❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Faktor Penyebab Lantai Mobil Berkarat, Waspadalah!

6 Faktor Penyebab Lantai Mobil Berkarat, Waspadalah!

Lantai mobil berkarat bukan hanya masalah estetika, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada mobil dan bahkan membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Karat pada lantai mobil dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan air, garam, zat kimia, bekas kotoran, umur mobil, dan kurangnya perawatan pada mobil.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan perawatan mobil secara teratur dan baik untuk mencegah karat pada lantai mobil.

Dalam artikel ini, rustpro.id membahas lebih lanjut tentang penyebab lantai mobil berkarat dan cara mengatasi serta menghindarinya.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara menjaga lantai mobil tetap bersih dan terawat!

Penyebab Lantai Mobil Berkarat

Karat pada lantai mobil adalah masalah yang umum terjadi pada mobil, terutama pada mobil yang sering digunakan atau telah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Masalah lantai mobil berkarat dapat menyebabkan kerusakan pada lantai mobil dan membuat mobil terlihat kurang menarik secara estetika. Penyebab karat pada lantai mobil bisa bervariasi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Paparan Air

Air merupakan salah satu penyebab utama karat pada lantai mobil.

Saat mobil kita digunakan di daerah yang berair atau terkena hujan, maka lantai mobil akan terpapar air.

Bila air tersebut tidak segera dikeringkan atau dibersihkan, maka dapat memicu terjadinya korosi pada logam yang ada pada lantai mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Terlebih lagi jika kita sering melintasi genangan air atau memarkir mobil di area terendam air, maka risiko lantai mobil berkarat akan meningkat.

Untuk mencegah karat pada lantai mobil, penting untuk membersihkan dan mengeringkan mobil secara teratur dan rutin.

Pastikan juga untuk membersihkan bagian bawah mobil, termasuk lantai mobil, untuk menghindari penumpukan kotoran dan air.

  1. Paparan Garam

Paparan garam juga dapat menjadi penyebab karat pada lantai mobil.

Garam dapat ditemukan pada jalan-jalan yang dilapisi dengan garam selama musim dingin, terutama di negara-negara yang mengalami musim dingin yang sangat ekstrem.

Garam dapat mempercepat korosi pada logam dan dapat menyebabkan kerusakan pada lantai mobil.

Jika mobil sering digunakan di daerah pantai atau di daerah yang sering diberi garam pada musim dingin, maka risiko karat pada lantai mobil akan meningkat.

Untuk mencegah karat pada lantai mobil, pastikan untuk membersihkan mobil secara rutin dan menghindari penggunaan jalan yang diberi garam.

  1. Zat Kimia

Beberapa zat kimia seperti bahan kimia pembersih, bahan kimia jalan, dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan karat pada lantai mobil.

Zat-zat tersebut dapat merusak lapisan pelindung pada lantai mobil dan mempercepat terjadinya karat pada logam yang ada pada lantai mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan bahan pembersih mobil yang aman dan tidak merusak lantai mobil.

Jangan menggunakan bahan kimia yang terlalu keras atau abrasif, karena dapat merusak lapisan pelindung pada lantai mobil.

Lakukan pembersihan mobil secara rutin dan gunakan produk pembersih mobil yang direkomendasikan oleh produsen mobil atau dealer resmi.

  1. Bekas Kotoran

Kotoran seperti pasir, lumpur, dan debu dapat menempel pada lantai mobil dan menyebabkan goresan.

Goresan tersebut dapat menjadi tempat bagi air dan kelembapan untuk menumpuk, yang mempercepat terbentuknya karat.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan mobil dengan membersihkan lantai mobil secara rutin dapat membantu mencegah kerusakan dan karat pada lantai mobil.

Pastikan untuk membersihkan mobil secara teratur dan menghindari memarkir mobil di area yang kotor dan berdebu.

  1. Umur Mobil

Penyebab lantai mobil berkarat selanjutnya adalah umur mobil.

Umur mobil juga dapat menjadi penyebab karat pada lantai mobil.

Mobil yang sudah tua atau telah digunakan dalam jangka waktu yang lama cenderung lebih rentan terhadap karat pada lantai mobil.

Hal ini disebabkan oleh paparan unsur-unsur alam dan zat-zat kimia yang terjadi selama bertahun-tahun.

Kondisi cuaca yang ekstrem, paparan air, garam, dan zat kimia dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan korosi pada logam yang ada pada lantai mobil.

Selain itu, mobil yang sering digunakan dan memiliki frekuensi penggunaan yang tinggi juga lebih rentan terhadap karat pada lantai mobil.

Oleh karena itu, pemilik mobil harus lebih memperhatikan perawatan mobil jika mobil sudah berusia tua atau telah digunakan dalam waktu yang lama.

Perawatan mobil secara rutin dan baik dapat membantu mencegah karat pada lantai mobil dan membuat mobil tetap awet dan terlihat baik.

Selain itu, pastikan untuk melakukan inspeksi rutin pada mobil dan lantai mobil, sehingga jika terdapat kerusakan atau karat, dapat segera diatasi sebelum semakin parah.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun, Wajib Perhatikan Hal Ini

  1. Kurang Perawatan

Kurangnya perawatan pada mobil dapat membuat lantai mobil rentan terhadap karat.

Pemilik mobil yang tidak melakukan perawatan teratur pada mobilnya.

Seperti tidak membersihkan lantai mobil secara rutin, tidak melakukan pengecekan dan perawatan berkala, dan tidak memberikan lapisan pelindung pada lantai mobil dapat membuat mobil lebih rentan terhadap karat.

Selain itu, mobil yang tidak disimpan di tempat yang aman dan terlindungi dapat membuat lantai mobil rentan terhadap karat.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan perawatan mobil secara teratur dan menyimpan mobil di tempat yang aman dan terlindungi dari cuaca dan paparan zat kimia.

Dalam rangka mencegah karat atau keropos pada lantai mobil, perawatan mobil secara rutin dan baik sangat penting.

Paparan air, garam, zat kimia, bekas kotoran, umur mobil, dan kurangnya perawatan pada mobil dapat menyebabkan karat pada lantai mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan mobil secara teratur dan rutin, membersihkan mobil secara teratur, melakukan inspeksi dan perawatan rutin pada mobil, dan menyimpan mobil di tempat yang aman dan terlindungi.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita dapat membantu mencegah lantai mobil berkarat dan membuat mobil tetap awet dan terlihat baik.

Lindungi Lantai Mobil dari Karat dengan Lapisan Anti Karat Mobil di Rustpro

Pengaplikasian lapisan anti karat adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah lantai mobil berkarat dengan cepat.

Lapisan anti karat biasanya mengandung senyawa kimia yang dapat melindungi logam pada lantai mobil dari paparan air, garam, zat kimia, dan kondisi lingkungan lainnya yang dapat memicu terjadinya korosi atau karat.

Lapisan anti karat akan membentuk lapisan pelindung pada logam, sehingga logam menjadi lebih tahan terhadap korosi dan karat.

Selain itu, pengaplikasian lapisan anti karat juga dapat memperpanjang umur mobil dan membuatnya terlihat lebih awet dan terawat.

Salah satu produk anti karat mobil yang paling banyak dipercaya oleh pengguna mobil di Indonesia adalah Rustpro.

Rustpro menggunakan cairan anti karat berbahan dasar rubber atau karet yang jauh lebih unggul dibandingkan anti karat biasa yang terbuat dari tar dan aspal.

Biasanya anti karat dari aspal perlindungannya kurang ampuh jika dihadapkan dengan suhu tinggi dan paparan zat pelarut, seperti oli hingga bensin dan solar.

Sedangkan anti karat berbahan dasar rubber atau karet dari Rustpro lebih tahan dari suhu tinggi, tak akan mengelupas dan luruh jika terpapar zat pelarut, dan juga bisa mengurangi suara bising dari bagian komponen mesin.

Ayo hubungi customer service RUSTPRO melalui WhatsApp melalui nomor berikut: 0813-1150-2678 untuk melakukan reservasi !

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Rustpro, Anda bisa mengunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo hubungi Rustpro sekarang juga!

RUSTPRO Pegangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RUSTPRO Wiyung Surabaya

Lokasi: Jl. Raya Wiyung No.17, Wiyung, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

Itulah faktor penyebab dari lantai mobil berkarat yang wajib untuk anda waspadai.

Dari semua faktor tersebut tentu saja bisa dicegah dengan penggunaan cairan anti karat pada mobil anda.

Ingat! Hanya Rustpro yang memiliki produk anti karat mobil terbaik dengan garansi 8 tahun!

RUSTPRO

It's My Responsibility