❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Servis Mobil Berapa Bulan Sekali? Ini Dia Informasinya

servis mobil berapa bulan sekali

Mobil seolah menjadi lebih dari sekedar alat transportasi. Ia menjadi rekan sehari-hari, pendamping perjalanan, dan terkadang, simbol kedua rumah kita.

Mulai dari perjalanan pagi ke kantor hingga petualangan akhir pekan, mobil kita mendukung berbagai aspek kehidupan kita. Namun terkadang, muncul dalam benak kita pertanyaan “servis mobil berapa bulan sekali?”

Jika pertanyaan tersebut sering kali terbesit dalam benak Anda, berarti Anda sangat peduli dengan kesehatan kendaraan Anda tersebut.

Untuk membantu Anda dalam merawat dan melindungi mobil dari kerusakan, di bawah ini rustpro.id akan membagikan informasi mengenai servis mobil berapa bulan sekali, manfaat servis rutin, hingga komponen-komponen yang wajib dicek saat servis mobil.

Servis Mobil Berapa Bulan Sekali?

Ketika berbicara tentang pemeliharaan kendaraan, pertanyaan umum yang sering diajukan adalah, “servis mobil berapa bulan sekali?”.

Jawaban singkatnya adalah servis mobil dilakukan setiap enam bulan sekali atau setiap kali kendaraan menempuh jarak 10.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Kenapa? Hal ini karena ini bukan hanya tentang menjaga kendaraan Anda dalam kondisi prima, tapi juga tentang mengoptimalkan investasi Anda dalam jangka panjang.

Manfaat Servis Mobil secara Rutin

Adapaun manfaat yang akan Anda dapat jika melakukan servis mobil secara rutin:

1. Menjaga Performa Mesin

Pertama dan yang paling penting, manfaat servis mobil secara rutin adalah untuk membantu menjaga performa mesin mobil Anda.

Dengan servis berkala, semua komponen mesin seperti oli mesin, filter udara, dan sistem bahan bakar diperiksa dan diganti jika perlu.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Ini menghindari masalah seperti overheat mesin, konsumsi bahan bakar yang tidak efisien, dan keausan yang tidak semestinya pada komponen mesin.

2. Meningkatkan Harga Jual Mobil

Mobil yang terawat dengan baik memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi. Ini adalah fakta yang tidak terbantahkan.

Ketika calon pembeli melihat catatan servis yang teratur, ini memberikan mereka keyakinan bahwa mobil tersebut telah dirawat dengan baik.

Manfaat servis mobil secara rutin yang satu ini, pada gilirannya, akan meningkatkan nilai dan daya tarik mobil di pasar.

3. Menjaga Garansi

Bagi Anda yang memiliki mobil baru dengan garansi, melakukan servis berkala sesuai jadwal yang dianjurkan oleh produsen adalah suatu keharusan. Jika tidak, Anda mungkin kehilangan manfaat dari garansi tersebut.

Produsen seringkali memerlukan bukti servis berkala untuk menjamin klaim garansi, terutama pada komponen penting seperti mesin dan transmisi.

4. Menghemat Konsumsi BBM

Manfaat servis mobil berkala juga berkontribusi pada efisiensi bahan bakar. Mobil yang tidak terawat dengan baik cenderung mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Hal ini karena mesin yang tidak efisien harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Dengan menjaga mesin dalam kondisi terbaiknya, Anda bisa menghemat biaya bahan bakar secara signifikan.

Komponen yang Harus Dicek saat Servis Mobil

Saat melakukan servis mobil, pastikan beberapa komponen pentingnya dicek agar dapat segera diganti apabila terdapat komponen yang rusak dan aus.

Berikut adalah sejumlah komponen yang harus dicek saat servis mobil:

1. Aki

Aki adalah jantung dari sistem kelistrikan mobil Anda. Saat servis, pastikan aki diperiksa untuk kotoran dan korosi, serta pastikan bahwa level cairan dan tegangan aki berada dalam kondisi optimal.

Aki yang lemah atau rusak dapat menyebabkan masalah kelistrikan dan bahkan mencegah mobil untuk menyala.

2. Oli Mesin

Oli mesin adalah pelumas yang menjaga mesin mobil Anda berjalan lancar. Saat servis, komponen mobil yang satu ini wajib dicek dan diganti jika memang diperlukan.

Menggunakan oli mesin yang berkualitas dan menggantinya sesuai rekomendasi pabrikan sangat penting untuk mempertahankan performa mesin dan mencegah keausan dini.

3. Busi

Busi adalah komponen berikutnya yang harus dicek saat servis mobil.

Komponen ini sagat penting untuk pengapian dalam mesin. Busi yang rusak atau aus dapat menyebabkan mesin tersendat dan konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.

Pemeriksaan dan penggantian busi secara berkala adalah kunci untuk performa mesin yang optimal.

4. Throttle Body

Throttle body mengontrol aliran udara ke mesin. Pembersihan throttle body secara rutin dapat meningkatkan respons throttle, mengurangi gejala idle yang tidak stabil, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

5. Filter Udara

Filter udara adalah komponen mobil yang berfungi untuk melindungi mesin dari kontaminan dan debu.

Filter udara yang tersumbat dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan performa mesin.

Pemeriksaan dan penggantian filter udara secara teratur adalah penting untuk memastikan mesin bernapas dengan baik.

6. Kampas dan Minyak Rem

Kampas rem dan minyak rem adalah komponen yang harus dicek saat servis mobil karena bersifat krusial untuk keselamatan berkendara.

Kampas rem yang tipis dan minyak rem yang kotor atau rendah dapat mengurangi efektivitas pengereman.

Pemeriksaan dan penggantian komponen-komponen ini secara teratur sangat penting.

7. Kampas Kopling

Bagi mobil dengan transmisi manual, kampas kopling memainkan peran penting dalam transisi gigi.

Kampas kopling yang aus dapat menyebabkan kesulitan dalam mengganti gigi dan mengurangi efisiensi transmisi.

8. Fan Belt

Fan belt menggerakkan komponen seperti alternator dan pompa air. Belt yang aus atau rusak dapat menyebabkan masalah kelistrikan dan pendinginan.

Pemeriksaan dan penggantian fan belt secara rutin adalah penting untuk mencegah kegagalan mendadak.

Baca Juga: Ternyata Segini Harga Tiket Kapal Laut untuk Mobil Pribadi

Yuk, Jangan Tunggu Mobil Keropos! Cegah bersama RustPro Sekarang!

Seiring pemakaian dan berjalannya waktu, mobil tentu akan mengalami keropos.

Hal ini tidak terlepas dari kemunculan karat yang disebabkan oleh proses oksidasi zat kimia yang berasal dari air hujan, lumpur, dan beragam kotoran jalanan lainnya.

Jika mobil sudah keropos, biaya yang dihabiskan untuk merestorasinya pun tidak sedikit, bahkan bisa mencapai lebih dari Rp 15 juta.

Oleh karena itu, sebagai langkah solutif untuk mencegah dan mengatasi karat pada mobil, RustPro menawarkan kepada Anda layanan anti karat mobil dengan jaminan garansi yang tidak main-main.

Kami menawarkan garansi hingga 8 tahun ditambah dengan layanan penyemprotan ulang cat anti karat secara GRATIS setiap tahunnya. Ini tentu merupakan solusi paling hemat untuk Anda melindungi mobil dari karat dan keropos daripada harus merestorasinya.

Silahkan hubungi Customer Servis kami melalui WA di nomor 0812-1130-9522 untuk info lengkap dan reservasi jadwal layanan.

Anda juga bisa melihat dan mencari tahu detail pengerjaan layanan di bengkel RustPro melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi kami di alamat berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itu dia jawaban dari pertanyaan “servis mobil berapa bulan sekali?”

Ingat, servis mobil idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali atau setiap 10.000 km, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Dengan perawatan yang baik, mobil Anda tidak hanya menjadi alat transportasi yang handal, tetapi juga investasi jangka panjang yang cerdas.

RUSTPRO

It's My Responsibility