❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

4 Perbedaan Head Unit Double Din dan Single Din pada Mobil

4 perbedaan head unit double din dan single din

Membeli head unit untuk mobil bisa menjadi tugas yang menantang, terutama ketika Anda disajikan dengan berbagai opsi yang tersedia di pasaran.

Dua jenis head unit yang paling umum dijumpai adalah Single Din dan Double Din.

Namun sebenarnya, apa perbedaan head unit Double Din dan Single Din?

Di bawah ini, rustpro.id akan menyajikan sejumlah informasi mengenai apa saja yang membedakan antara head unit Single Din dengan head unit Double Din.

Apa Itu Head Unit Double Din?

Head unit Double Din adalah jenis head unit atau sistem stereo mobil yang memiliki ukuran standar sekitar 180mm x 100mm (lebar x tinggi).

Ukuran ini membuatnya dua kali lebih tinggi daripada head unit Single Din yang lebih tradisional.

Dengan dimensi yang lebih besar, head unit Double Din biasanya dilengkapi dengan layar sentuh yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur, seperti navigasi GPS, konektivitas smartphone, pemutar video, dan lainnya.

Penggunaan layar sentuh yang lebih besar dan interaktif memungkinkan pemilik mobil untuk memiliki kontrol yang lebih baik dan akses cepat ke berbagai fungsi sistem audio dan infotainment mobil.

Selain itu, banyak head unit Double Din saat ini yang juga kompatibel dengan aplikasi populer seperti Apple CarPlay atau Android Auto, yang memungkinkan integrasi yang lebih baik antara smartphone dan sistem mobil.

Apa Itu Head Unit Single Din?

Sementara itu, head unit Single Din adalah jenis head unit atau sistem stereo mobil yang memiliki ukuran standar sekitar 180mm x 50mm (lebar x tinggi).

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Ini adalah ukuran tradisional untuk head unit dan lebih kecil dibandingkan dengan head unit Double Din.

Disebut “Single Din” karena ukurannya yang setara dengan satu “din”, sebuah standar ukuran yang berasal dari Deutsches Institut für Normung, organisasi standar Jerman.

Meskipun lebih kecil, head unit Single Din bisa menawarkan berbagai fitur dasar, seperti pemutar radio, CD, konektivitas Bluetooth, dan port USB.

Beberapa model Single Din modern juga dilengkapi dengan layar yang bisa ditarik keluar (slide-out) atau lipat (flip-out) yang memberikan tampilan layar yang lebih besar saat diperlukan, meskipun dalam format yang kompak.

Perbedaan Head Unit Double Din dan Single Din

Perbedaan antara head unit Double Din dan Single Din terdapat pada ukuran, fitur, tampilan, dan kompatibiltasnya.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Ukuran

Salah satu perbedaan paling mendasar antara head unit Single Din dan Double Din adalah ukurannya:

Head unit Single Din memiliki ukuran standar sekitar 180mm x 50mm (lebar x tinggi). Ini adalah ukuran tradisional yang banyak ditemukan pada mobil-mobil lama dan beberapa model mobil baru.

Sementara head unit Double Din memiliki ukuran yang dua kali lipat dari Single Din, yakni sekitar 180mm x 100mm. Ini memberikan ruang layar yang lebih besar dan fitur tambahan.

2. Fitur dan Fungsi

Ketika berbicara tentang fitur dan fungsi, head unit Double Din umumnya memiliki keunggulan dibanding head unit Single Din karena ukurannya yang lebih besar:

Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, banyak head unit Single Din yang menawarkan fitur-fitur dasar seperti pemutar radio, CD, konektivitas Bluetooth, dan bahkan port USB.

Namun, karena keterbatasan ukurannya, Single Din jarang dilengkapi dengan layar sentuh besar atau fitur-fitur canggih lainnya.

Di sisi lain, Dengan ruang yang lebih besar, Double Din seringkali dilengkapi dengan layar sentuh, GPS navigasi, koneksi smartphone, pemutar video, dan bahkan kamera belakang. Keunggulan dalam fitur ini membuat Double Din lebih diminati oleh mereka yang menginginkan hiburan dan informasi lebih dalam perjalanan mereka.

3. Tampilan

Perbedaan head unit Double Din dan Single Din berikutnya tampak dari segi tampilan.

Biasanya, tampilan head unit Single Din lebih sederhana dan kompak. Beberapa model mungkin dilengkapi dengan layar kecil untuk informasi dasar seperti judul lagu atau stasiun radio.

Namun, ada juga model yang dilengkapi dengan slide-out atau flip-out screen yang bisa memberikan tampilan layar yang lebih besar.

Sementara itu, dengan ruang yang lebih luas, head unit Double Din memiliki tampilan yang lebih modern dan menarik. Layar sentuh besar di tengah unit memberikan tampilan yang lebih futuristik dan sering kali menjadi pusat perhatian dalam kabin mobil.

4. Kompatibilitas

Kemudian perbedaan yang terakhir dari head unit Double Din dan Single Din adalah pada segi kompatibilitasnya.

Karena ukurannya yang lebih kecil, head unit Single Din umumnya lebih mudah dipasang pada berbagai model dan merek mobil. Hampir semua mobil memiliki slot untuk Single Din, meskipun beberapa mungkin memerlukan kit instalasi khusus.

Lalu untuk head unit Double Din menawarkan fitur yang lebih lengkap. Akan tetapi, tidak semua mobil memiliki ruang untuk mengakomodasi ukurannya.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa spesifikasi mobil Anda sebelum memutuskan untuk membeli head unit Double Din.

Baca Juga: Begini Cara Reset Head Unit Mobil yang Benar

Jauhi Kabin Mobil dari Jamur bersama RustPro!

RustPro adalah ahlinya dalam pencegahan jamur pada interior mobil.

Sebagai spesialis dalam perawatan mobil, RustPro menawarkan layanan detailing interior kepada Anda untuk menjamin kebersihan dan suasana yang nyaman di dalam kabin mobil.

Bersama RustPro, interior mobil Anda akan disulap menjadi bersih dan kinclong. Anda pun akan mendapatkan kenyamanan kabin mobil seperti pertama kali membelinya.

Segera jauhi mobil Anda dari pertumbuhan jamur di dalam kabin! Hubungi RustPro sekarang melalui nomor WA di bawah ini:
CS 1: 0813-1150-2678
CS 2: 0856-9326-7772

Di RustPro, Anda juga dapat melakukan perawatan mobil lainnya, seperti layanan anti karat, coating, dan pemasangan kaca film.

Silahkan kunjungi juga Instagram kami di @rustpro_indonesia untuk melihat info dan konten menarik seputar layanan RustPro!

Teruntuk Anda yang berdomisili di wilayah Surabaya dan Cirebon, Anda dapat mendatangi bengkel cabang RustPro yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

Itulah sejumlah perbedaan head unit Double Din dan Single Din pada mobil.

Baik Single Din maupun Double Din memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pemilihan antara keduanya seharusnya didasarkan pada kebutuhan, preferensi, dan tentu saja, kompatibilitas dengan mobil Anda.

Semoga dengan pemahaman tentang perbedaan head unit Double Din dan Single Din ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman berkendara Anda.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility