❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ternyata Ini 5 Perbedaan SUV dan MPV pada Jenis Mobil

perbedaan suv dan mpv pada jenis mobil

SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi-Purpose Vehicle) adalah dua kategori yang sering menjadi perbincangan dalam dunia otomotif, khususnya pembahasan mengenai jenis mobil.

Keduanya memiliki karakteristik yang unik dan masing-masing memiliki daya tariknya sendiri.

Namun, untuk membuat keputusan yang tepat saat memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, penting untuk memahami perbedaan SUV dan MPV pada jenis mobil secara mendasar.

Dalam artikel ini, rustpro.id akan menggali lebih dalam untuk memahami perbedaan esensial di antara jenis mobil SUV dan jenis mobil MPV.

Pengertian Mobil SUV

Sport Utility Vehicle atau mobil SPV adalah jenis kendaraan bermotor yang dirancang untuk menggabungkan karakteristik kendaraan penumpang dengan kemampuan off-road yang lebih baik.

Istilah “SUV” biasanya merujuk pada mobil yang memiliki bentuk bodi yang lebih tinggi, ruang kabin yang lebih besar, dan kemampuan penggerak empat roda (4×4) atau all-wheel drive (AWD)

Pengertian Mobil MPV

Multi-Purpose Vehicle atau mobil MPV adalah jenis kendaraan bermotor yang dirancang khusus untuk mengakomodasi penumpang dan barang bawaan dengan kapasitas yang lebih besar daripada mobil sedan atau hatchback biasa.

MPV dikenal dengan beragam nama di berbagai negara, seperti minivan di Amerika Utara, dan “people carrier” di beberapa negara Eropa.

Karakteristik utama dari mobil MPV adalah fleksibilitas, kenyamanan, dan kemampuan untuk mengangkut banyak penumpang.

Perbedaan SUV dan MPV pada Jenis Mobil

Inilah sejumlah perbedaan antara jenis mobil SUV dan jenis mobil MPV:

1. Ban Mobil

Salah satu perbedaan SUV dan MPV yang paling mendasar adalah jenis ban yang mereka gunakan.

Ban SUV biasanya lebih besar dengan desain yang lebih kasar, sehingga cocok untuk menghadapi medan off-road.

Ban ini dirancang untuk memberikan traksi ekstra dan ketahanan terhadap beban berat.

Di sisi lain, MPV biasanya menggunakan ban yang lebih kecil dengan desain yang lebih halus, dirancang untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik di jalan raya.

Jika Anda sering mengemudi di medan off-road atau ingin mobil dengan penampilan yang kokoh, SUV dengan ban besar mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, jika sebagian besar perjalanan Anda adalah di jalan raya, MPV dengan ban yang lebih halus akan memberikan kenyamanan dan efisiensi yang lebih baik.

2. Ground Clearance

Ground clearance adalah jarak vertikal antara bagian bawah mobil dan permukaan jalan.

Ini adalah faktor penting, terutama jika Anda sering mengemudi di daerah dengan jalan yang tidak rata atau kondisi medan yang kasar.

Secara umum dalam perbedaan SUV dan MPV pada jenis mobil, SUV memiliki ground clearance yang lebih tinggi daripada MPV, biasanya mencapai sekitar 200 mm atau lebih.

Jika Anda tinggal di daerah dengan kondisi jalan yang buruk atau sering menghadapi medan off-road, SUV dengan ground clearance tinggi adalah pilihan yang lebih baik.

Ground clearance yang lebih tinggi akan membantu Anda menghindari kerusakan pada bagian bawah mobil dan membuatnya lebih mampu mengatasi rintangan di jalan.

3. Tujuan Penggunaan

Tujuan penggunaan mobil adalah faktor utama yang menjadi perbedaan SUV dan MPV paling kentara.

SUV umumnya dirancang untuk pengemudi yang ingin mobilitas tinggi, daya angkut barang, dan kemampuan off-road.

Di sisi lain, MPV lebih cocok untuk keluarga atau kelompok yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang besar dan ruang kargo yang luas.

Jika Anda lebih suka gaya hidup aktif dan sering berpetualang, SUV adalah pilihan yang baik.

Namun, jika Anda membutuhkan mobil untuk mengangkut keluarga atau kelompok besar, MPV adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

4. Kapasitas Penumpang

Salah satu perbedaan antara SUV dan MPV yang paling mencolok adalah kapasitas penumpang.

SUV biasanya dirancang untuk mengakomodasi sekitar 5 hingga 7 penumpang, sementara MPV dapat mengangkut 7 hingga 9 penumpang.

MPV juga sering dilengkapi dengan kursi baris ketiga yang dapat dilipat atau diatur ulang untuk meningkatkan kapasitas penumpang atau ruang kargo.

Jika Anda memiliki keluarga besar atau sering mengangkut kelompok besar, MPV dengan kapasitas penumpang yang lebih besar adalah pilihan yang lebih praktis.

Akan tetapi, jika Anda hanya perlu tempat duduk untuk keluarga kecil, SUV mungkin cukup untuk menemani perjalanan Anda.

5. Fitur yang Ditawarkan

SUV dan MPV kini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan hiburan.

Namun, jenis fitur yang ditawarkan dapat bervariasi antara model dan merek tertentu.

SUV sering kali menawarkan fitur-fitur yang lebih bersifat off-road, seperti sistem penggerak empat roda dan kontrol traksi yang canggih.

Di sisi lain, MPV sering dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih fokus pada kenyamanan dan keamanan penumpang, seperti sistem hiburan belakang dan kursi yang dapat diatur ulang.

Pilih mobil yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh dengan keluarga, MPV dengan fitur hiburan belakang mungkin lebih sesuai.

Sementara itu, jika Anda adalah pengemudi petualangan, maka SUV dengan fitur off-road yang canggih dapat menjadi pilihan yang baik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mobil Bekas SUV 50 Jutaan, Yuk Pilih!

Kara pada Mobil Bisa Bikin Keropos, Cegah dan Atasi bersama RustPro Sekarang! Dijamin Garansi 8 Tahun

Karat atau korosi yang muncul pada beberapa komponen mobil selain merusak tampilan estetika, juga dapat menyebabkan kerusakan seperti pengeroposan dan kerusakan secara struktural.

Hal ini tentu wajib Anda cegah sebelum terjadi supaya mobil tetap dapat berfungsi optimal dan nilai jualnya tidak jatuh ketika Anda ingin menjualnya kelak.

Sebagai solusi untuk permasalahan karat pada mobil, RustPro menyediakan layanan anti karat mobil bergaransi yang dapat Anda manfaatkan untuk menghindari mobil dari kerusakan akibat karat.

RustPro menggunakan cat anti karat berbahan rubber atau karet yang terbukti memiliki tingkat ketahanan sangat tinggi, bahkan tahan hingga lebih dari 5 tahun.

Untuk menjamin ketahanan ini, RustPro pun memberikan jaminan garansi selama 8 tahun.

Selain itu, agar perlindungan anti karat bekerja maksimal dalam melindungi mobil dari korosi, RustPro menyediakan layanan penyemprotan ulang anti karat setiap tahunnya, tentunya dengan biaya yang GRATIS!

So, buruan cegah dan atasi karat pada mobil Anda sekarang sebelum menimbulkan kerusakan yang parah!

Reservasi jadwal layanan anti karat mobil di RustPro sekarang melalui WhatsApp Customer Service kami di nomor 0813-1150-2678!

Nikmati promo DISKON 40% untuk seluruh layanan perawatan mobil yang tersedia di RustPro!

Info lengkap seputar RustPro dan biaya cat anti karat juga bisa Anda dapatkan melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

Bengkel RustPro tersedia di berbagai kota besar di Indonesia.

Untuk Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Makassar, Anda dapat mengunjungi alamat cabang kami yang tersedia di beberapa lokasi berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Makassar

Lokasi: Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan SUV dan MPV pada jenis mobil.

Dalam memilih antara SUV dan MPV, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan, gaya hidup, dan preferensi pribadi Anda.

Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan tidak ada jawaban yang benar atau salah.

Yang terpenting adalah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memberikan Anda kenyamanan serta kepuasan saat berkendara.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat saat memilih jenis mobil yang cocok untuk Anda dan keluarga.

RUSTPRO

It's My Responsibility