❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Penyebab Kerak Oli Mesin Mobil, Wajib Tau!

5 Penyebab Kerak Oli Mesin Mobil, Wajib Tau!

Kerak oli mesin mobil adalah masalah yang sering terjadi pada mobil. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mesin yang berbahaya dan mahal untuk diperbaiki. Kerak oli dapat menyebabkan mesin mobil menjadi tidak efisien, berkurangnya performa mesin, dan gangguan pada sistem pembuangan. Ini karena kerak oli dapat menyumbat sistem pendingin, sistem bekalan bahan bakar, dan lubang pembuangan.

Namun, kerak oli dapat dihindari dengan mengetahui apa saja penyebab kerak oli mesin mobil. Penyebab-penyebab berikut ini wajib untuk anda ketahui agar kerak tidak lagi muncul dan menyebabkan masalah baru yang mungkin lebih parah.

5 Penyebab Kerak Oli Mesin Mobil

Ada lima penyebab kerak oli mesin mobil muncul dan menjadi masalah bagi mesin atau mobil kesayangan anda. Nah, untuk membuat kerak oli tersebut tidak muncul lagi, berikut adalah lima penyebab kerak oli pada mesin mobil muncul dan mengganggu kesehatan mesin mobil anda:

1. Terlalu lama melebihi waktu ganti oli mesin: Oleh karena itu, penting untuk mematuhi jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh pabrik. Jika waktu ganti oli mesin sudah berlalu, kerak oli dapat terbentuk pada bagian-bagian mesin yang bergerak dan menyebabkan gangguan.

2. Pemakaian oli yang tidak tepat: Pemilihan oli yang salah dapat menyebabkan kerak oli. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan jenis oli yang disarankan oleh pabrik. Jika kondisi mesin berbeda dari yang direkomendasikan, maka pemilik harus berkonsultasi dengan teknisi untuk memilih jenis oli yang tepat.

3. Kontaminasi air: Air dapat mengendap pada oli mesin dan menyebabkan kerak oli. Kontaminasi air terjadi karena masuknya air dari luar mesin atau dari kondensasi yang terjadi di dalam mesin.

4. Kontaminasi debu dan kotoran: Partikel debu dan kotoran dapat masuk ke oli mesin dan menyebabkan kerak oli. Hal ini terutama terjadi pada mesin yang beroperasi di lingkungan yang kotor, seperti di lokasi tambang, konstruksi, dan pabrik.

5. Pemanasan berlebihan: Pemanasan berlebihan dapat menyebabkan oli mesin menguap dan meninggalkan kerak oli. Hal ini dapat terjadi jika mesin beroperasi pada suhu yang terlalu tinggi atau jika mesin sering mengalami sobat panas.

Kesimpulannya, penyebab kerak oli mesin mobil adalah melebihi waktu ganti oli mesin, pemakaian oli yang tidak tepat, kontaminasi air, kontaminasi debu dan kotoran, dan pemanasan berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mematuhi jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh pabrik dan menggunakan jenis oli yang tepat.

BACA JUGA: Pentingnya Engine Detailing: Apa Efeknya untuk Mesin Mobil?

Cara Menghindari Kerak Oli Mesin Mobil

Agar penyebab kerak oli mesin mobil tersebut tidak muncul lagi, mengetahui penyebabnya saja tidak cukup. Ada beberapa cara untuk menghindari masalah kerak oli tersebut. Berikut adalah cara menghindari agar kerak oli pada mesin mobil:

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  • Gunakan Oli Berkualitas: Oli yang berkualitas tinggi memiliki sifat anti-kerak yang baik dan membantu menjaga mesin Anda tetap mulus. Gunakan oli yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.
  • Ganti Oli Secara Teratur: Ganti oli sesuai interval yang dianjurkan oleh produsen mobil Anda. Hal ini akan memastikan oli di dalam mesin Anda tidak lama berada di sana dan terbakar.
  • Periksa Pompa Oli: Pompa oli akan mengalirkan oli ke mesin, jadi pastikan pompa oli selalu berfungsi secara optimal dengan memeriksanya secara berkala.
  • Bersihkan Mesin Secara Teratur: Pastikan mesin Anda selalu bersih dan bebas dari partikel-partikel atau sisa-sisa oli yang menyumbat.

Untuk menghindari penyebab kerak oli mesin mobil, gunakan oli berkualitas tinggi, ganti oli secara teratur, gunakan filter oli yang tepat, periksa pompa oli, dan bersihkan mesin secara teratur. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat memastikan mesin Anda berfungsi dengan baik dan terhindar dari penyebab kerak oli.

Atasi Kerak Oli pada Mesin Mobil di RustPro!

Cara terbaik untuk mengatasi penyebab kerak oli mesin mobil tersebut adalah dengan melakukan perawatan. Perawatan terbaik yang harus anda pilih adalah engine detailing. Ini adalah proses di mana tim RustPro akan membersihkan mesin mobil anda dari kotoran, sisa oli yang menempel, dan hal lainnya yang menyebabkan oli mesin menjadi berkerak.

Jika anda penasaran dengan bagaimana proses engine detailing ini dapat mengatasi masalah kerak oli pada mesin mobil, anda bisa bertanya langsung ke customser service RustPro melalui WhatsApp (klik di sini), bisa juga telfon ke sini: 0813-1150-2678. Atau kalau anda ingin mendapatkan pelayanan langsung di bengkel RustPro, anda bisa datang ke salah satu cabang RustPro yang terletak di Lebak Bulus.

Berikut adalah alamat RustPro Lebak Bulus: Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419. Atau silahkan lihat map berikut ini agar anda tidak ‘nyasar’ atau salah jalan:

Jadi tunggu apalagi, dari semua informasi mengenai penyebab kerak oli mesin mobil dan penjelasan bagaimana engine detailing dari RustPro Lebak Bulus dapat membantu anda mengatasi semua permasalah tersebut. Yuk ke Rust sekarang juga dan dapatkan pelayanan terbaiknya!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility