❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Dia 4 Perbedaan Salon Mobil dan Auto Detailing

4 perbedaan salon mobil dan auto detailing

Dunia perawatan kendaraan berkembang dengan pesat, menawarkan berbagai pilihan untuk menjaga penampilan dan kinerja mobil Anda.

Dua layanan populer dalam hal ini adalah salon mobil dan auto detailing.

Apa perbedaan salon mobil dan auto detailing?

Nah, melalui artikel ini, rustpro.id akan mengajak Anda untuk mengenali apa saja perbedaan antara salon mobil dengan auto detailing.

Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Perbedaan Salon Mobil dan Auto Detailing

Meskipun keduanya, baik itu salon mobil maupun auto detailing bertujuan untuk meningkatkan estetika mobil, ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Ini dia 4 (empat) perbedaan yang mencolok antara bengkel salon mobil dengan bengkel auto detailing mobil:

1. Bagian yang Dibersihkan

Perbedaan salon mobil dan auto detailing yang pertama adalah terletak pada bagian mana saja yang dibersihkan.

Umumnya, salon mobil berfokus pada pembersihan dan penyegaran tampilan umum mobil.

Layanan ini biasanya meliputi pencucian eksterior, pembersihan interior dasar (seperti vakum dan pembersihan debu), serta pembersihan jendela.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Sementara auto detailing adalah proses yang lebih mendalam. Ini tidak hanya mencakup semua layanan yang ditawarkan oleh salon mobil tetapi juga melangkah lebih jauh dengan membersihkan setiap sudut dan celah mobil.

Detailing meliputi pembersihan eksterior yang mendetail, perawatan ban, pembersihan dan kondisioning interior yang mendalam (termasuk jok, karpet, dan area sulit dijangkau), serta seringkali melibatkan perlindungan cat.

2. Alat dan Bahan yang Digunakan

Perbedaan lainnya dari salon mobil dan auto detailing adalah terletak pada alat dan bahan yang digunakan.

Salon mobil menggunakan peralatan dan bahan pembersih standar seperti sabun cuci mobil, kain mikrofiber, vakum, dan semir ban.

Mereka mungkin tidak selalu menggunakan produk kelas atas atau khusus untuk setiap jenis permukaan.

Di sisi lain, auto detailing menggunakan rangkaian alat dan bahan yang lebih luas dan lebih khusus.

Ini termasuk clay bar untuk menghilangkan kontaminan dari cat, polish untuk mengembalikan kilau, serta berbagai produk khusus untuk membersihkan dan melindungi kulit, vinil, dan plastik.

Detailers sering menggunakan peralatan seperti polisher orbital dan steamer untuk hasil terbaik.

3. Tarif

Perbedaan salon mobil dan auto detailing yang paling terasa adalah dari segi tarif atau biaya yang dikeluarkan.

Tarif untuk salon mobil biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan auto detailing. Ini cocok untuk pemilik mobil yang mencari solusi pembersihan cepat dan efektif dengan anggaran terbatas.

Mengingat tingkat ketelitian dan waktu yang dihabiskan, serta kualitas produk yang digunakan, auto detailing cenderung lebih mahal.

Ini merupakan investasi bagi mereka yang ingin perawatan ekstensif dan perlindungan yang tahan lama untuk mobil mereka.

4. Tingkat Ketahanan

Terakhir, perbedaan antara salon mobil dan auto detailing dapat Anda lihat dari tingkat ketahanan hasil pengerjaannya.

Meskipun salon mobil memberikan penampilan yang bersih dan segar, efeknya mungkin tidak bertahan lama, terutama jika mobil sering digunakan di kondisi yang menuntut, seperti jalan berdebu atau berlumpur.

Sementara itu, auto detailing menawarkan tingkat ketahanan yang lebih tinggi. Perlindungan yang diberikan pada permukaan cat, misalnya, dapat bertahan beberapa bulan hingga satu tahun, tergantung pada produk yang digunakan dan kondisi penggunaan mobil.

Baca Juga: Lokasi Auto Detailing Surabaya yang Murah & Terbaik

RustPro: Salon Auto Detailing Mobil dengan Garansi Hingga 3 Tahun

Buat Anda yang ingin mempercantik tampilan mobil supaya terlihat kinclong dan tampak seperti baru, RustPro adalah pilihan salon auto detailing yang patut Anda kunjungi.

RustPro menawarkan layanan coating & detailing yang bisa Anda nikmati untuk mengembalikan tampilan menawan mobil.

Tampilan mobil yang berkilau dan kinclong tidak hanya membuatnya menjadi lebih menawan, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jualnya di masa mendatang.

RustPro menggunakan lapisan coating berteknologi Graphene 10H+ yang memiliki sifat hidrofobik, sehingga air hujan, debu, dan kotoran penyebab kusam akan sulit menempel pada permukaan cat mobil.

Graphene 10H+ juga merupakan lapisan coating terbaru yang memiliki tingkat ketahanan yang lebih lama dibandingkan Nano Ceramic yang biasa digunakan oleh salon-salon  mobil kebanyakan.

Segera reservasikan kedatangan Anda di RustPro sekarang dan dapatkan garansi layanan selama 3 tahun! Hubungi CS kami melalui WA di nomor 0812-1130-9522!

Anda juga bisa mengunjungi kami di Instagram @rustpro_indonesia untuk melihat info dan konten-konten menarik seputar layanan RustPro.

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang RustPro yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Demikianlah perbedaan salon mobil dan auto detailing yang perlu Anda ketahui.

Memilih antara salon mobil dan auto detailing bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda mencari perawatan cepat dan dasar, salon mobil mungkin cukup memadai.

Namun, bagi Anda yang ingin perawatan mendalam, perlindungan jangka panjang, dan bersedia untuk menginvestasikan lebih, auto detailing adalah pilihan yang tepat.

RUSTPRO

It's My Responsibility