Solusi Mengatasi Karat Mobil dengan Sempurna

Karat Mobil

Kendaraan akan semakin nyaman digunakan jika performa dan tampilannya sempurna. Namun selama ini karat mobil menjadi sebuah masalah serius yang sering kali menghampiri para pemilik kendaraan. Kondisi cuaca yang tidak menentu, perjalanan yang tidak terduga bahkan kesalahan dalam melakukan perawatan akan menimbulkan karat muncul di berbagai bagian mobil. Kali ini akan dibahas lengkap mengenai solusi jitu untuk mengatasi karat yang muncul pada mobil Anda.

Jika digambarkan secara sederhana, karat memang tidak bisa diprediksi datangnya. Apalagi kendaraan yang digunakan memang bukan hanya dipakai dalam sekali saja. Beberapa perjalanan jauh dengan kondisi medan yang berbeda akan memicu munculnya karat. Untuk menghilangkan karat yang sudah mulai muncul, ada beberapa tahapan yang harus Anda ketahui. Ikuti saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Berbagai Jenis Karat Mobil

Karat Mobil

Jangan biarkan karat mobil semakin menguasai bahkan merusak kendaraan pribadi Anda. Meski bintik-bintik kecil baru muncul, jika dibiarkan akan semakin menyebar. Dan jika sudah parah sudah pasti karat akan merusak bagian itu secara berkala. Ada 3 jenis karat yang harus Anda ketahui karakteristiknya, inilah pembahasannya.

Karat Permukaan

Jenis karat mobil yang hanya mengindikasi lapisan luar dari panel bodi kendaraan. Karat ini biasanya muncul karena adanya goresan pada lapisan cat mobil bagian luar yang selama ini dijadikan pelindung cat. Untuk memperbaikinya bisa dibilang paling ringan. Namun jangan remehkan karat permukaan karena jika dibiarkan terlalu lama akan semakin menyebar secara luas pada bagian tersebut.

Silahkan segera mengunjungi bengkel untuk segera mengatasi goresan kecil ini. Oleskan lapisan anti karat baru setelah melakukan mengamplasan dan dempul. Jika ingin memberikan tampilan sempurna seperti cat aslinya, silahkan menanyakan pada bengkel terbaik karena pihak mereka sangat hafal seri cat yang memiliki warna sama dengan cat asli mobil Anda.

Karat Kerak

Karat mobil yang sudah masuk ke tahapan serius adalah jenis karat kerak. Karat ini memang diakibatkan oleh penanganan terlambat jika Anda terlalu menunda memperbaiki karat permukaan. Setiap korosi akan semakin berkembang ke skala lebih besar jika dibiarkan. Bahkan jika sudah masuk ke jenis karat permukaan, bisa saja lapisan logam sudah terindikasi rusak.

Pengaruh interaksi garam secara berlebihan pemicu kerak karat semakin menyebar pada sejumlah bagian mobil. Apalagi selama ini garam memang selalu menciptakan reaksi kimia dan lebih cepat menyebarkan karat pada semua lapisan mobil. Tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kerak karet akan semakin melebar serta buat beberapa bagian yang terbuat dari logam tersebut bisa keropos.

Karat Tembus

Indikasi kerusakan paling parah bisa Anda rasakan jika sudah masuk jenis karat mobil tembus. Korosi yang sudah memakan bagian cat dan logam akan melemahkan lapisan mobil sehingga akan menimbulkan lubang. Sehingga dibutuhkan penanganan serius dan bisa jadi Anda harus segera mengganti bagian mobil tersebut jika memang sudah sulit diperbaiki.

Selama ini kerusakan akibat karatan memang disebabkan oleh kurang perhatiannya pemilik mobil dadi semua indikasi karat diatas. Penanganan yang sejak awal harus dilakukan adalah sering kali melakukan pengecekan agar sedikit pun indikasi karat tidak muncul di semua bagian bodi mobil Anda.

Solusi Perbaikan Karat Mobil

Untuk tahapan pencegahan karat mobil, sebaiknya Anda segera mencuci mobil setelah terkena hujan, kotoran, lumpur dan sehabis dari perjalanan yang banyak terindikasi air laut. Namun jika kondisi mobil sudah terindikasi karat di beberapa bagian, maka Anda harus segera mengambil tindakan. Sejumlah tindakan awal dalam melakukan pencegahan antara lain:

Beri Baking Soda

Penangan awal jika Anda sudah menemukan beberapa bagian mobil terindikasi karat adalah dengan membersihkan permukaan karat memakai baking soda. Selama ini bahan dapur satu ini bisa dibilang sangat efektif untuk menangani karat dalam kriteria ringan. Bisa jadi langkah pembersihan memakai baking soda menjadi solusi cepat untuk mencegah penyebaran karat dalam skala kecil.

Ambil sikat dan air dan campurkan dengan baking soda. Gosok perlahan ke semua bagian yang sudah muncul karat. Setelah karat mengelupas silahkan cuci mobil Anda. Apabila cat mobil sedikit berubah, lakukan beberapa cara lanjutan dibawah ini.

Dibaca Juga: Manfaat Memakai Rust Protection Terbaik di Jakarta

Manfaatkan Cuka dan Lemon

Dua bahan dapur yaitu cuka dan lemon bisa menjadi solusi mengatasi karat mobil. Meski terbilang sepele, kedua bahan ini mampu mengatasi karat dalam skala kecil. Jika Anda menemukan bagian yang bekarat, lakukan perendaman memakai cairan cuka untuk merontokkan karat permukaan.

Setelah perendaman selesai, Anda bisa menyikatnya dengan memakai cairan yang sudah diberikan perasan lemon. Sikat secara berkala pada bagian tersebut sampai karat hilang. Selama ini banyak orang memanfaatkan cara ini untuk mengatasi karatan pada mobil di bagian yang mudah dilepas saja.

Amplas Bagian Karatan

Untuk mencegah karat mobil semakin meluas, silahkan segera melakukan pengamplasan di bagian tersebut. Jika masuh dalam skala kecil, amplas saja memakai cara manual menggunakan tangan sampai karat benar-benar mengelupas dari bodi mobil.

Namun sangat berbeda jika skala karat sudah lebar, maka untuk memaksimalkan amplas karat silahkan menggunakan grinder dan sander. Dijamin semua indikasi karat akan rontok seketika. Setelah semuanya bersih, lakukan pengecatan ulang dan berikan lapisan cat untuk memaksimalkan warna cat sama dengan warna mobil Anda.

Berikan Dempul

Jika karat mobil sudah dalam tahapan serius dan bahkan menimbulkan lubang, maka Anda harus mendempulnya ulang. Dengan memberikan dempul setelah mengamplas, bagian berlubang akan Nampak sempurna lagi karena ketebalan bodi akan sama lagi.

Proses ini hamper sama dengan pengamplasan, namun untuk memaksimalkan pendempulan maka Anda harus memperhatikan ketebalannya sempurna. Biarkan sampai dempul benar-benar kering sebelum melakukan pengecatan primer. Lakukan dua kali pengecatan dan proses finishing berikan cairan lapisan anti karat lagi.

Lapisi dengan Rushpro

Solusi paling jitu untuk mencegah timbulnya karat mobil yang semakin parah adalah dengan melakukan pelapisan anti karat secara berkala. Rushpro menjadi salah satu lapisan anti karat yang sudah teruji efektif mempertahankan tampilan mobil Anda dari masalah karat atau korosi.

Produk yang sudah memiliki lisensi ini, banyak digunakan kalangan pecinta otomotif. Memiliki bahan rubber yang sangat efektif mempertahankan kondisi mobil dari indikasi pengaruh cuaca ekstrem, interaksi menakutkan air garam dan kerusakan akibat karat yang sudah membandel.

Kunjungi bengkel Rushpro di sejumlah kota Anda untuk lebih bisa memastikan jika produk terbaik ini akan menjadi solusi hebat untuk mobil kesayangan Anda. Cairan istimewa ini juga menjadi salah satu produk yang memberikan garansi 8 tahun pemakaian. Apabila ada masalah selama masa garansi, Anda bisa melakukan penanganan ulang dari pihak bengkel resmi Rushpro.

Itulah pembahasan lengkap mengenai karat mobil sekaligus tips dalam penanganannya. Untuk penanganan lebih lanjut silahkan datang ke bengkel Rushpro dan dapatkan paket perawatan anti karat paling lengkap untuk mobil Anda. Mekanik berpengalaman akan membantu masalah karat pada mobil Anda secara professional. Semoga bermanfaat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1135

No votes so far! Be the first to rate this post.