❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Simak 5 Perbedaan Ban Tubeless dan Biasa pada Mobil!

5 perbedaan ban tubeless dan biasa pada mobil

Ban tidak hanya berfungsi sebagai penyangga mobil tetapi juga mempengaruhi aspek keselamatan, kenyamanan, hingga efisiensi bahan bakar.

Ban berjenis tubeless menjadi pilihan populer bagi banyak pengendara karena dinilai lebih awet dan tahan lama dibandingkan ban biasa.

Lantas, apa sih perbedaan ban tubeless dan biasa pada mobil?

Kali ini rustpro.id akan mengajak Anda untuk melihat sejumlah perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa yang digunakan pada mobil.

Perbedaan Ban Tubeless dan Biasa pada Mobil

Berikut adalah sejumlah perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa pada mobil:

1. Komponen Ban

Ban tubeless, seperti namanya, tidak memiliki kamera udara di dalamnya. Sebagai gantinya, bagian dalam dinding ban dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menahan udara.

Ini tentu dapat mengurangi risiko kebocoran tiba-tiba karena tidak adanya tabung yang dapat pecah atau rusak.

Sedangkan ban biasa atau bias-belted memiliki kamera udara di dalamnya yang memegang udara dan menjaga tekanannya.

Ban ini terdiri dari lapisan karet dengan kabel-kabel yang membentang dari talon ke talon, membentuk struktur yang kaku.

2. Daya Tahan Ban

Perbedaan ban tubeless dan biasa yang kedua adalah dari segi daya tahannya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Dengan desainnya yang khusus, ban tubeless cenderung memiliki daya tahan yang lebih lama daripada ban biasa.

Selain itu, ban ini juga lebih tahan terhadap benturan, kerusakan, dan paku yang tidak sengaja menembus permukaannya.

Meskipun ban biasa cukup tahan lama dengan pemeliharaan yang tepat, ban ini cenderung lebih rentan terhadap kerusakan dan kebocoran dibandingkan dengan ban tubeless, terutama jika tabung udara di dalamnya rusak.

3. Tingkat Kenyamanan

Kenyamanan berkendara adalah salah satu keunggulan dari ban tubeless. Dengan ketiadaan tabung udara di dalam, distribusi tekanan udara dalam ban lebih merata, yang berarti mobil Anda akan memiliki kenyamanan berkendara yang lebih baik dan getaran yang lebih sedikit.

Meskipun ban biasa memberikan kenyamanan yang memadai, adanya tabung udara di dalamnya dapat menyebabkan getaran lebih saat berkendara, terutama pada kecepatan tinggi.

4. Material Ban

Perbedaan ban tubeless dan ban biasa pada mobil juga tampak dari material ban yang digunakan.

Material yang digunakan dalam ban tubeless biasanya lebih kuat dan tahan lama.

Banyak dari mereka memiliki lapisan khusus yang dirancang untuk mencegah kebocoran dan kerusakan, serta untuk meningkatkan daya cengkram pada berbagai kondisi jalan.

Material yang digunakan dalam ban biasa cenderung lebih tradisional. Meskipun ban biasa cukup tahan lama, ban ini mungkin tidak memiliki beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh ban tubeless.

5. Kebocoran Ban

Terakhir, perbedaan ban tubeless dan ban biasa pada mobil dapat terasa ketika terjadi kebocoran pada ban.

Salah satu keunggulan utama ban tubeless adalah kemampuannya untuk menahan kebocoran.

Bahkan jika benda tajam menembus permukaannya, cairan khusus di dalam ban akan segera menutup lubang tersebut, mencegah kebocoran udara yang signifikan.

Sementara ketika ban biasa mengalami kebocoran, kamera udara di dalamnya biasanya akan kehilangan udara dengan cepat, yang dapat menyebabkan kebocoran mendadak dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca Juga: Ini Dia 5 Kelebihan Ban Tubeless untuk Mobil

Kembalikan Tampilan Mobil seperti Baru bersama RustPro! Dijamin Garansi 8 Tahun

“Emang bisa balikin tampilan mobil kembali bening seperti baru?” Ya, tentu bisa dong! Semua bisa dilakukan di RustRpro.

Salah satu hal yang membuat tampilan mobil menjadi tidak lagi sedap dipandang oleh mata adalah karena munculnya karat pada sejumlah komponen mobil.

Karat selain merusak tampilan mobil, juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius, seperti sasis mobil yang patah hingga penurunan fungsi dari komponen mobil.

Oleh sebab itulah, RustPro hadir menawarkan solusi untuk mengembalikan tampilan mobil Anda seperti baru, bersih tanpa karat melalui layanan anti karat mobil bergaransi.

RustPro menyediakan layanan anti karat mobil dengan jaminan garansi selama 8 tahun, plus layanan penyemprotan ulang cat anti karat setiap tahunnya secara GRATIS.

Tidak hanya anti karat, di RustPro juga Anda dapat menikmati layanan perawatan mobil lainnya, seperti coating cat, detailing mesin dan interior, serta pemasangan kaca film.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera reservasikan kendaraan Anda di bengkel RustPro terdekat dengan menghubungi nomor WA Customer Service kami di bawah ini.

CS 1: 0813-1150-2678
CS 2: 0856-9326-7772

Anda juga bisa melihat info dan konten menarik seputar layanan RustPro melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

Khusus untuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang RustPro yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan ban tubeless dan biasa pada mobil.

Kedua jenis ban ini menawarkan keunggulan masing-masing, tetapi ban tubeless tampaknya memiliki keunggulan dalam hal daya tahan, kenyamanan, dan perlindungan terhadap kebocoran.

Pertimbangkan kebutuhan dan prioritas Anda saat memilih ban untuk mendapatkan kinerja dan keamanan terbaik dari kendaraan Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility