❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Perawatan Mobil Setelah Hujan, Cegah Kerusakan Dini!

perawatan mobil setelah hujan

Hai, kamu pernah merasa bingung harus ngapain setelah mobil kesayangan kehujanan? Nah, jangan khawatir! Perawatan mobil setelah hujan itu penting banget, lho! Kenapa?

Perawatan Mobil Setelah Hujan

Karena air hujan bisa bawa banyak kotoran dan residu yang kalau dibiarkan bisa merusak mobil kita. Kotoran ini bisa bikin cat mobil kusam, bahkan bisa bikin karat muncul di bodi mobil.

Kalau nggak dirawat, performa mesin mobil sport kamu juga bisa terganggu, lho! Jadi, yuk kita pelajari langkah-langkah perawatan mobil setelah hujan biar mobil tetap kece dan prima!

Langkah-langkah Perawatan Mobil Setelah Hujan

Berikut tips mudah perawatan mobil setelah hujan yang dapat membantu mobil kamu mencegah kerusakan yang parah:

  1. Membersihkan Eksterior Mobil Setelah Hujan

Langkah pertama perawatan mobil setelah hujan adalah membersihkan eksterior mobil setelah hujan. Kotoran dan residu hujan bisa nempel dan bikin cat mobil rusak. Gunakan sabun khusus mobil yang dirancang untuk membersihkan tanpa merusak permukaan cat.

Cuci mobil dengan air bersih dan pastikan semua kotoran terangkat. Kalau mau lebih maksimal, kamu bisa pakai sponge lembut dan gerakan melingkar untuk membersihkan noda membandel.

  1. Mengeringkan Mobil Secara Menyeluruh

Setelah dicuci, jangan lupa untuk mengeringkan mobil secara menyeluruh. Jangan biarkan bercak air mengering sendiri karena bisa tinggalkan noda air yang bikin mobil kelihatan kusam. Gunakan lap mikrofiber atau chamois yang lembut untuk menyerap air dengan efektif.

Keringkan dari bagian atas ke bawah biar nggak ada air yang mengalir ke bagian yang udah kering. Pastikan semua bagian, termasuk celah-celah kecil, benar-benar kering, ya!

  1. Perawatan Cat Mobil Setelah Hujan

Selanjutnya, perhatikan perawatan cat mobil setelah hujan. Air hujan yang mengandung polutan bisa bikin cat mobil cepat kusam. Gunakan wax atau sealant pelindung cat untuk menjaga kilap dan melindungi cat dari kerusakan.

Produk ini juga bisa membantu air hujan menggelinding lebih cepat dari permukaan mobil, sehingga mengurangi risiko noda air. Perawatan rutin seperti ini bisa bikin cat mobil tetap mengkilap dan awet.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Perlindungan Anti Karat pada Mobil

Karat adalah musuh utama mobil, apalagi setelah hujan. Air yang mengandung garam dan kotoran bisa mempercepat proses karat. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan produk anti karat yang bisa diaplikasikan di bagian bawah mobil.

Pastikan juga untuk memeriksa area yang rentan karat seperti bagian bawah pintu, fender, dan rangka mobil. Langkah-langkah ini bisa membantu mobilmu bebas karat dan tetap prima.

Baca Juga: Apa Mobil Setelah Dipoles Boleh Kena Hujan? Temukan Disini!

Perawatan Bagian Lain Mobil

Berikut perawatan bagian lain mobil yang penting untuk kamu perhatikan:

  1. Merawat Kaca Mobil Setelah Hujan

Kaca mobil juga perlu perawatan khusus setelah hujan. Noda air dan kotoran bisa mengurangi visibilitas dan bikin kaca cepat rusak.

Gunakan cairan pembersih kaca khusus untuk membersihkan noda dan kotoran. Lap kaca dengan kain mikrofiber agar hasilnya bersih tanpa goresan. Jangan lupa bersihkan wiper juga, ya!

  1. Memeriksa dan Merawat Ban Mobil

Setelah hujan, cek tekanan dan kondisi ban mobilmu. Air bisa masuk ke dalam celah ban dan mengurangi tekanan udara, yang bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Pastikan ban dalam kondisi baik dan tekanannya sesuai rekomendasi pabrikan. Kalau perlu, tambahkan tekanan udara. Tips lainnya, hindari jalanan yang banyak genangan air untuk mencegah ban cepat aus.

  1. Perawatan Interior Mobil Setelah Hujan

Interior mobil juga perlu perhatian setelah terkena hujan. Pastikan tidak ada air yang masuk ke dalam kabin karena bisa menyebabkan bau tidak sedap dan jamur. Gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan bagian yang lembab.

Bersihkan juga karpet dan jok dengan cairan pembersih khusus agar tetap bersih dan wangi. Produk penghilang bau bisa membantu menjaga kesegaran interior mobil.

Pencegahan Kerusakan Dini

Berikut ini beberapa tips pencegahan kerusakan dini pada mobil yang sering terkena hujan:

  1. Menghindari Kerusakan Mesin Akibat Air Hujan

Mesin mobil adalah bagian yang paling krusial. Setelah terkena hujan, pastikan kamu cek bagian-bagian mesin seperti filter udara dan sistem kelistrikan. Air yang masuk ke dalam mesin bisa menyebabkan kerusakan serius.

Pastikan juga tidak ada air yang menggenang di ruang mesin. Kalau perlu, bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Mengapa Perawatan Mobil Setelah Hujan Bisa Mencegah Kerusakan Dini

Perawatan rutin setelah hujan bisa mencegah berbagai kerusakan dini. Kotoran dan residu yang dibiarkan bisa menyebabkan karat, cat kusam, bahkan kerusakan mesin.

Dengan perawatan yang tepat, mobil akan tetap bersih, performa mesin terjaga, dan umur mobil lebih panjang. Manfaat jangka panjang ini tentu akan membuat pengalaman berkendaramu lebih nyaman dan aman.

Penutup

Jadi, itulah pentingnya perawatan mobil setelah hujan. Dengan perawatan mobil setelah hujan yang tepat, kamu bisa mencegah kerusakan dini dan menjaga mobil tetap dalam kondisi prima.

Jangan lupa, untuk hasil maksimal, percayakan perawatan dan segala permasalahan bodi mobilmu di Rustpro yang punya layanan Anti Karat Mobil, Kaca Film, Coating & Detailing dengan garansi resmi!

Hubungi Rustpro sekarang di WhatsApp resminya di sini: Link WhatsApp Resmi Rustpro untuk mendapatkan promo dan diskon khusus untuk kamu. Yuk, jaga mobil kesayanganmu dari sekarang!

Kamu bisa langsung hubungi dan kunjungi cabang-cabang RUSTPRO terdekat di:

RUSTPRO Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.
Kontak WhatsApp CS: Klik di sini

RUSTPRO Bintaro

Alamat: Jln Raya Pondok Betung no 18 RT 06 RW 02 Bintaro Sektor 3. Kel. Pd. Karya, Bintaro, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15225.
Kontak WhatsApp CS: Klik di sini

RUSTPRO Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.
Kontak WhatsApp CS: Klik di sini

RUSTPRO Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.
Kontak WhatsApp CS: Klik di sini

RUSTPRO

It's My Responsibility