❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini 4 Cara Membersihkan Kerak Oli di Mesin Mobil

cara membersihkan kerak oli di mesin mobil

Seiring waktu dan penggunaan, mesin mobil Anda mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda penumpukan kerak oli. Kerak ini terbentuk dari residu oli yang telah teroksidasi dan partikel kotoran, yang dapat menghambat aliran oli, mengurangi efisiensi mesin, dan pada akhirnya merusak komponen mesin mobil.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil untuk mengetahui cara membersihkan kerak oli di mesin mobil agar dapat menjaga performa dan tampilan mesin mobil.

Artikel ini akan membantu Anda memahami tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk membersihkan kerak pada mesin mobil. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat menjaga mesin mobil Anda tetap berjalan dengan lancar dan efisien, serta memperpanjang umurnya.

Cara Membersihkan Kerak Oli di Mesin Mobil

Berikut adalah 4 (empat) cara membersihkan kerak oli di mesin mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum Anda memulai rentetan cara membersihkan kerak oli di mesin mobil, Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Anda akan membutuhkan produk pembersih mesin yang dirancang khusus untuk menghilangkan kerak, kain lap bersih, sikat kawat (jika diperlukan), dan sarung tangan pelindung.

Pastikan mobil dalam keadaan dingin sebelum Anda mulai, karena bekerja pada mesin yang panas bisa berbahaya. Buka kap mesin dan lepaskan kabel aki untuk mencegah percikan listrik.

2. Aplikasikan Pembersih Mesin

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan kerak oli di mesin mobil adalah menerapkan pembersih mesin. Ikuti petunjuk pada label produk untuk penggunaan yang tepat.

Biasanya, Anda disarankan menyemprotkan pembersih secara merata di seluruh mesin, dengan fokus pada area yang memiliki kerak terbanyak. Biarkan pembersih bekerja selama waktu yang ditentukan oleh produsen, biasanya sekitar 10-15 menit.

3. Pembersihan Kerak

Setelah pembersih mesin bekerja, saatnya untuk mulai membersihkan kerak oli. Gunakan kain lap bersih untuk menggosok area yang telah diberi pembersih. Untuk kerak yang keras atau sulit dijangkau, sikat kawat bisa sangat membantu.

Jangan gunakan kekuatan berlebih saat menggosok atau menyikat, karena ini bisa merusak komponen mesin. Lanjutkan proses ini sampai sebagian besar kerak telah dihilangkan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

4. Bilas dan Keringkan

Langkah terakhir dalam cara membersihkan kerak oli di mesin mobil adalah membilas mesin dengan air bersih dan kemudian mengeringkannya. Pastikan untuk melindungi komponen elektronik dan bagian yang tidak tahan air sebelum membilas.

Setelah mesin dibilas, gunakan kain lap bersih dan kering untuk mengeringkan mesin sebanyak mungkin. Biarkan mesin mengering sepenuhnya sebelum Anda menghidupkan mobil lagi.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Karat pada Mesin Mobil dengan Cepat

Layanan Detailing RustPro Adalah Solusi Jitu untuk Membersihkan Kerak Oli di Mesin Mobil

Dalam menerapkan cara membersihkan kerak oli di mesin mobil, tentu membutuhkan tenaga yang ekstra. Selain harus meluangkan waktu untuk mencari produk pembersih dan proses pembersihannya, Anda juga perlu menyiapkan segala peralatannya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa pembersihan mesin yang disediakan oleh bengkel perawatan mobil.

RustPro adalah pilihan bengkel perawatan mobil yang sangat tepat. Kami memiliki layanan detailing mesin yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kerak oli pada mesin mobil Anda.

Layanan detailing dari RustPro dapat mengembalikan tampilan optimal mesin mobil Anda, sehingga akan terbebas dari kotoran dan debu, serta kekusaman.

Anda tidak perlu ragu dengan kualitas pelayanan dan pengerjaan kami. RustPro memiliki tim teknisi yang telah membantu banyak pemilik mobil dalam memberikan perawatan agar mobilnya dapat tampak bersih dan kinclong seperti baru.

Apalagi, pengerjaan detailing di RustPro dapat dilakukan dengan sangat cepat. Mobil yang masuk pengerjaan hari ini dapat langsung selesai besok hari. Sungguh sangat cepat, bukan?

Khusus untuk pengerjaan di antara jam 5 hingga jam 10 malam, kami akan memberikan POTONGAN HARGA HINGGA 40%. So, buruan pesan jadwal layanan sekarang melalui WhatsApp Customer Service kami di 0813-1150-2678.

Anda juga bisa mencari tahu info lengkap seputar layanan kami yang lain, seperti layanan coating, instalasi anti karat, dan pemasangan kaca film melalui instagram @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di kawasan Jabodetabek, kami mengundang Anda untuk mengunjungi outlet kami yang tersebar di lokasi-lokasi berikut.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itulah dia sejumlah informasi mengenai cara menghilangkan kerak oli di mesin mobil. Dengan menjaga mesin mobil Anda tetap bersih dan bebas dari kerak, Anda dapat memperpanjang umur mesin dan menjaga kinerja mobil Anda tetap optimal. Selalu ingat untuk mengikuti petunjuk produsen dan berhati-hati saat bekerja di sekitar mesin mobil.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility