❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Ciri-Cirinya

penyebab turun mesin mobil

Sama seperti mesin apa pun, mesin mobil tidaklah kebal terhadap masalah dan kerusakan.

Salah satu masalah kinerja mesin mobil yang sangat serius dan sering dialami oleh para pengguna mobil adalah turun mesin.

Turun mesin adalah kondisi penurunan daya mesin kendaraan yang membuat mesin berhenti bekerja secara tiba-tiba atau bahkan mati saat mobil berjalan.

Penyebab turun mesin mobil pun beragam, mulai dari panas berlebih (overheating) hingga bercampurnya oli dengan air.

Di bawah ini, kami akan mengupas tuntas tentang apa saja penyebab dari terjadinya turun mesin pada mobil.

So, berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Turun Mesin Mobil?

Turun mesin mobil adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi penurunan daya mesin mobil, yang membuatnya berhenti bekerja atau mati secara tiba-tiba saat mobil sedang berjalan atau dalam keadaan menyala.

Saat mobil mengalami turun mesin, mesin tidak dapat beroperasi dengan normal dan mengakibatkan kendaraan tidak dapat bergerak dengan baik atau bahkan berhenti total.

Turun mesin bisa menjadi masalah serius yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran bagi pengemudi.

Selain itu, turun mesin mobil juga dapat menyebabkan kerusakan mesin mobil atau bahkan menimbulkan risiko kecelakaan jika terjadi di tengah jalan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Penyebab Turun Mesin Mobil

Berikut adalah beberapa penyebab umum terjadinya turun mesin pada mobil:

1. Panas Berlebih (Overheating)

Salah satu penyebab pengurangan performa mesin yang paling umum hingga menyebabkan turun mesin pada mobil adalah overheating, atau mesin yang terlalu panas.

Overheating dapat terjadi akibat berbagai alasan, seperti kebocoran sistem pendinginan, kerusakan pada kipas radiator, atau kurangnya cairan pendingin (coolant) dalam sistem radiator.

Saat mesin terlalu panas, suku cadang penting seperti cylinder head dan blok mesin dapat merenggang dan bahkan mengalami kerusakan permanen.

2. Buruknya Kualitas Oli

Oli berfungsi sebagai pelumas penting dalam mesin mobil, membantu mengurangi gesekan dan memastikan komponen mesin bergerak dengan lancar.

Jika kualitas oli buruk atau sudah terlalu kotor, maka pelumasannya tidak akan optimal, sehingga dapat menjadi faktor penurunan efisiensi mesin sehingga menyebabkan mobil menjadi turun mesin.

Selain itu, oli yang kotor juga dapat menyebabkan penumpukan deposit dan kotoran di dalam mesin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan mesin mobil yang serius.

3. Timing Belt Putus

Timing belt adalah komponen penting dalam mesin mobil yang mengatur waktu buka-tutup katup dan gerakan piston.

Jika timing belt putus, maka pergerakan mesin akan tidak terkoordinasi, yang dapat menjadi penyebab mobil berhenti tiba tiba akibat adanya kerusakan serius pada mesin.

Beberapa mesin menggunakan timing chain, tetapi prinsipnya serupa, dan jika komponen ini mengalami masalah, maka mesin bisa jadi turun.

4. Kurangnya Air Radiator

Radiator adalah bagian dari sistem pendinginan yang berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin sebelum kembali mengalir ke dalam mesin.

Jika radiator terhalang atau kurangnya aliran udara, maka pendinginan mesin tidak akan optimal, dan mesin dapat menjadi terlalu panas.

Debu, kotoran, atau bahkan hama seperti serangga dapat menyumbat radiator dan menyebabkan kerusakan kinerja mesin kendaraan, sehingga perlu perhatian khusus dalam menjaga radiator tetap bersih.

5. Oli Bercampur dengan Air

Jika mesin mengalami kebocoran di bagian yang terhubung dengan sistem pendinginan, seperti cylinder head atau blok mesin, maka oli dapat bercampur dengan air di dalam mesin.

Hal ini bisa menjadi penyebab turun mesin mobil karena mengakibatkan perpaduan yang buruk dan menurunkan kualitas oli secara drastis.

Oli yang bercampur dengan air cenderung lebih encer dan tidak dapat melumasi mesin dengan baik, sehingga dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan dan keausan pada komponen mesin.

Ciri-Ciri Mobil Turun Mesin

Ini dia ciri-ciri atau gejala dari turunnya tenaga mesin:

1. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Salah satu masalah kinerja mesin mobil yang sering terjadi hingga mengakibatkan mobil mengalami turun mesin adalah knalpot mengeluarkan asap putih.

Asap putih ini biasanya terlihat saat mesin dihidupkan dan mobil mulai bergerak. Asap putih menandakan adanya masalah pada sistem pembakaran dalam mesin.

Kemungkinan penyebabnya adalah adanya cairan pendingin (coolant) yang masuk ke dalam ruang bakar, biasanya karena adanya kebocoran pada head silinder atau blok mesin.

Masalah ini harus segera ditangani, karena jika dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen mesin dan mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih tinggi.

2. Busi Berkerak

Busi berperan penting dalam proses pembakaran di mesin mobil. Ketika mobil mengalami turun mesin, busi bisa menjadi salah satu komponen yang terdampak.

Ciri-ciri busi yang berkerak adalah adanya endapan hitam atau warna kecoklatan pada ujung elektroda busi.

Busi yang berkerak tidak dapat bekerja secara optimal dalam menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk pembakaran bahan bakar.

Akibatnya, mesin dapat mengalami pengapian yang tidak stabil dan menyebabkan penurunan daya mesin mobil.

Pembersihan atau penggantian busi secara teratur adalah langkah pencegahan yang penting untuk menghindari masalah ini.

3. Mesin Sering Panas

Mesin yang sering panas bisa menjadi pertanda adanya permasalahan performa mesin mobil.

Mesin mobil yang panas berlebihan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebocoran pada sistem pendinginan, thermostat yang rusak, atau bahkan kerusakan pada kipas radiator.

Ketika mesin sering panas, akan menyebabkan perenggangan pada komponen mesin dan dapat menyebabkan kerusakan kinerja mesin mobil secara permanen.

Jika dibiarkan, mesin yang sering panas bisa menyebabkan turun mesin dan biaya perbaikan yang besar.

Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan pemeriksaan jika Anda melihat mesin sering panas.

4. Oli Berkurang Banyak

Oli berfungsi sebagai pelumas untuk komponen mesin dan memastikan agar bagian-bagian mesin bekerja dengan lancar dan tanpa gesekan berlebihan.

Salah satu tanda turunnya kinerja mesin pada mobil adalah berkurangnya jumlah oli secara signifikan.

Jika Anda menemukan bahwa oli pada mesin berkurang dengan cepat dalam waktu yang singkat, hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada mesin.

Kebocoran pada segel atau komponen mesin yang rusak bisa menjadi penyebab oli berkurang banyak.

Kekurangan oli dapat menyebabkan gesekan antara komponen mesin dan mengakibatkan kerusakan permanen jika tidak segera ditangani.

Biaya Turun Mesin Mobil

Biaya turun mesin pada mobil bisa bervariasi, tergantung pada tingkat kerusakan dan komponen yang perlu diganti.

Umumnya, biaya yang dihabiskan untuk turun mesin mobil adalah 2 sampai 5 juta Rupiah.

Namun jika terdapat komponen yang rusak dan harus diganti, total biaya yang dihabiskan bisa mencapai antara 5 sampai 10 juta Rupiah.

Komponen-komponen mobil yang biasanya perlu diganti akibat turun mesin biasanya adalah packing set yang harganya sekitar Rp1,5 juta, kemudian piston dengan harga Rp1,8 juta, stang piston Rp325 ribu, ring piston Rp450 ribu.

Sementara itu jika engine mounting mengalami kerusakan, maka biaya penggantiannya bisa mencapai Rp630 ribu..

Baca Juga: 5 Tahapan Detailing Mesin Mobil yang Wajib Diketahui

Ingin Mesin Mobil Tampak Bersih dan Kinclong? Gunakan Layanan RustPro Engine Detailing

Jika Anda menginginkan tampilan mesin mobil yang bersih dan kinclong, layanan RustPro auto detailing bisa menjadi pilihan yang ideal untuk membersihkan mesin mobil Anda dari kotoran dan debu yang menumpuk.

RustPro menyediakan layanan auto detailing meliputi engine detailing, interior detailing, dan eksterior detailing.

Dalam melayani auto detailing, kami menggunakan produk dan peralatan canggih yang akan menjamin kualitas detailing yang dapat bertahan lama.

Jadi, setelah mendapatkan perawatan detailing dari RustPro, mobil Anda dijamin akan tetap bersih dan menawan untuk jangka waktu bertahun-tahun ke depan.

Segera hubungi Customer Service kami untuk memesan jadwal layanan di RustPro melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678

Di RustPro, pengerjaan auto detailing dapat diselesaikan hanya dalam waktu 24 jam.

Info lengkap silahkan kunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Workshop RustPro tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. Berikut adalah alamat lengkapnya:

  • RustPro cabang Kelapa Gading: Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Bintaro: Ruko, Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

Itulah dia beberapa penyebab turun mesin mobil beserta ciri-cirinya yang perlu Anda kenali.

Selalu rutinlah melakukan perawatan dan pemeriksaan pada mobil Anda untuk bisa mendeteksi dini masalah kinerja mesin mobil dan memastikan bahwa perjalanan Anda tetap aman dan nyaman.

RUSTPRO

It's My Responsibility