemur mobil secara langsung di bawah sinar matahari. Sebab, paparan terik matahari pada bodi mobil yang masih basah dapat menyebabkan kerusakan cat

  1. Segera cuci mobil setelah kehujanan atau terkena banjir

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di daerah dengan kadar polusi udara yang tinggi seperti kawasan industri dan perkotaan, hujan yang turun seringkali memiliki kandungan asam yang tinggi. Air hujan dengan kandungan asam tinggi bersifat korosif yang dapat merusak cat mobil dan menjadi penyebab karat pada mobil. Maka dari itu, usahakan untuk segera mencuci mobil setelah kehujanan dan terkena banjir.

  1. Beri pelumas di beberapa bagian mobil

Perlu diketahui bahwa karat seringkali muncul di beberapa bagian engsel mobil. Mengingat bagian ini cukup tertutup, maka tidak jarang munculnya karat pada engsel mobil tidak diketahui. Padahal, adanya karat pada engsel bisa menyebabkan kerusakan yang semakin merambat dan merusak komponen mobil lainnya. Sebagai upaya untuk mencegah munculnya karat di bagian mobil yang tersembunyi, Anda bisa mengoleskan pelumas pada engsel mobil secara berkala.

  1. Cek kondisi mobil secara berkala

Penyebab karat pada mobil seringkali tidak disadari oleh pemilik mobil. Maka dari itu, pengecekan secara berkala menjadi solusi paling tepat untuk memastikan mobil dalam kondisi prima atau sebaliknya. Dengan melakukan pengecekan mobil secara rutin, maka munculnya karat pada bagian yang tersembunyi bisa segera terdeteksi dan dapat diatasi lebih dini.

  1. Usahakan parkir mobil di tempat tertutup

Langkah mencegah karat pada mobil juga bisa dilakukan dengan cara memarkirkan mobil di tempat yang tertutup. Dengan parkir mobil di tempat yang tertutup, maka mobil dipastikan akan terlindungi dari paparan sinar matahari dan guyuran air hujan. Hal ini tentunya sangat baik untuk meminimalisir risiko terjadinya korosi pada bodi dan mesin mobil.

  1. Pasang lapisan anti karat

Penyebab karat pada mobil juga bisa dihindari dengan memasang lapisan anti karat. Meskipun beberapa mobil baru sebenarnya telah dilengkapi dengan lapisan anti karat, namun seiring waktu lapisan anti karat tersebut dapat terkikis. Selain itu, beberapa titik di bodi mobil juga biasanya belum ada lapisan anti karat. Maka dari itu, ada baiknya untuk memberikan lapisan anti karat pada mobil.

Pemasangan lapisan anti karat pun tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda memilih produk anti karat yang aman dan berkualitas. Nah, salah satu anti karat mobil yang layak untuk Anda pilih adalah RUSTPRO. Anti karat mobil ini menjadi yang pertama di Indonesia yang memberikan garansi 8 tahun. Selain unggul dalam hal garansi, kualitas anti karat mobil dari RUSTPO pun sangat terjamin.

RUSTPRO merupakan satu-satunya anti karat mobil yang menggunakan teknologi anti karat pada kapal perang. Treatment pelapisan anti karat mobil ini berbahan dasar rubber (karet) serta soundproof. Penggunaan bahan tersebut sangat ampuh dan efektif sebagai pelindung anti karat dibandingkan bahan aspal.

Penggunaan superproof juga berguna untuk mengurangi suara luar mobil hingga 20 dB. Bahkan, anti karat ini juga sangat tahan terhadap penyebab karat pada mobil seperti hujan, air garam, dan panas. Dengan begitu, maka RUSTPRO sangat cocok diaplikasikan pada iklim tropis seperti di Indonesia. Dengan memilih produk yang berkualitas, maka mobil Anda akan aman dan terlindungi dari karat yang merusak mobil.

Nah, itu dia beberapa penyebab karat pada mobil dan cara mencegahnya. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, maka mobil Anda akan terhindar dari karat yang bisa menurunkan kualitas dan harga mobil. Untuk penggunaan lapisan anti karat, pastikan memilih RUSTPRO karena menggunakan bahan berkualitas tinggi dan memberikan garansi hingga 8 tahun. Anda bisa menghubungi admin Rustpro dengan cara (klik disini) untuk mengetahui harga dan promo-promo yang ditawarkan oleh Rustpro.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1336

No votes so far! Be the first to rate this post.