❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mengenal Apa Itu Mobil 4×4 beserta Keunggulannya

apa itu mobil 4x4

Mobil 4×4 memiliki daya tarik khusus bagi mereka yang merindukan petualangan dan ingin menjelajahi medan yang lebih liar.

Namun, di balik kepopulerannya, terdapat makna dan mekanisme yang mungkin tidak semua orang ketahui.

Dalam artikel ini, rustpro.id akan mengajak Anda untuk mengenali apa itu mobil 4×4 dan apa saja yang membuatnya beda dengan mobil-mobil yang lain.

So, ini dia informasi lengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Mobil 4×4?

Mobil 4 Wheel Drive (4WD) atau biasa dikenal dengan mobil 4×4 adalah jenis kendaraan bermotor yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan semua empat roda (empat roda penggerak) secara bersamaan.

Hal ini memungkinkan kendaraan 4×4 untuk mendistribusikan tenaga mesin ke semua roda, sehingga memberikan traksi yang lebih baik di berbagai medan dan kondisi jalan yang beragam.

Sistem 4×4 ini dirancang untuk memberikan keunggulan dalam situasi-situasi seperti berkendara di medan offroad yang berat, medan berlumpur, atau jalan yang licin.

Dengan mengaktifkan sistem 4×4, kendaraan dapat menghindari kehilangan traksi dan stabilitas saat melewati rintangan yang sulit.

Keunggulan Mobil 4×4

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mobil 4×4 dibandingkan mobil 4×2 alias 2WD:

1. Menghadapi Segala Macam Kondisi Jalan

Salah satu keunggulan paling mencolok dari mobil 4×4 adalah kemampuannya untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, termasuk medan offroad yang berat dan medan yang licin.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Dengan sistem penggerak pada keempat roda, mobil 4×4 dapat memberikan traksi yang lebih baik dan stabilitas di permukaan yang tidak rata, seperti lumpur, salju, kerikil, dan tanah.

Hal ini memungkinkan pengemudi untuk menjelajahi medan yang sulit dengan percaya diri, tanpa khawatir tentang kehilangan traksi atau terjebak di tempat yang sulit dijangkau.

2. Mengatur Tenaga pada Roda

Salah satu fitur canggih yang dimiliki oleh mobil 4×4 adalah kemampuannya untuk mengatur tenaga pada masing-masing roda secara independen.

Sistem ini memungkinkan mobil untuk mendistribusikan tenaga sesuai dengan kondisi jalan dan medan yang dihadapi.

Misalnya, ketika salah satu roda kehilangan traksi, sistem 4×4 dapat mengalihkan tenaga ke roda lain yang masih memiliki traksi, sehingga menjaga kendaraan tetap bergerak maju tanpa terjebak.

3. Mampu Menarik Kendaraan Lain

Salah satu keunggulan praktis dari mobil 4×4 adalah kemampuannya untuk menarik kendaraan lain, seperti truk atau trailer, dengan lebih mudah.

Dengan tenaga yang didistribusikan ke semua empat roda, mobil 4×4 memiliki daya tarik yang lebih besar dibandingkan dengan kendaraan dua roda penggerak.

Ini menjadi bermanfaat dalam situasi darurat atau saat membawa beban tambahan di belakang kendaraan.

4. Kemudahan Dikendalikan

Meskipun mobil 4×4 sering dikaitkan dengan kemampuan offroad yang tangguh, mereka juga dapat memberikan pengendaraan yang nyaman dan mudah dikendalikan di jalan raya.

Banyak mobil 4×4 modern dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti kontrol traksi dan stabilitas, serta sistem pengendalian yang lebih halus.

Ini membuat mobil 4×4 menjadi pilihan yang nyaman untuk pengendaraan sehari-hari, bahkan dalam kondisi jalan yang basah atau licin.

Baca Juga: Begini 5 Cara Merawat Mobil 4×4 supaya Tetap Tangguh

RustPro: Spesialis Perawatan Mobil 4×4 supaya Anti Karat

Karat atau korosi merupakan hasil oksidasi yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen logam.

Apalagi, jika karat terjadi pada komponen mobil, maka hal tersebut dapat menyebabkan komponen mobil yang membuatnya mengalami penurunan performa.

RustPro adalah bengkel spesialis anti karat mobil yang menyediakan layanan anti karat dengan jaminan garansi.

Layanan ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk mencegah kerusakan pada mobil 4×4 akibat karat atau korosi.

Bengkel anti karat mobil RustPro telah dipercaya oleh lebih dari 1000 pemilik mobil untuk melindungi kendaraannya dari ancaman karat agar terbebas dari kerusakan akibat korosi.

Dengan memanfaatkan cat anti karat berbahan dasar rubber atau karet, RustPro menjamin perlindungan anti karat yang optimal pada mobil kesayangan Anda.

Layanan ini pun dijamin garansi 8 tahun oleh RustPro. Hal ini tentunya dapat memberikan rasa aman kepada Anda bahwa mobil Anda akan terlindungi dari ancaman karat hingga waktu yang lama.

Apalagi, RustPro menyediakan layanan penyemprotan ulang cat anti karat setiap tahunnya secara GRATIS.

Jadi, dijamin deh, perawatan mobil di RustPro tidak akan membuat kantong Anda ‘kering’!

Yuk, segera rawat dan cegah mobil 4×4 Anda dari ancaman kerusakan akibat karat bersama RustPro!

Reservasi sekarang dan nikamti DISKON 40% untuk seluruh layanan yang tersedia di RustPro.

Info lengkap dan pemesanan jadwal layanan silahkan hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678.

Anda juga bisa mendapatkan info lengkap seputar harga cat anti karat dan layanan RustPro lainnya melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

RustPro kini telah hadir di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Untuk Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Makassar, Anda dapat mengunjung lokasi cabang RustPro berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Makassar

Lokasi: Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223.

Demikianlah informasi megenai apa itu mobil 4×4 dan sejumlah keunggulannya.

Penting untuk diingat bahwa meskipun mobil 4×4 memberikan traksi dan kemampuan offroad yang lebih baik, mereka tidak kebal terhadap medan yang sangat sulit.

Pengemudi masih perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menghadapi tantangan offroad dengan aman.

Selain itu, kendaraan 4×4 cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dan kompleksitas sistem yang lebih besar dibandingkan dengan kendaraan 2WD.

RUSTPRO

It's My Responsibility