Rekomendasi Anti Karat Kolong Mobil dan Penyebab Kolong Mobil Karatan

Rekomendasi Anti Karat Kolong Mobil

Masalah utama dari mobil yang berusia lebih dari 5 tahun adalah karatan di bagian kolong mobil. Namun perawatan mobil yang baik mampu membuat logam di bagian kolong tetap dalam kondisi prima. Walaupun memang hal itu banyak terjadi pada mobil keluaran 10 tahun lalu. Bagi Anda yang cemas bahwa masalah tersebut akan melanda mobil kesayangan maka perlu mengetahui penyebab sekaligus rekomendasi anti karat kolong mobil.

Rekomendasi Anti Karat Kolong Mobil

Rekomendasi Anti Karat Kolong Mobil

Mengetahui penyebab kolong mobil karatan dapat membantu pemilik mobil mencegahnya. Sedangkan mengetahui rekomendasi anti karat kolong mobil akan membantu pemilik mobil dalam menangani kondisi mobil yang sudah terlanjur berkarat.

Penyebab Kolong Mobil Berkarat

Sebagian besar mobil modern memiliki komponen yang dibuat dari materi anti korosi. Beberapa bagian komponen yang tidak bisa dibuat dari materi anti karat biasanya akan dilapisi dengan cat khusus anti karat. Namun tetap saja kondisi tertentu bisa menyebabkan komponen di bagian kolong mobil berkarat. Beberapa penyebabnya dapat Anda ketahui sebagai berikut.

  1. Faktor Usia

Semua barang yang dibuat manusia pada akhirnya akan rusak akibat faktor usia. Hal ini juga berlaku pada koponen mobil yang terbuat logam dan non logam. Semakin tua suatu mobil dan komponennya maka kerusakan tidak bisa dicegah. Hanya proses perawatan secara baik yang mampu memperlambat proses kerusakan.

Lambat laun komponen logam tetap bisa mengalami oksidasi. Komponen yang sudah terlanjur berkarat bisa menjalar ke mana-mana meskipun ada batasan penjalaran korosinya juga. Jika sudah demikian maka komponen yang mengalami korosi parah harus diganti.

  1. Banjir

Banjir membawa banyak material yang berbahaya bagi logam. Tidak heran bila ada mobil yang sering terendam banjir akan lebih rentan mengalami korosi, terutama di bagian kolong mobilnya. Kotoran dan lumpur yang terbawa banjir dapat menempel di kolong mobil sekaligus merusak lapisan anti karat di bagian tersebut.

Maka dari itu disarankan untuk tidak melewati area yang terkena banjir. Jika terpaksa melewati banjir segera bersihkan sesampainya di tempat yang kering. Cuci bersih mobil agar tidak lagi ada kotoran dan lumpur yang menempel karena mobil yang bersih akan lebih terhindar dari munculnya karat.

  1. Kelembaban Terlalu Tinggi

Pemilik mobil yang tinggal di area berkelembaban tinggi juga harus waspada dari mobil mengalami korosi. Bagian kolong yang berkarat kecil masih bisa dibersihkan dan ditambahkan dengan lapisan anti karat. Tetapi bagian kolong yang sudah berkarat parah membutuhkan proses penanganan lebih rumit.

Contoh kawasan yang berpotensi punya kelembaban tinggi adalah daerah pesisir laut. Daerah psisir laut cenderung memiliki kelembaban lebih tinggi. Selain itu air laut sendiri juga tidak boleh sampai kena mobil karena dapat mempercepat proses oksidasi.

  1. Sering Kehujanan

Parkir mobil harus selalu diusahakan di kawasan yang beratap. Atap mencegah mobil terkena hujan secara langsung karena air hujan bisa juga menyebabkan korosi.

Apabila terpaksa parkir mobil sementara di tempat yang tidak beratap usahakan menutup dengan cover mobil untuk mencegah mobil berkontak langsung dengan air hujan. Setelah hujan reda dan matahari cerah berusahalah untuk segera membersihkan kotoran yang ada pada mobil.

Dibaca Juga: Mencegah Harga Jual Mobil Turun dengan Melapisi Mobil Dengan Anti Karat

Rekomendasi Anti Karat Kolong Mobil

Bagian kolong mobil memang rentan mengalami karat karena sering terkena lemparan kerikil dan batu. Lemparan tersebut dapat menyebabkan luka pada lapisan anti karat di kolong mobil. Terdapat beberapa langkah rekomendasi anti karat kolong mobil yang perlu Anda terapkan.

  1. Pembersihan Kolong Mobil

Bagian yang perlu dibersihkan tidak hanya berupa bagian atas mobil dan mesinnya saja. Pemilik mobil juga perlu membersihkan bagian kolong mobil agar tidak ada kotoran yang menempel. Kotoran yang menempel juga bisa menyebabkan korosi.

Proses terbentuknya korosi ini bermula dari logam yang terkontak udara. Udara sendiri diketahui mengandung air dan oksigen yang bisa berekasi terhadap logam. Reaksi tersebutlah yang disebut dengan proses terbentuknya korosi dan besi yang sudah terkena akan mengalami pengeroposan. Membersihkan dan langsung mengeringkan area kolong mobil dapat mencegah terjadinya korosi.

  1. Pakai Jasa Steam Mobil

Rekomendasi anti karat kolong mobil selanjutnya adalah menggunakan jasa steam mobil. Proses pembersihan mobil tidak boleh dilakukan smebarangan. Menggunakan cara membersihkan yang benar dapat berdampak terhadap keawetan kolong mobil. Terlebih lagi bagian kolong mobil sering terkontak dengan lumpur, tanah, debu, dan juga air hujan.

Salah satu cara yang pembersihan yang terjamin adalah dengan menggunakan jasa steam mobil. Mengikuti arahan rekomendasi anti karat kolong mobil ini harus dilakukan secara rutin karena setelah dibersihkan bagian kolong mobil bisa ditambahkan dengan undercoat untuk mencegah korosi di bagian kolong mobil.

  1. Lap Bagian Kolong Mobil

Rekomendasi anti karat kolong mobil yang akan dibahas juga berkaitan dengan pengelapan kolong mobil. Biasanya setelah dilakukan pembersihan di area kolong proses pengeringan juga dilakukan dengan cara mengelap bagian kolongnya pakai kanebo atau lap khusus.

Pengeringan ini mampu membuat lapisan anti karat yang ada di kolong tetap awet. Utuhnya lapisan anti karat memungkinkan perlindungan yang menyeluruh terhadap potensi munculnya karat. Terlebih lagi semua lapisan anti karat didesain mampu menghindarkan terjadinya kontak antara reaksi yang terjadi akibat pertemuan logam, air, dan oksigen.

  1. Periksa Berkala Bagian Kolong Kendaraan

Hal lain yang perlu Anda lakukan dan menjadi langkah rekomendasi anti karat kolong mobil adalah memeriksa bagian kolong secara berkala. Anda tidak perlu melakukannya sendiri di rumah karena bisa menyerahkan tugas ini kepada mekanik yang handal.

Kolong yang berkarat pada dasarnya tidak terjadi secara instan. Semua memerlukan waktu yang cukup lama sehingga pendeteksian secara dini akan semakin baik. Pengecekan rutin dapat mendeteksi adanya karat yang muncul atau tanda-tanda karat akan muncul. Karat yang kecil masih bisa dibersihkan dengan mudah dengan menggunakan cairan kimia khusus.

  1. Tambahkan Kolong dengan Lapisan Anti Karat Khusus

Langkah rekomendasi anti karat kolong mobil yang berikutnya adalah menambahkan lapisan anti karat khusus ke area kolong mobil. Lapisan anti karat yang baik biasanya bisa bertahan sampai lebih dari 5 tahun sehingga proses perlindungan terhadap karat juga bisa berlangsung lama.

Bahan khusus Rekomendasi Anti Karat Kolong Mobil tersebut mampu melekat kuat di permukaan komponen kolong mobil sehingga tahan dari air hujan, batu terlempar, dan juga lumpur. Apabila sudah mendekati masa pakai lapisan anti karat maka pemilik bisa masuk ke bengkel kembali untuk dilakukan penyemprotan ulang.

Anda yang tertarik untuk menggunakan lapisan anti karat yang khusus dan berkualitas pastikan hanya pakai RustPro. Komposisi kimia yang digunakan didesain khusus dan umum digunakan pada kapal perang. Perlindungan terhadap korosi dari bengkel kami mampu bertahan sampai 10 tahun.

Tidak main-main terhadap kualitas yang kami berikan, maka RustPro juga memberikan garansi selama 8 tahun. Selain dapat melindungi dari karat lapisan yag kami berikan mampu meredam suara mesin mobil juga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5121

No votes so far! Be the first to rate this post.