❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Dia 4 Perbedaan Truk Engkel dan CDD

4 perbedaan truk engkel dan cdd

Dalam dunia transportasi dan logistik, memahami jenis kendaraan yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda adalah kunci.

Terdapat dua jenis kendaraan logistik yang kerap membuat kita bingung akan perbedaannya, yakni truk engkel atau Colt Diesel Engkel (CDE) dan truk Colt Diesel Double (CDD).

Berikut ini rustpro.id telah menyiapkan beberapa perbedaan truk engkel dan CDD, mulai dari ukuran, kecepatan, fungsi, hingga biaya perawatannya.

Perbedaan Truk Engkel dan CDD

Inilah 4 (empat) perbedaan truk engkel dan CDD dalam dunia transportasi logistik:

1. Ukuran dan Kapasitas

Pertama dan terutama, perbedaan yang paling mencolok antara truk engkel dan truk CDD terletak pada ukuran dan kapasitasnya.

Truk engkel, yang juga dikenal sebagai truk satu sumbu, umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringkas jika dibandingkan dengan truk CDD (Cold Diesel Double).

Karena ukurannya yang lebih kecil, Truk Engkel sering digunakan untuk pengiriman barang dalam skala kecil hingga menengah.

Sebaliknya, Truk CDD dengan dua sumbu roda memiliki kapasitas yang lebih besar, cocok untuk pengiriman barang dalam jumlah yang lebih banyak dan berat.

2. Manuver dan Kecepatan

Dalam hal manuver dan kecepatan, perbedaan truk engkel dan truk CDD juga menjadi penting.

Truk engkel, dengan ukurannya yang lebih ringkas, memungkinkan manuver yang lebih mudah di jalan-jalan sempit atau padat.

Kecepatan dan kelincahannya cocok untuk pengiriman dalam kota. Di sisi lain, Truk CDD lebih cocok untuk perjalanan jarak jauh dengan kemampuan membawa beban lebih berat.

Meskipun tidak secepat atau selincah Truk Engkel, Truk CDD menawarkan kestabilan yang lebih baik pada kecepatan tinggi, terutama di jalan raya.

3. Penggunaan dan Fungsi

Perbedaan truk engkel dan CDD juga dapat dilihat dari segi penggunaan dan fungsi keduanya.

Truk engkel sering digunakan untuk distribusi lokal atau pengiriman barang harian yang tidak memerlukan ruang besar atau kapasitas berat.

Sementara itu, Truk CDD lebih sering ditemukan dalam operasi logistik yang lebih besar, seperti pengiriman antarkota atau bahkan antarprovinsi, di mana dibutuhkan kapasitas yang lebih besar untuk efisiensi dan ekonomi pengiriman.

4. Biaya Operasional dan Pemeliharaan

Terakhir, perbedaan truk engkel dan CDD dapat dilihat dari segi biaya operasional dan pemeliharaannya.

Secara umum, Truk engkel memiliki biaya operasional yang lebih rendah, termasuk pemeliharaan dan konsumsi bahan bakar, karena ukurannya yang lebih kecil dan beban yang lebih ringan.

Sebaliknya, truk CDD, dengan ukuran dan kapasitas yang lebih besar, cenderung memiliki biaya operasional yang lebih tinggi.

Pemeliharaan truk CDD juga bisa lebih kompleks dan mahal, mengingat komponen dan sistemnya yang lebih besar dan lebih banyak.

Baca Juga: 6 Jenis Truk Mitsubishi Canter & Harga Terbarunya

Ga Cuma Mobil Pribadi, RustPro Juga Sedia Anti Karat untuk Truk Engkel dan CDD!

Tidak hanya terbatas pada mobil pribadi, RustPro juga menyediakan layanan anti karat mobil yang mencakup untuk kendaraan komersial seperti Truk Engkel dan CDD.

Dengan pemahaman bahwa kendaraan komersial seringkali menghadapi tantangan yang lebih berat di jalan, RustPro menawarkan solusi anti karat mobil yang sangat efektif.

Layanan ini dilengkapi dengan garansi selama lebih dari 8 tahun serta GRATIS maintenance setiap tahun, menjadikannya investasi yang bijak untuk menjaga kendaraan Anda dalam kondisi terbaik.

RustPro menggunakan cat anti karat yang terbuat dari bahan rubber berkualitas tinggi, yang tidak hanya melindungi kendaraan dari karat, tetapi juga dari kerusakan akibat proses oksidasi yang bisa menyebabkan keropos.

Keunggulan bahan rubber ini adalah kemampuannya untuk memberikan lapisan pelindung yang kuat dan tahan air, menjaga integritas kendaraan Anda tetap terjaga selama bertahun-tahun.

Dengan demikian, baik Truk Engkel maupun CDD yang Anda miliki akan terlindungi secara optimal, memperpanjang usia kendaraan dan menjaga nilai jualnya di masa depan.

So, yuk segera booking antrean di RustPro sekarang supaya ga kepenuhan! Silahkan WhatsApp Customer Service kami melalui nomor 0812-1130-9522!

Untuk Anda yang berlokasi di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang RustPro yang berada di alamat berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah beberapa perbedaan truk engkel dan CDD sebagai kendaraan pengangkut barang.

Truk Engkel mungkin lebih cocok untuk operasi yang lebih kecil dan lebih lincah, sementara Truk CDD lebih sesuai untuk tugas berat dan jarak jauh.

Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam memilih kendaraan logistik yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility