❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Sejarah Mobil Timor: Awal Mula Peluncuruan Hingga Jadi Kenangan

sejarah mobil timor di Indonesia

Sejarah otomotif Indonesia tak lengkap tanpa menyebut ‘Timor’, sebuah produk otomotif yang pernah menjadi ikon dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Bagi banyak orang, nama Timor mungkin mengingatkan pada masa-masa akhir tahun 90an hingga awal tahun 2000.

Tetapi tahukah Anda bagaimana sejarah mobil Timor mulai dari awal peluncuran hingga kini menjadi salah satu mobil sedan legendaris?

Berikut telah tim rustpro.id rangkum dari berbagai sumber cerita singkat mengenai sejarah dari mobil Timor

Awal Mula Sejarah Mobil Timor

Mobil Timor merupakan hasil dari keinginan Indonesia untuk memiliki industri otomotif nasional yang mampu bersaing di kancah internasional.

Pada tahun 1990-an, presiden kedua Republik Indonesia, Presiden Soeharto memiliki visi untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di tanah air.

Melalui program ini, Indonesia bermaksud untuk mengurangi ketergantungan pada impor kendaraan dan membangun kapasitas produksi dalam negeri.

Peluncuran Mobil Timor

Dengan dorongan dari pemerintah, PT Timor Putra Nasional (TPN) didirikan. Perusahaan ini memperoleh hak eksklusif untuk memproduksi dan mendistribusikan mobil Timor di Indonesia.

Pada tahun 1996, mobil Timor tipe S515i pertama kali diperkenalkan ke publik. Dengan desain yang modern dan fitur yang tidak kalah dengan kompetitornya, Timor S515i dengan cepat menarik perhatian konsumen Indonesia.

Tantangan dan Kontroversi

Meski diterima dengan antusias oleh masyarakat, perjalanan mobil Timor tidaklah mulus. Terdapat beberapa kontroversi yang muncul, khususnya terkait skema pembiayaan dan hak eksklusif yang diberikan kepada PT TPN.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kritik datang dari masyarakat karena pemerintah dinilai memberikan insentif pajak dan fasilitas lainnya yang dianggap menguntungkan satu perusahaan saja.

Kontribusi Terhadap Industri Otomotif Nasional

Walaupun menghadapi sejumlah tantangan, mobil Timor mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap industri otomotif Indonesia.

Keberadaannya mendorong pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kapasitas produksi otomotif dalam negeri.

Banyak komponen lokal mulai diproduksi dan digunakan dalam pembuatan Timor, yang memberikan dorongan bagi industri pendukung otomotif.

Akhir dari Era Timor

Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, berbagai faktor mulai menghambat perkembangan mobil Timor di Indonesia.

Krisis ekonomi Asia 1997, perubahan kebijakan pemerintah, dan kompetisi dengan produsen otomotif lainnya menjadi beberapa alasan mengapa mobil Timor mulai menghadapi kesulitan.

Pada tahun 2006, produksi mobil Timor pun secara resmi dihentikan.

Walaupun kini mobil Timor sudah tidak diproduksi lagi, warisannya tetap hidup di hati masyarakat Indonesia.

Banyak yang menganggap Timor sebagai bukti kemampuan dan ketekunan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

Bagi banyak orang, mobil Timor bukan sekadar kendaraan, tetapi simbol dari kebanggaan nasional.

Baca Juga: Ini Dia 7 Cara Merawat Mobil Timor supaya Awet

Punya Mobil Timor? Segera Lindungi dari Bahaya Karat! Bawa ke RustPro Sekarang!

Buat Anda yang memiliki mobil Timor yang sudah berusia tua, pastikan untuk segera melindunginya dari bahaya karat dengan melapisinya dengan cat pelapis anti karat.

Mobil tua seperti Timor tentu sangat rentan terkena karat. Usianya yang tidak lagi muda membuatnya sangat rawan rusak dan keropos.

Oleh karena itu, RustPro menawarkan kepada Anda layanan anti karat mobil dengan menggunakan cat pelapis anti karat berbahan dasar rubber.

Dengan merawat anti karat di RustPro, Anda akan mendapatkan garansi selama 8 tahun dan layanan perawatan berkala secara GRATIS setiap tahunnya.

So, buruan bawa mobil Timor Anda ke RustPro dan bikin tampilannya kembali menawan seperti Anda pertama kali membelinya.

Silahkan lakukan reservasi di bengkel RustPro melalui WhatsApp di bawah ini!
CS 1: 0813-1150-2678
CS 2: 0856-9326-7772

Selain anti karat, Anda juga bisa mempercantik tampilan mobil kesayangan Anda dengan layanan coating & detailing, dan kaca film yang semuanya juga akan dijamin oleh garansi.

Buat Anda yang ingin mencari tahu info menarik lainnya seputar RustPro, silahkan kunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Teruntuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang RustPro yang berada di lokasi berikut ini.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itu dia sejarah mobil Timor yang perlu Anda ketahui agar menambah wawasan mengenai otomotif dalam negeri.

Meskipun memiliki pasang surut, mobil Timor tetap menjadi bagian integral dari sejarah otomotif bangsa dan saksi bisu dari kemajuan industri dalam negeri.

Bagi generasi mendatang, kisah Timor bisa menjadi inspirasi bahwa dengan tekad dan kerja keras, impian bisa menjadi kenyataan.

RUSTPRO

It's My Responsibility