❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Apa Itu Sasis Mobil? Inilah Fungsi, Jenis, dan Komponennya

apa itu sasis mobil

“Apa itu sasis mobil?”. Pertanyaan itu pasti sering muncul di benak Anda, khususnya buat para pemula di dunia otomotif.

Sasis mobil adalah elemen yang mendukung dan mengintegrasikan semua komponen dan sistem lainnya.

Sasis mobil juga sering disebut sebagai tulang belakang dari sebuah kendaraan.

Namun, apa sebenarnya sasis mobil itu? Bagaimana ia bekerja? Dan mengapa ia sangat penting dalam konstruksi dan operasional sebuah mobil?

Rustpro.id akan membantu Anda dalam menemukan jawaban atas pertanyaan “Apa Itu Sasis Mobil”, sekaligus memberikan Anda tambahan wawasan mengenai fungsi sasis mobil, jenis, dan beberapa komponen yang ada di dalamnya.

Apa Itu Sasis Mobil?

Sasis mobil adalah kerangka dasar dari sebuah mobil yang berfungsi sebagai penopang utama bagi semua komponen dan sistem yang ada di dalamnya.

Sasis adalah tulang belakang dari sebuah mobil, tempat di mana mesin, transmisi, sistem suspensi, sistem roda, dan berbagai komponen lainnya dipasang dan diintegrasikan.

Sasis mobil dirancang untuk menahan berat dan beban dari seluruh komponen mobil, serta menyerap dan meredam getaran dan benturan yang dihasilkan saat mobil beroperasi.

Fungsi Sasis Mobil

Sasis mobil memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

1. Penopang Seluruh Komponen Mobil

Fungsi sasis mobil yang paling utama adalah sebagai kerangka utama yang menopang dan mengintegrasikan semua komponen dan sistem mobil.

Tanpa sasis, komponen-komponen tersebut tidak akan dapat bekerja secara efisien dan harmonis.

2. Meredam Getaran

Selain sebagai penopang, sasis mobil juga berfungsi untuk menyerap dan meredam getaran dan benturan yang dihasilkan saat mobil beroperasi.

Ini penting untuk menjaga kenyamanan penumpang dan juga untuk melindungi komponen-komponen mobil dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh getaran dan benturan tersebut.

3. Menjaga Stabilitas

Fungsi sasis mobil juga untuk memberikan stabilitas dan kontrol yang baik saat mobil bergerak. Dengan demikian, sasis berperan penting dalam menjaga keselamatan penumpang dan pengemudi.

Jenis Sasis Mobil

Ada beberapa jenis sasis mobil yang umum digunakan dalam industri otomotif, antara lain:

1. Sasis Ladder Frame

Jenis sasis mobil ini memiliki bentuk seperti tangga, dengan dua balok panjang yang dihubungkan oleh beberapa balok pendek.

Sasis ladder frame biasanya digunakan pada mobil-mobil berat seperti truk dan SUV, karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik.

2. Sasis Unibody:

Sasis unibody adalah jenis sasis mobil yang bagian kerangka dan bodinya dibuat sebagai satu kesatuan. S

asis ini biasanya digunakan pada mobil-mobil penumpang, seperti sedan, LCGC, dan sejenisnya.

Hal ini karena sasis unibody memiliki bobot yang lebih ringan dan dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik.

3. Sasis Monocoque

Terakhir ada jenis sasis mobil monocoque, yaitu jenis sasis bodi mobilnya berperan sebagai penopang utama seluruh beban mobil.

Sasis ini biasanya digunakan pada mobil-mobil sport dan balap, karena memiliki kekakuan dan kestabilan yang sangat baik.

Komponen Sasis Mobil

Sasis mobil terdiri dari berbagai komponen, antara lain:

1. Frame atau Kerangka

Ini adalah bagian utama dari sasis, yang berfungsi sebagai penopang bagi semua komponen dan sistem mobil.

Frame atau kerangka ini biasanya dibuat dari baja atau aluminium yang kuat dan tahan lama, dan dirancang untuk menahan berat dan beban dari seluruh komponen mobil.

2. Cross Member

Cross member adalah komponen sasis mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan memberikan kekakuan pada frame.

Cross member biasanya terbuat dari baja atau aluminium, dan dipasang secara melintang di antara dua sisi frame.

3. Mounting Points

Mounting points merupakan titik-titik di mana komponen dan sistem mobil dipasang pada sasis.

Mounting points ini biasanya dibuat dalam bentuk lubang atau slot yang dirancang khusus untuk memasang komponen tertentu, seperti mesin, transmisi, atau sistem suspensi.

4. Suspension System

Komponen sasis mobil lainnya adalah sistem suspensi, yaitu sistem yang berfungsi untuk meredam getaran dan benturan yang dihasilkan saat mobil beroperasi.

Sistem suspensi ini biasanya terdiri dari berbagai komponen seperti shock absorber, spring, dan control arm.

5. Steering System

Selain sistem suspensi, ada juga sistem kemudi dalam komponen sasis mobil yang berfungsi untuk mengendalikan arah gerak mobil.

Steering system ini biasanya terdiri dari berbagai komponen seperti steering wheel, steering column, dan steering gear.

6. Drivetrain Components

Ini adalah bagian dari sasis mobil yang berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda.

Drivetrain components ini biasanya terdiri dari mesin, transmisi, driveshaft, dan differential.

7. Brake System

Komponen sasis mobil yang terakhir adalah brake system atau sistem pengeraman, yaitu sistem yang berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat mobil.

Brake system ini biasanya terdiri dari berbagai komponen seperti pedal rem, master cylinder, brake lines, dan brake calipers.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Karat pada Sasis Mobil dengan Mudah

Cegah dan Atasi Karat pada Sasis Mobil dengan Perlindungan Anti Karat dari RustPro!

Sasis adalah satu dari beberapa bagian mobil yang rentan terkena karat. Karat yang terjadi pada sasis mobil dapat menyebabkan pengeroposan yang berujung pada pengurangan nilai dan umur pakai mobil.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan sedini mungkin sebelum karat menyerang bagian sasis mobil Anda.

Satu-satunya cara untuk mencegah karat pada sasis mobil adalah dengan menggunakan layanan perlindungan anti karat mobil dari RustPro.

Layanan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi karat yang sudah terlanjur menggerogoti sasis ataupun bagian-bagian lain mobil Anda.

RustPro adalah tempat servis mobil anti karat yang terkenal dengan reputasinya yang baik.

Kami menggunakan cairan anti karat berbasis karet berkualitas tinggi, yang dirancang untuk melindungi mobil Anda dari karat dan mencegahnya muncul lagi dalam jangka waktu yang panjang.

Bengkel RustPro dilengkapi dengan peralatan hidrolik yang memungkinkan mobil diangkat, sehingga penyemprotan anti karat pada sasis mobil dapat dilakukan dengan lebih teliti dan menyeluruh.

Anda tidak perlu meragukan kualitas produk cairan anti karat dari RustPro. Kami memberikan garansi hingga 8 tahun untuk memastikan bahwa produk cairan anti karat kami dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan gratis pemeliharan berupa penyemprotan ulang cairan anti karat setiap tahunnya.

Jadi, Jangan tunda lagi! Yuk, segera pesan jadwal sekarang untuk pemasangan anti karat di RustPro dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678!

Selain layanan anti karat, RustPro juga menawarkan berbagai layanan perawatan mobil lainnya, seperti coating & detailing, dan pemasangan kaca film.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan RustPro dan biaya cat anti karat, silakan kunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang bengkel kami yang berlokasi di alamat-alamat berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Lontar, Surabaya

Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Itulah dia informasi seputar apa itu sasis beserta fungsi, jenis, dan komponen-komponennya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang dunia otomotif dan dapat bermanfaat ke depannya.

Have a nice day!

RUSTPRO

It's My Responsibility