❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Segini Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal

daftar ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal

Memastikan tekanan angin pada ban mobil Anda adalah ideal bukan hanya masalah efisiensi bahan bakar atau daya tahan ban, tetapi juga sangat berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Dengan memahami ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal sesuai dengan tipe kendaraan, Anda dapat meningkatkan performa mobil sekaligus memastikan keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Melalui artikel ini, rustpro.id akan menginformasikan kepada Anda mengenai ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal untuk digunakan saat berkendara.

Namun sebelum itu, berikut kami sajikan informasi mengenai betapa pentingnya mengecek tekanan angin ban mobil secara rutin.

Mengapa Penting Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil secara Rutin?

Mengecek tekanan angin ban mobil penting untuk dilakukan secara rutin. Hal ini untuk menghindari sejumlah bahaya yang ditimbulkan apabila tekanan angin ban kurang ataupun berlebihan.

Dampak Kurangnya Tekanan Angin Ban Mobil

Tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan anjuran pabrikan dapat menyebabkan sejumlah masalah serius. Ban yang kurang tekanan cenderung memiliki kontak yang lebih besar dengan permukaan jalan, yang mengakibatkan:

Peningkatan resistensi rolling

Hal ini menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras, yang berarti konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi dan efisiensi bahan bakar menurun.

Pemakaian ban yang tidak merata

Ini dapat mempersingkat usia pakai ban, yang berarti Anda harus mengganti ban lebih sering, menambah biaya perawatan kendaraan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Overheating

Ban yang kurang angin cenderung overheat karena gesekan yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan kerusakan ban, bahkan kegagalan ban saat berkendara.

Kemampuan kendali yang berkurang

Tekanan ban yang rendah dapat mempengaruhi handling dan stabilitas kendaraan, membuatnya lebih sulit untuk mengontrol, terutama saat bermanuver atau dalam kondisi darurat.

Dampak Kelebihan Tekanan Angin Ban Mobil

Di sisi lain, terlalu banyak tekanan angin dalam ban mobil juga bisa berbahaya dan mempengaruhi kinerja kendaraan:

Pengurangan traksi

Ban yang terlalu keras tidak akan dapat menyesuaikan diri dengan permukaan jalan dengan baik, sehingga traksi akan berkurang, yang dapat meningkatkan risiko selip, terutama di jalan basah atau licin.

Ride yang tidak nyaman

Kelebihan tekanan angin membuat perjalanan menjadi lebih kasar, karena ban tidak dapat menyerap guncangan dari permukaan jalan dengan baik.

Pemakaian ban yang tidak merata

Ban yang terlalu menggembung akan memakai lebih cepat di tengah tread, daripada di sisinya, yang juga berkontribusi pada penggantian ban lebih dini dari yang seharusnya.

Potensi kerusakan akibat guncangan

Tekanan angin yang berlebihan juga dapat menyebabkan ban lebih rentan terhadap kerusakan dari lubang atau objek tajam di jalan.

Daftar Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal

Berikut adalah daftar ukurangan tekanan angin ban yang ideal berdasarkan jenis mobilnya:

Tekanan Angin Ban Mobil City Car (30-36 psi)

Mobil city car sering digunakan untuk berkendara di kota dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Meski begitu, ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal sangat penting untuk memastikan mobil mudah dikendalikan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Tekanan angin ban untuk mobil jenis ini biasanya diatur antara 30 hingga 36 psi. Penyesuaian tekanan angin ini juga dapat disesuaikan dengan berat beban dan kondisi jalan yang akan dilewati.

Tekanan Angin Ban Mobil Sedan (30-33 psi)

Sedan adalah jenis mobil yang dikembangkan dengan fokus pada kenyamanan penumpang. Tekanan angin ban yang disarankan untuk mobil sedan umumnya berada di kisaran 30 sampai 33 psi.

Hal ini untuk memastikan bahwa ban dapat memberikan performa yang halus namun tetap mendukung efisiensi bahan bakar.

Selain itu, dengan ukuran tekanan angin ban yang ideal, mobil sedan dapat memberikan handling yang lebih baik dan jarak pengereman yang optimal.

Tekanan Angin Ban Mobil SUV (35-40 psi)

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dirancang untuk menangani berbagai jenis permukaan jalan dan kondisi berkendara yang lebih berat.

Oleh karena itu, ukuran tekanan angin ban mobil SUV yang ideal biasanya lebih tinggi, yaitu antara 35 hingga 40 psi.

Tekanan yang lebih tinggi ini membantu ban dalam mendukung beban yang lebih berat serta meningkatkan daya cengkeram saat melewati medan yang menantang seperti jalan berbatu atau tanah.

Tips Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil Tetap Ideal

Untuk menjaga tekanan angin ban mobil tetap ideal, berikut tips dan cara yang bisa Anda terapkan:

Periksa Secara Rutin

Mengecek tekanan angin ban secara rutin adalah kunci utama untuk menjaga keamanan dan efisiensi kendaraan Anda. Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

Gunakan alat pengukur tekanan yang tepat

Pastikan Anda memiliki pengukur tekanan ban yang akurat. Pengukur digital sering kali lebih mudah digunakan dan memberikan bacaan yang lebih tepat.

Cek tekanan saat ban dingin

Tekanan ban sebaiknya diperiksa saat ban dingin, karena berkendara bisa meningkatkan suhu dan tekanan di dalam ban.

Bandingkan dengan spesifikasi pabrikan

Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan, yang umumnya dapat Anda temukan di manual pemilik, sisi dalam pintu pengemudi, atau tutup tangki bahan bakar.

Melakukan pengecekan rutin, idealnya setiap bulan atau sebelum perjalanan jauh, akan memastikan bahwa ban Anda selalu berada pada tekanan yang optimal.

Hindari Mengangkut Beban Berlebih

Beban yang berlebihan dapat memberikan tekanan tambahan pada ban, yang mengakibatkan peningkatan tekanan angin di dalamnya.

Oleh karena itu, ketahuilah batas maksimum beban kendaraan. Informasi ini dapat ditemukan pada manual pemilik atau pada label informasi kendaraan.

Pastikan beban didistribusikan secara merata di seluruh kendaraan untuk menghindari penekanan yang tidak merata pada ban.

Memastikan mobil Anda tidak kelebihan muatan tidak hanya akan membantu menjaga tekanan angin ban tetap ideal tetapi juga mencegah keausan prematur dan potensi kegagalan ban.

Jangan Lupakan Ban Serep

Ban serep sering kali terlupakan dalam perawatan rutin. Namun, memastikan bahwa ban serep Anda berada pada tekanan angin yang tepat adalah sama pentingnya.

Hal ini berguna sebagai bentuk kesiapan dalam keadaan darurat. Ban serep yang tidak terpompa dengan baik tidak akan banyak membantu jika Anda mendapatkan ban kempes.

Selain itu, ban serep mobil juga berguna untuk keamanan dan performa. Ban serep yang terpompa dengan baik akan memastikan bahwa Anda dapat terus berkendara dengan aman hingga mendapatkan perbaikan permanen.

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Jamur di Karpet Mobil

Yuk, Rawat Mobil di RustPro dan Dapatkan Garansi Hingga 8 Tahun!

RustPro adalah bengkel perawatan mobil yang menyediakan beragam jenis layanan, mulai dari anti karat, coating & detailing, dan kaca film.

Teruntuk Anda yang tidak ingin habis biaya banyak untuk perbaikan mobil yang keropos akibat karat, layanan anti karat mobil dari RustPro dapat menjadi solusi yang paling efektif.

RustPro menggunakan cat pelapis anti karat yang berbahan dasar rubber atau karet yang mampu melindungi logam mobil Anda dari ancaman korosi hingga bertahun-tahun.

Kualitas dan ketahanan cat anti karat ini pun dijamin oleh RustPro dengan jaminan garansi selama 8 tahun.

Anda pun dapat melakukan perawatan berkala nantinya secara GRATIS setiap tahunnya.

Tentunya ini merupakan solusi paling hemat untuk perawatan mobil Anda supaya terhindar dari pengeroposan dan kerusakan parah akibat karat.

Yuk, segera lindungi mobil Anda dari ancaman karat dan korosi bersama RustPro! Silahkan hubungi CS kami untuk melakukan pemesanan jadwal layanan di cabang RustPro terdekat melalui nomor WA di bawah ini:

CS 1: 0813-1150-2678
CS 2: 0856-9326-7772

Kunjungi juga kami di Instagram melalui @rustpro_indonesia untuk melihat info dan konten menarik seputar layanan RustPro.

Teruntuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang kami yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

Itu dia sejumlah informasi mengenai ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal beserta tips menjaganya supaya tetap ideal.

Setiap jenis mobil memiliki kebutuhan tekanan angin yang berbeda-beda, dan mematuhi angka-angka ini tidak hanya akan memperpanjang umur ban Anda tetapi juga menjaga mobil Anda beroperasi dengan performa terbaiknya.

Dengan pemeliharaan yang baik dan pemeriksaan tekanan angin ban yang teratur, perjalanan Anda akan lebih aman dan menyenangkan.

RUSTPRO

It's My Responsibility