❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Ketahui Apa Itu Dashboard Mobil, Bagian, dan Fungsinya untuk Berkendara

apa itu dashboard mobil

Dashboard mobil adalah bagian interior mobil yang sangat mendukung kenyamanan berkendara. Mulai dari head unit seperti colokan USB, kamera belakang untuk parkir, hingga pusat kontrol seperti tombol lampu hazard, pengatur temperatur AC, semuanya adalah fitur-fitur yang terdapat pada dashboard mobil.

Beberapa fitur tersebut memiliki peranan penting bagi pengendara maupun penumpangnya untuk menciptakan suasana nyaman saat dalam perjalanan. Jika salah satu bagian dashboard mobil tidak berfungsi, tentu akan membuat suasana berkendara menjadi tidak aman dan nyaman.

Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu dashboard mobil, mulai dari bagian-bagiannya hingga fungsi tombol dan indikatornya.Tujuannya adalah selain agar mendapat pengetahuan baru, juga supaya Anda dapat memahami arti penting dari dashboard mobil untuk berkendara.

Tidak ketinggalan juga di akhir artikel ini kami akan membagikan sejumlah tips merawat dashboard mobil supaya awet dan selalu berfungsi optimal. Makanya, pastikan Anda menyimaknya sampai selesai, ya!

Apa Itu Dashboard Mobil?

Dashboard mobil adalah panel kontrol utama yang terletak di depan pengemudi. Ini adalah pusat komando kendaraan Anda, tempat semua informasi penting tentang kondisi dan kinerja mobil ditampilkan.

Dashboard mobil adalah komponen interior mobil yang berisi instrumen dan pusat kontrol, seperti speedometer, takometer, indikator bahan bakar, dan lampu peringatan. Di era modern seperti sekarang ini, dashboard mobil banyak yang sudah dilengkapi dengan sistem navigasi, sistem hiburan, hingga kontrol cuaca untuk memudahkan Anda dalam mengatur temperatur suhu di dalam mobil.

Bagian-Bagian Dashboard Mobil

Terdapat 5 (lima) bagian utama pada dashboard mobil, diantaranya:

1. Head Unit

Head unit adalah komponen utama dari sistem audio mobil. Ini adalah bagian dashboard mobil yang biasanya ditempatkan di tengah di sebelah kiri sistem kemudi dan berfungsi sebagai pusat kontrol untuk radio, pemutar musik, sistem navigasi, dan fitur hiburan lainnya di dalam mobil.

2. Pusat Kontrol Fitur Mobil

Seperti namanya, pusat kontrol fitur mobil adalah bagian dashboard mobil yang berfungsi mengatur seluruh fitur yang ada di mobil. Dengan pusat kontrol ini, Anda dapat mengatur temperatur suhu AC, menyalakan lampu hazard, mengisi daya perangkat, dan masih banyak lagi.

Letak pusat kontrol ini berada di bawah head unit, sehingga memudahkan pengendara mengaturnya tanpa harus kehilangan fokus saat mengendarai mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

3. Laci Mobil

Bagian-bagian dashboard berikutnya adalah laci mobil. Ini adalah komponen interior mobil yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang seperti senter, kunci stir, buku manual, dan masih banyak lagi.

Letak laci mobil biasanya berada di bagian depan kursi penumpang sebelah pengemudi, atau di sebelah kiri head unit dan pusat kontrol mobil.

4. Lampu Indikator

Lampu indikator di dashboard mobil adalah elemen penting yang memberikan informasi dan peringatan kepada pengemudi tentang berbagai kondisi dan fungsi kendaraan. Lampu-lampu ini bisa berupa indikator bahan bakar, lampu peringatan mesin, indikator suhu mesin, dan banyak lagi.

Bagian dashboard yang satu ini berfungsi sebagai sistem komunikasi antara mobil dan pengemudi, memberikan peringatan dini tentang potensi masalah atau kebutuhan perawatan, seperti baterai yang lemah, tekanan ban yang rendah, atau mesin yang memanas.

5. Tuas

Bagian dashboard mobil yang terakhir adalah tuas mobil, yaitu komponen kunci dalam sistem kontrol kendaraan. Tuas ini digunakan untuk berbagai fungsi, seperti mengganti gigi pada mobil manual atau otomatis, mengoperasikan sistem wiper kaca depan, atau mengaktifkan lampu sign untuk belok.

Pada mobil manual, tuas transmisi digunakan untuk mengganti gigi. Hal ini untuk memudahkan pengemudi dalam mengontrol kecepatan dan daya kendaraan. Sementara pada mobil matic, tuas ini biasanya memiliki posisi parkir, mundur, netral, dan drive.

Sedangkan tuas lainnya yang juga ada di dashboard atau kolom kemudi, berfungsi untuk mengontrol lampu, wiper, dan fitur-fitur lainnya.

Fungsi Tombol dan Indikator pada Dashboard Mobil

Setelah mengetahui bagian-bagiannya, berikut kami berikan informasi tentang fungsi tombol dan indikator pada dashboard mobil.

1. Lampu Indikator Mesin

Lampu ini sering disebut juga lampu cek mesin, yaitu lampu indikator yang akan menyala jika ada masalah dengan mesin mobil Anda. Jika lampu ini menyala, segeralah bawa mobil Anda ke mekanik untuk ditangani lebih lanjut.

2. Indikator Tekanan Minyak

Ini adalah lampu indikator pada dashboard mobil yang menunjukkan jika tekanan minyak mesin terlalu rendah. Jika lampu ini menyala, hentikan mobil dan periksa level minyak mesin.

3. Indikator Baterai

Lampu indikator baterai pada dashboard mobil akan menyala jika ada masalah dengan sistem pengisian atau baterai mobil Anda. Jika lampu ini menyala saat mobil berjalan, itu bisa menunjukkan masalah dengan alternator.

4. Indikator Tekanan Ban

Lampu indikator ini akan menyala jika tekanan udara di salah satu ban Anda terlalu rendah. Jika lampu ini menyala, periksa tekanan ban Anda.

5. Tombol Kontrol Audio

Tombol pada dashboard mobil ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengontrol sistem audio mobil, seperti radio, pemutar musik, dan sistem hiburan lainnya. Dengan tombol ini, Anda dapat mengubah stasiun radio, menyesuaikan volume, dan memilih sumber audio dengan tombol ini.

6. Tombol Kontrol Iklim

Terakhir, tombol kontrol iklim adalah tombol yang ada pada dashboard mobil yang berfungsi untuk mengontrol suhu di dalam mobil. Anda dapat menyesuaikan suhu, mengatur kecepatan kipas, dan memilih antara udara panas dan dingin dengan tombol ini.

Baca Juga: Ini Dia 10 Tips Merawat Interior Mobil agar Nyaman Berkendara

Tips Merawat Dashboard Mobil

Sama seperti bagian-bagian mobil lainnya, dashboard mobil juga memerlukan perawatan supaya fungsi dan kenyamanannya tetap terjaga.

Salah satu cara merawat dashboard mobil adalah dengan menggunakan layanan detailing dari bengkel perawatan mobil. Dengan perawatan yang lengkap dan pengetahuan mendalam, tentu teknisi dari bengkel tersebut dapat dengan mudah membersihkan dashboard mobil Anda dan membuat tampilannya kinclong seperti baru keluar dari pabrik.

Berhubungan dengan hal itu, RustPro sebagai bengkel modern yang berspesialis dalam perawatan mobil, menawarkan kepada Anda layanan detailing interior mobil. Dengan produk dan peralatan canggih, kami dapat menjamin bahwa kualitas pengerjaan detailing yang dilakukan oleh tim kami dapat mengembalikan tampilan optimal mobil Anda.

Ini adalah tips merawat dashboard mobil yang paling ampuh, karena dengan menggunakan layanan detailing interior dari RustPro, dashboard mobil Anda akan dipoles dan dibersihkan agar terbebas dari debu dan kotoran.

Selain itu, pengerjaan detailing di RustPro pun tidak memerlukan waktu lama. Mobil Anda masuk hari ini, besok sudah bisa langsung diambil! Sangat cepat bukan? Makanya, buruan reservasi sekarang melalui WhatsApp Customer Service kami di nomor 0813-1150-2678.

Kami juga ada DISKON SPESIAL HINGGA 40% lho, untuk pengerjaan layanan di antara jam 5 sore hingga jam 10 malam. Info lengkap silahkan kunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Berikut adalah daftar alamat cabang RustPro yang ada di wilayah Jakarta, Tangerang, Cirebon, dan Surabaya:

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Demikianlah informasi mengenai apa itu dashboard mobil, bagian-bagian, dan fungsinya untuk berkendara. Pastikan untuk selalu merawat dashboard mobil Anda supaya pengalaman berkendara selalu aman dan nyaman.

Gunakan layanan detailing interior mobil dari RustPro untuk mendapatkan kualitas layanan yang cepat dan optimal! Segera pesan jadwal sekarang sebelum penuh!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility