❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Penyebab Mobil Mogok di Jalan dan Cara Mengatasinya

penyebab mobil mogok

Mobil mogok bisa menjadi pengalaman yang sangat mengganggu dan sering kali menakutkan, terutama jika terjadi di tengah perjalanan. Memahami apa penyebab mobil mogok adalah langkah pertama untuk mencegahnya terjadi dan menangani situasi tersebut dengan tenang dan efisien.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum mobil mogok, mulai dari masalah akit, karburator, hingga mesin yang overheat. Dengan memahami penyebab-penyebab ini, Anda akan lebih siap untuk menghadapi dan mencegah masalah ini di masa mendatang.

Penyebab Mobil Mogok

Berikut adalah beberapa penyebab mobil mogok yang umum dirasakan pengendara saat berada di jalan.

1. Masalah pada Aki Mobil

Aki mobil adalah komponen penting yang menyuplai listrik ke semua bagian elektrikal mobil Anda, termasuk sistem pengapian dan starter. Jika aki lemah atau mati, maka ini bisa menjadi penyebab mobil mogok. Ada beberapa alasan mengapa aki bisa menjadi masalah.

Misalnya, aki yang sudah tua mungkin tidak dapat menahan muatan dengan baik. Atau, jika lampu atau radio dibiarkan menyala saat mesin dimatikan, aki bisa terkuras.

Untuk mencegah masalah ini, pastikan untuk selalu mematikan semua perangkat elektrikal saat mesin dimatikan dan pertimbangkan untuk mengganti aki Anda setiap beberapa tahun.

2. Karburator

Karburator adalah komponen yang mengatur campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin. Jika karburator kotor atau tidak disetel dengan benar, bisa menyebabkan mobil mogok.

Gejala umum dari masalah karburator termasuk penurunan kinerja, konsumsi bahan bakar yang tinggi, dan kesulitan saat memulai mesin. Untuk mencegah masalah ini, pastikan untuk menjaga karburator Anda tetap bersih dan disetel dengan benar.

3. Overheat

Penyebab mobil mogok lainnya adalah karena terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin. Ini bisa terjadi jika sistem pendinginan mobil tidak bekerja dengan baik, menyebabkan suhu mesin naik di atas level yang aman.

Jika mobil Anda overheat, penting untuk segera mematikan mesin dan membiarkannya mendingin. Untuk mencegah overheat, pastikan untuk selalu memeriksa level coolant Anda dan menjaga sistem pendinginan Anda dalam kondisi baik.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

4. Alternator

Alternator adalah komponen yang mengisi ulang aki dan memasok listrik ke sistem elektrikal mobil saat mesin berjalan. Jika alternator rusak, maka aki tidak akan diisi ulang sehingga menyebabkan mobil mogok.

Gejala umum dari masalah alternator termasuk lampu yang redup, baterai yang cepat habis, dan kesulitan saat memulai mesin. Untuk mencegah masalah ini, pastikan untuk memeriksa alternator Anda secara rutin dan menggantinya jika perlu.

5. Dinamo Starter

Dinamo starter adalah komponen yang memutar mesin untuk memulai proses pembakaran. Jika dinamo starter rusak, ini bisa menjadi penyebab mobil mogok karena tidak bisa dihidupkan.

Gejala umum dari masalah dinamo starter termasuk suara klik saat Anda mencoba untuk memulai mesin, mesin yang berputar lambat, dan mesin yang tidak berputar sama sekali.

Untuk mencegah masalah ini, pastikan untuk memeriksa dinamo starter Anda secara rutin dan menggantinya jika perlu.

Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Setelah mengetahui penyebab mobil mogok, terdapat beberapa cara mengatasi mobil mogok yang bisa Anda lakukan ketika sedang di jalan.

Cara-cara ini penting untuk mencegah Anda dari rasa panik yang justr bisa berdampak buruk kepada Anda ketika mobil dalam kondisi mogok.

1. Dorong dan Arahkan Mobil ke Pinggir Jalan

Jika mobil Anda mogok di tengah jalan, cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya adalah mencoba memindahkan mobil ke pinggir jalan. Ini penting untuk menjaga keselamatan Anda dan pengendara lain.

Apabila mobil tidak bisa dihidupkan, gunakan tenaga Anda untuk mendorong mobil ke pinggir jalan. Jika tidak bisa, Anda mungkin perlu meminta bantuan dari pengendara lain atau pejalan kaki untuk mendorong mobil.

2. Hidupkan Lampu Hazard

Setelah mobil berada di pinggir jalan, hidupkan lampu hazard Anda. Lampu ini akan memberi tahu pengendara lain bahwa Anda mengalami masalah dan mereka harus berhati-hati saat melewati Anda.

Ini adalah langkah penting untuk mencegah kecelakaan dan memastikan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

3. Periksa Lampu Indikator

Cara mengatasi mobil mogok adalah dengan memeriksa lampu indikator yang terletak pada dashboard mobil.

Lampu indikator dapat memberikan petunjuk tentang masalah apa yang terjadi pada mobil Anda. Misalnya, lampu oli yang menyala bisa menunjukkan bahwa ada masalah dengan tekanan oli.

Jika lampu indikator menyala, periksa buku manual mobil Anda atau cari informasi online untuk mencari tahu apa artinya dan apa langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan.

4. Periksa Bagian Mobil yang Dicurigai Mengalami Kerusakan

Cara selanjutnya untuk mengatasi mobil mogok di jalan adalah memeriksa langsung bagian mobil yang dicurigai menjadi penyebab mogok.

Jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang mekanik mobil, Anda mungkin dapat melakukan pemeriksaan awal untuk mencari tahu apa yang mungkin salah dengan mobil Anda.

Misalnya, jika mobil Anda tidak mau hidup, Anda mungkin bisa memeriksa baterai dan dinamo starter. Jika mobil Anda overheat, Anda bsia memeriksa radiator dan termostat.

Namun, jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, sebaiknya hubungi profesional atau layanan derek supaya masalah dapat lebih cepat teratasi.

Baca Juga: Berapa Konsumsi Bensin Jakarta Surabaya? Ini Hitungannya

Tips Mencegah Mobil Mogok Akibat Kotoran Menumpuk pada Mesin Mobil

Penyebab mobil mogok juga dapat berasal dari tumpukan kotoran yang menempel pada mesin mobil akibat jarang dibersihkan.

RustPro, sebagai bengkel modern yang berfokus pada perawatan kendaraan, menawarkan layanan detailing mesin mobil untuk membantu membersihkan mesin mobil Anda dan mengembalikan tampilan optimlanya.

Dengan mengandalkan teknologi dan produk terbaru, kami percaya bahwa tim kami mampu memaksimalkan penampilan mesin mobil Anda.

Pendekatan ini dianggap sebagai salah satu metode terbaik dalam merawat mesin mobil. Dengan memilih layanan detailing mesin dari RustPro, setiap komponen mesin akan dibersihkan dan dipoles hingga terbebas dari debu dan kotoran yang dapat menyebabkan penampilan mesin menjadi kusam.

Proses detailing di RustPro tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa menaruh mobil Anda di bengkel hari ini, dan besok sudah bisa diambil kembali! Praktis dan efisien, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja pesan jadwal layanan Anda di RustPro sekarang dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678.

Kami juga menawarkan DISKON SPESIAL HINGGA 40%, untuk layanan yang dilakukan antara pukul 5 sore hingga pukul 10 malam. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Berikut ini adalah daftar lokasi cabang RustPro yang menyediakan layanan detailing:

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itu dia beberapa penyebab mobil mogok di jalan dan cara mengatasinya. Dengan memahami informasi di atas, Anda tentu dapat lebih mudah meminimalisir terjadinya masalah pada mobil Anda ketika sedang berada di jalan.

Lakukanlah perawatan mobil secara rutin supaya Anda terhindar dari masalah mogok. Jangan ragu untuk menggunakan layanan detailing RustPro untuk membersihkan komponen-komponen mesin mobil yang kusam dan berdebu!

RUSTPRO

It's My Responsibility