❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Simak Perbedaan Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar!

perbedaan pertamina dex, dexlite, dan bio solar

Dalam dunia otomotif, pemilihan bahan bakar yang tepat adalah kunci untuk menjaga performa dan efisiensi kendaraan Anda.

Pertamina sebagai penyedia bahan bakar utama di Indonesia, menawarkan berbagai jenis solar, di antaranya Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar.

Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan kendaraan yang beragam.

Secara umum, perbedaan Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar terdapat pada nilai centane dan kandungan sulfurnya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan rustpro.id berikut ini!

Perbedaan Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar:

Pertamina Dex

Pertamina Dex adalah jenis solar berkualitas tinggi yang ditujukan untuk kendaraan dengan spesifikasi mesin diesel modern.

Salah satu perbedaan utama Pertamina Dex dengan jenis solar lainnya adalah nilai cetanenya yang tinggi, yaitu 53.

Nilai cetane yang tinggi ini menandakan kualitas pembakaran yang lebih baik, menghasilkan tenaga yang lebih besar dan emisi yang lebih rendah.

Pertamina Dex juga mengandung sulfur rendah, kurang dari 300 ppm (parts per million), yang membuatnya lebih ramah lingkungan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Bahan bakar ini cocok untuk kendaraan diesel dengan teknologi common rail yang membutuhkan solar dengan spesifikasi tinggi.

Dexlite

Dexlite merupakan produk solar lain dari Pertamina yang menjadi alternatif antara Pertamina Dex dan Bio Solar.

Perbedaan Dexlite dengan Pertamina Dex terletak pada nilai cetanenya yang sedikit lebih rendah, yaitu 51.

Meskipun demikian, Dexlite masih memiliki kualitas yang baik dengan kandungan sulfur yang juga rendah, yaitu sekitar 1.200 ppm.

Ini menjadikannya pilihan yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan kualitas terlalu banyak.

Dexlite dirancang untuk kendaraan diesel yang tidak terlalu memerlukan spesifikasi bahan bakar tinggi seperti Pertamina Dex, tetapi ingin performa yang lebih baik daripada menggunakan Bio Solar.

Bio Solar

Bio Solar adalah jenis solar yang diproduksi oleh Pertamina dengan memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan.

Salah satu perbedaan utama Bio Solar dengan Pertamina Dex dan Dexlite adalah penggunaan komponen biodiesel dalam campurannya.

Nilai cetane Bio Solar lebih rendah dibandingkan dengan Dex dan Dexlite, tetapi keunggulannya terletak pada aspek ramah lingkungan karena penggunaan bahan bakar nabati dalam campurannya.

Bio Solar memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Dex dan Dexlite, tetapi penggunaan biodiesel memberikan kontribusi positif terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca.

Bahan bakar ini cocok untuk berbagai jenis kendaraan diesel, terutama yang tidak memerlukan spesifikasi bahan bakar tinggi.

Perbandingan Kualitas dan Kinerja

Ketika membandingkan perbedaan Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan.

Pertama, nilai cetane yang menentukan kualitas pembakaran. Pertamina Dex memiliki nilai cetane tertinggi, diikuti oleh Dexlite, dan terakhir Bio Solar.

Ini berarti bahwa Pertamina Dex memberikan pembakaran yang paling efisien dan bersih, ideal untuk mesin diesel modern yang lebih canggih.

Kedua, kandungan sulfur. Sulfur yang rendah pada Pertamina Dex dan Dexlite berkontribusi pada emisi gas buang yang lebih rendah dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan Bio Solar.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu BBM, Jenis-Jenis, dan Kategorinya

Jangan Anggap Spele Karat pada Mobil! Bisa Keropos dan Perbaikan Mahal, Segera Bawa ke RustPro!

Jangan pernah menganggap spele keberadaan karat pada mobil! Ia bisa berkembang menjadi menjadi momok yang meresahkan dan membuat komponen penting mobil menjadi keropos dan membutuhkan perbaikan yang mahal.

Untuk menghindari kerugian besar tersebut, solusi terbaiknya adalah mencegahnya sebelum terjadi kerusakan serius.

RustPro menawarkan solusi ideal untuk mencegah mobil berkarat dan keropos dengan layanan anti karat mobil yang berkualitas dan handal.

Kami berani menjamin layanan ini dengan garansi selama 8 tahun dan menyediakan layanan maintenance GRATIS setiap tahunnya untuk memastikan kendaraan Anda terlindungi dari serangan karat.

Jangan tunggu sampai mobil Anda keropos dan memerlukan restorasi yang biayanya bisa mencapai Rp 20 juta!

Kunjungi RustPro sekarang juga dan lindungi kendaraan kesayangan Anda untuk jangka panjang supaya harga jualnya tetap terjaga!

Ini adalah solusi hemat yang bijak untuk menjaga nilai dan kondisi kendaraan Anda tetap prima.

Anda bisa menghubungi Customer Service kami untuk info lengkap seputar layanan RustPro dan pemesanan jadwal layanan melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Untuk Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang RustPro yang berlokasi di alamat berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah dia perbedaan Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar yang perlu Anda pahami.

Pemilihan antara Pertamina Dex, Dexlite, dan Bio Solar seharusnya didasarkan pada jenis kendaraan dan kebutuhan spesifik penggunanya.

Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri dan dirancang untuk memenuhi persyaratan operasional yang berbeda.

Pertamina Dex menawarkan kualitas pembakaran terbaik dan paling ramah lingkungan, Dexlite adalah solusi menengah yang mengimbangi antara harga dan kualitas, sedangkan Bio Solar menawarkan solusi ramah lingkungan dengan komponen biodiesel.

Memahami perbedaan antara ketiganya akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk kendaraan Anda dan lingkungan.

RUSTPRO

It's My Responsibility